CHAIRUL TANJUNG INCAR VIETNAM DAN MYANMAR

Mendominasi 40 persen pangsa pasar bisnis hypermarket dan supermarket di Indonesia. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Di samping fokus ke pasar domestik, PT Trans Retail Indonesia yang kini menguasai sepenuhnya 85 gerai PT Carrefour Indonesia, berencana akan melakukan ekspansi bisnis ke kawasan Asia Tenggara, seperti Vietnam dan Myanmar.

Niat tersebut diproyeksikan bakal terwujud dalam tempo tiga tahun ke depan.

Menurut Chairul Tanjung, pemilik CT Corp. yang merupakan induk usaha Trans Retail Indonesia, harapan itu bakal dapat direalisasikan bila selama tiga tahun mendatang, gerai Carrefour Indonesia juga memperlihatkan kinerja yang menggembirakan.

Ditambahkan, seiring dengan perubahan posisi Trans Retail Indonesia yang saat ini menjadi pemilik tunggal gerai Carrefour Indonesia, pihaknya juga melakukan perubahan nama gerai menjadi Trans Carrefour.

Trans Retail Indonesia mengambilalih sisa 60 persen saham Carrefour Indonesia yang dikuasai Carrefour SA unit Indonesia dengan dana pinjaman sebesar US$ 750 juta (kurang lebih Rp 7,2 triliun).

Dana pinjaman berjangka waktu tiga tahun dengan bunga lima persen itu, diperoleh dari 10 bank internasional, yakni Credit Susse, BNP Paribas, JP Morgan Securities, ING Bank, ANZ, Goldman Sachs, Deutsche Bank, Royal Bank of Scotland, Standard Chartered Bank, dan Bank of Tokyo.

Tahun 2010, Trans Retail Indonesia sudah memiliki 40 persen saham Carrefour Indonesia yang dibeli dengan dana sebanyak US$ 350 juta.

Carrefour Indonesia sebelumnya mengungkapkan rencananya untuk menambah lima gerai baru hingga akhir Desember 2012. Tahun depan, pengembangan berlanjut dengan rencana pengoperasian gerai-gerai baru di Indonesia bagian Timur, seperti di Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Sampai saat ini, dengan didukung sekitar 28 ribu karyawan, 85 gerai Carrefour Indonesia beroperasi di 28 kota dan melayani hampir 72 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

Carrefour Indonesia mengklaim sudah mendominasi 40 persen pangsa pasar bisnis hypermarket dan supermarket di Indonesia, hingga sekarang. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

AKHIR TAHUN, RNI BUKA 150 GERAI RAJAWALI MART
BERITA

AKHIR TAHUN, RNI BUKA 150 GERAI RAJAWALI MART

(Berita-Bisnis) - Akhirnya, PT Rajawali Nusantara Indonesia resmi menggeluti bisnis minimarket lewat kehadiran tujuh gerai Rajawali Mart yang dioperasikan di...
ALFAMART MULAI LAYANI PEMBAYARAN TAGIHAN TELKOM GROUP
BERITA

ALFAMART MULAI LAYANI PEMBAYARAN TAGIHAN TELKOM GROUP

(Berita-Bisnis) - Semakin lengkapnya jasa layanan yang diberikan kepada konsumen diyakini menjadi salah satu jurus ampuh untuk mempertahankan kinerja cemerlang...
NIPPON PAINT KEMBALI GELAR KOMPETISI BAGI MAHASISWA
BERITA

NIPPON PAINT KEMBALI GELAR KOMPETISI BAGI MAHASISWA

(Berita-Bisnis) - Bercermin dari kesuksesan penyelenggaraan Nippon Paint Young Designer Award 2013 yang berhasil menghimpun lebih dari 800 karya mahasiswa...
DONGKRAK PENJUALAN, YAMAHA KEMBALI BOYONG JORGE LORENZO
BERITA

DONGKRAK PENJUALAN, YAMAHA KEMBALI BOYONG JORGE LORENZO

(Berita-Bisnis) - Tuah pebalap MotoGP tim Yamaha Factory Racing Jorge Lorenzo terhadap peningkatan kinerja penjualan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing...
PERKUAT POSISI, NUTRICIA LUNCURKAN BEBELAC COMPLETE
BERITA

PERKUAT POSISI, NUTRICIA LUNCURKAN BEBELAC COMPLETE

(Berita-Bisnis) - Dalam rangka membantu mengatasi masalah rendahnya tingkat konsumsi sayur dan buah di kalangan anak di bawah usia lima...
RUMAH123.COM KEMBALI GELAR KUIS SENILAI Rp 600 JUTA
BERITA

RUMAH123.COM KEMBALI GELAR KUIS SENILAI Rp 600 JUTA

(Berita-Bisnis) - Dari tanggal 11 Juni sampai 3 September mendatang, situs Rumah123.com -yang bernaung dalam jaringan portal properti asal Malaysia...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia