• BERANDA
  • BERITA
  • DENGAN FASTRON, PERTAMINA KEMBANGKAN BISNIS PELUMAS DI UNI EMIRAT ARAB

DENGAN FASTRON, PERTAMINA KEMBANGKAN BISNIS PELUMAS DI UNI EMIRAT ARAB

Bakal menyebar ke seluruh wilayah Uni Emirat Arab. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Sejak hadir pertama kali lima tahun silam di kawasan Timur Tengah, performa pelumas brand Zipex -produk co-branding PT Pertamina (Persero) dan SK Lubricants Korea Selatan- kelihatannya cukup meyakinkan bagi konsumen di kawasan tersebut, terutama di Uni Emirat Arab.

Itu sebabnya, tanpa ragu, Pertamina pun mencoba melakukan ekspor perdana satu kontainer produk pelumas segmen top tier dengan label Fastron (berbagai series) ke pasar Uni Emirat Arab.

Menurut Ali Mundakir, Vice President Corporate Communication Pertamina, guna memuluskan pengembangan pasar tersebut, pihaknya menggandeng Al Saif Auto Spare Parts Uni Emirat Arab.

Ditambahkan, pada tahap awal, pelumas Fastron bakal dipasarkan di Dubai dan Sharjah sebelum menyebar ke seluruh wilayah Uni Emirat Arab.

Sebelumnya, dengan merangkul Harvest Time Enterprises, Pertamina juga telah mulai menjual pelumas di wilayah Australia bagian Barat. Kerjasama itu merupakan pengembangan wilayah pemasaran kawasan Australia bagian Timur yang sudah dilakukan sejak tahun 2009.

Sedangkan di awal medio Januari tahun ini, dengan bantuan distributor Tengyu Trading (Shanghai) Co. Ltd. yang berbasis di Shanghai, Pertamina menjajakan pelumas Fastron (SuTeLong) di 26 provinsi di China.

Medio Maret silam, pelumas Zipex tercatat meraih Best Diesel Engine Oil dari The Consumer Association of Pakistan.

Di salah satu negara tujuan ekspor ini, Pertamina menghadirkan beragam varian Zipex, seperti Zipex HD Plus dan Zipex HD untuk kendaraan diesel komersial dan Zipex XP serta Zipex Super untuk mobil penumpang. Sedangkan bagi kendaraan roda dua, Pertamina menawarkan Zipex 4T Sport dan Zipex 4T.

Pada tahun 2011, di Pakistan, Pertamina berhasil mencetak penjualan pelumas mencapai USD 1,3 juta. Dalam radar bisnis Pertamina, Pakistan dan Australia disebut merupakan market terbesar produk pelumas Pertamina.

Sepanjang tahun ini, Pertamina menargetkan 180 ribu kiloliter pelumas ke 22 negara tujuan ekspor, seperti Vietnam, Australia, Singapura, dan Jepang. Hingga akhir Juni lalu, total realisasi ekspor pelumas Pertamina sudah mencapai 110 ribu kiloliter. (BB/as/Luki)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

AGUNG PODOMORO AKAN BANGUN HOTEL DI SEMINYAK BALI
BERITA

AGUNG PODOMORO AKAN BANGUN HOTEL DI SEMINYAK BALI

(Berita-Bisnis) - Guna mengincar potensi industri pariwisata Bali yang diperkirakan tetap cemerlang di masa mendatang, PT Agung Podomoro Land Tbk....
KEREK PENJUALAN F&B, PHM HOSPITALITY GELAR KAMPOENG DHAHARAN DI THE 101 OJ MALANG
BERITA

KEREK PENJUALAN F&B, PHM HOSPITALITY GELAR KAMPOENG DHAHARAN DI THE 101 OJ MALANG

(Berita-Bisnis) - Sebagai pihak yang memperoleh kepercayaan untuk mengelola aset properti milik investor, manajemen perhotelan tentulah bakal berusaha keras untuk...
YESTARLAND MULAI BANGUN CILEGON CENTER MALL
BERITA

YESTARLAND MULAI BANGUN CILEGON CENTER MALL

(Berita-Bisnis) - Diklaim sebagai jawaban terhadap meningkatnya kebutuhan akan sarana residensial dan komersial yang sangat tinggi di Cilegon, Banten, PT...
LEWAT SHOPIN, ERA TECHONOLOGY INDONESIA MUDAHKAN KONSUMEN MENCARI KUPON BELANJA GRATIS
BERITA

LEWAT SHOPIN, ERA TECHONOLOGY INDONESIA MUDAHKAN KONSUMEN MENCARI KUPON BELANJA GRATIS

(Berita-Bisnis) - Diklaim lebih praktis dan lebih memudahkan konsumen saat menggunakan kupon promosi yang sedang berlangsung, PT ERA Technology Indonesia...
PIAGGIO HADIRKAN DILER MAKASSAR
BERITA

PIAGGIO HADIRKAN DILER MAKASSAR

(Berita-Bisnis) - Perlahan tapi pasti, rencana PT Piaggio Indonesia untuk memperluas jaringan pemasaran sekaligus layanannya di seluruh Indonesia, akhirnya terealisasi...
DUA KLASTER CITRALAND CIREBON LARIS
BERITA

DUA KLASTER CITRALAND CIREBON LARIS

(Berita-Bisnis) - Bagi pengembang mana pun, peluang untuk hadir di kawasan baru yang diproyeksikan bakal menjadi kawasan prospektif di masa...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia