• BERANDA
  • BERITA
  • DENGAN FASILITAS RISET DAN PRODUKSI BARU, DEXA MEDICA PERKUAT POSISI DI PENTAS BISNIS FARMASI

DENGAN FASILITAS RISET DAN PRODUKSI BARU, DEXA MEDICA PERKUAT POSISI DI PENTAS BISNIS FARMASI

Diklaim sebagai perusahaan swasta nasional pertama yang memproduksi novel bioactive fraction. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Kiprah PT Dexa Medica di arena bisnis farmasi tampaknya bakal semakin kokoh seiring peresmian fasilitas produksi ekstrak bahan alami bernama Dexa Labolatories of Biomolecular Sciences di kawasan Industri Jababeka II, Cikarang.

Fasilitas baru yang dibangun dengan dana sebanyak Rp 300 miliar itu berdiri di atas lahan seluas 2 hektar dan berada di dalam kawasan pabrik Dexa Medica.

Menurut Raymond R. Tjandrawinata, Direktur Eksekutif Dexa Labolatories of Biomolecular Sciences-Dexa Medica, fasilitas produksi tersebut telah memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 6/2012 tentang Industri dan Usaha Obat Tradisional.

Ditambahkan, sejak tahun 2007, Dexa Labolatories of Biomolecular Sciences sudah melakukan riset secara intensif dengan memanfaatkan keberagaman hayati Indonesia.

Dan, pada tahun 2011, Dexa Labolatories of Biomolecular Sciences sukses menelurkan novel bioactive fraction (bahan baku aktif obat herbal) yang dipasarkan oleh Dexa Medica.

Di sisi lain, Dexa Labolatories of Biomolecular Sciences pun tercatat berhasil memproduksi sejumlah produk unggulan, seperti Inlacin (obat oral anti diabetes untuk pasien yang menderita diabetes tipe 2 alias tidak bergantung pada insulin) dan Redacid (berfungsi sebagai gastroprotector serta membantu meringankan gangguan pada lambung dengan cara mengurangi asam lambung).

Selebihnya, Dexa Labolatories of Biomolecular Sciences menghasilkan produk Dismeno (membantu meredakan nyeri haid), Vitafem Free Me, dan Phlecarps.

Melalui Dexa Labolatories of Biomolecular Sciences -organisasi berbasis riset yang diarahkan bagi penemuan, pengembangan, dan pembuatan beragam produk farmasetikal, biofarmasetikal, dan nutrasetikal- Dexa Medica mengklaim sebagai perusahaan swasta nasional pertama yang memproduksi novel bioactive fraction.

Berita-Bisnis mencatat, di kategori obat resep, Dexa Medica sampai saat ini memiliki beberapa produk hasil pengembangan sendiri, antara lain, Redacid, Dismeno, Inlacin, Divens Plus (membantu memperbaiki daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan) serta Disolf yang disebut membantu memperbaiki sirkulasi darah (blood vessels maintenance).

Selain itu, Dexa Medica juga merilis obat resep herbal terstandar yang dapat meningkatkan jumlah trombosit, yaitu PSIDII kapsul dan PSIDII sirup.

Hingga semester pertama tahun 2011, penjualan obat resep Dexa Medica diketahui mencapai kurang lebih Rp 875,85 miliar atau setara penguasaan pangsa pasar sebesar 6,6 persen. Pencapaian tersebut berbuah posisi kedua penguasa bisnis obat resep setelah PT Sanbe Farma yang berhasil membukukan nilai penjualan sebanyak Rp 910,84 miliar. (BB/as/Luki)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

LEWAT CORNETTO POP AWARDS 2017, UNILEVER KEREK PENJUALAN ES KRIM
BERITA

LEWAT CORNETTO POP AWARDS 2017, UNILEVER KEREK PENJUALAN ES KRIM

(Berita-Bisnis) - Upaya PT Unilever Indonesia Tbk untuk memperkokoh dominasinya di arena bisnis es krim di pasar domestik, sesungguhnya layak...
BANTU SINABUNG, BINTANG TOEDJOE KIRIM RELAWAN
BERITA

BANTU SINABUNG, BINTANG TOEDJOE KIRIM RELAWAN

(Berita-Bisnis) - Sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban pengungsi erupsi Gunung Sinabung, PT Bintang Toedjoe telah mengirim kurang lebih 50...
MITRA10 BERKUASA DI BISNIS SUPERMARKET BAHAN BANGUNAN
DATA BISNIS

MITRA10 BERKUASA DI BISNIS SUPERMARKET BAHAN BANGUNAN

(Berita-Bisnis) - Laporan itu sunggguh menyenangkan hati. Sepanjang tahun lalu, total pendapatan yang diraih mencapai Rp 4 triliun lebih. Dan,...
RANGKUL HONG KONG LAND, SINAR MAS LAND UBAH WAJAH BSD CITY
BERITA

RANGKUL HONG KONG LAND, SINAR MAS LAND UBAH WAJAH BSD CITY

(Berita-Bisnis) - Enam tahun lagi, "wajah" kota BSD City dipastikan bakal berubah. Hal ini tak lepas dari rencana kerjasama Sinar...
FOODMART PRIMO HADIR DI LIPPO MALL PURI
BERITA

FOODMART PRIMO HADIR DI LIPPO MALL PURI

(Berita-Bisnis) - Ambisi PT Matahari Putra Prima Tbk menjadi multi-format modern retailer yang terkemuka di pasar domestik, sepertinya tak akan...
EXXONMOBIL LUBRICANTS KENALKAN PELUMAS PIKAP
BERITA

EXXONMOBIL LUBRICANTS KENALKAN PELUMAS PIKAP

(Berita-Bisnis) - Diklaim mampu melindungi mesin pada temperatur tinggi sekaligus bisa mencegah keausan mesin, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia resmi memperkenalkan...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia