CHAIRUL TANJUNG INCAR VIETNAM DAN MYANMAR

Mendominasi 40 persen pangsa pasar bisnis hypermarket dan supermarket di Indonesia. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Di samping fokus ke pasar domestik, PT Trans Retail Indonesia yang kini menguasai sepenuhnya 85 gerai PT Carrefour Indonesia, berencana akan melakukan ekspansi bisnis ke kawasan Asia Tenggara, seperti Vietnam dan Myanmar.

Niat tersebut diproyeksikan bakal terwujud dalam tempo tiga tahun ke depan.

Menurut Chairul Tanjung, pemilik CT Corp. yang merupakan induk usaha Trans Retail Indonesia, harapan itu bakal dapat direalisasikan bila selama tiga tahun mendatang, gerai Carrefour Indonesia juga memperlihatkan kinerja yang menggembirakan.

Ditambahkan, seiring dengan perubahan posisi Trans Retail Indonesia yang saat ini menjadi pemilik tunggal gerai Carrefour Indonesia, pihaknya juga melakukan perubahan nama gerai menjadi Trans Carrefour.

Trans Retail Indonesia mengambilalih sisa 60 persen saham Carrefour Indonesia yang dikuasai Carrefour SA unit Indonesia dengan dana pinjaman sebesar US$ 750 juta (kurang lebih Rp 7,2 triliun).

Dana pinjaman berjangka waktu tiga tahun dengan bunga lima persen itu, diperoleh dari 10 bank internasional, yakni Credit Susse, BNP Paribas, JP Morgan Securities, ING Bank, ANZ, Goldman Sachs, Deutsche Bank, Royal Bank of Scotland, Standard Chartered Bank, dan Bank of Tokyo.

Tahun 2010, Trans Retail Indonesia sudah memiliki 40 persen saham Carrefour Indonesia yang dibeli dengan dana sebanyak US$ 350 juta.

Carrefour Indonesia sebelumnya mengungkapkan rencananya untuk menambah lima gerai baru hingga akhir Desember 2012. Tahun depan, pengembangan berlanjut dengan rencana pengoperasian gerai-gerai baru di Indonesia bagian Timur, seperti di Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Sampai saat ini, dengan didukung sekitar 28 ribu karyawan, 85 gerai Carrefour Indonesia beroperasi di 28 kota dan melayani hampir 72 juta pelanggan di seluruh Indonesia.

Carrefour Indonesia mengklaim sudah mendominasi 40 persen pangsa pasar bisnis hypermarket dan supermarket di Indonesia, hingga sekarang. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

PERLUAS BASIS PELANGGAN, AGODA GANDENG VIRGIN AUSTRALIA
BERITA

PERLUAS BASIS PELANGGAN, AGODA GANDENG VIRGIN AUSTRALIA

(Berita-Bisnis) - Dalam rangka memperluas basis pelanggannya, Agoda Company Pte Ltd. -pemilik dan pengelola situs pemesanan hotel Agoda.com- baru saja...
DESEMBER MENDATANG, PARADOR OPERASIKAN FAME HOTELS BATAM
BERITA

DESEMBER MENDATANG, PARADOR OPERASIKAN FAME HOTELS BATAM

(Berita-Bisnis) - Sulit dimungkiri, lokasi strategis adalah salah satu poin keunggulan yang kerap didengungkan para operator hotel saat mempromosikan hotel...
DUA PUTRA BENGAWAN BANGUN GM MAL BOYOLALI
BERITA

DUA PUTRA BENGAWAN BANGUN GM MAL BOYOLALI

(Berita-Bisnis) - Kejelian dan intuisi memang sangat diperlukan untuk mencermati pertumbuhan perekonomian satu wilayah. (lebih…)
INDONESIA  HR  DIRECTOR CONFERENCES
EVENT

INDONESIA HR DIRECTOR CONFERENCES

ISU–ISU STRATEGIC MANAJEMEN SDM DI ERA PERUBAHAN IKLIM USAHA DI INDONESIA SAAT INI DAN YANG AKAN DATANG by INTI PESAN...
TANGKAP PELUANG, SURYA INTERNUSA OPERASIKAN BATIQA HOTEL CIREBON
BERITA

TANGKAP PELUANG, SURYA INTERNUSA OPERASIKAN BATIQA HOTEL CIREBON

(Berita-Bisnis) - Seiring beroperasinya jalan tol Cikopo-Palimanan (Tol Cipali) yang menghubungkan Cikopo, Purwakarta, dengan Palimanan, Cirebon, beberapa waktu lalu, berbagai...
OLYMPUS RAMAIKAN BISNIS KAMERA DENGAN DUA SERI BARU MILC
BERITA

OLYMPUS RAMAIKAN BISNIS KAMERA DENGAN DUA SERI BARU MILC

(Berita-Bisnis) - Awal medio Desember mendatang, PT Olympus Customer Care Indonesia -distributor kamera Olympus di Indonesia- bakal memperkenalkan dua seri...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia