• BERANDA
  • BERITA
  • DONGKRAK PENJUALAN KUKU BIMA, SIDO MUNCUL LANSIR ENERGI BIR

DONGKRAK PENJUALAN KUKU BIMA, SIDO MUNCUL LANSIR ENERGI BIR

Menyasar konsumen yang berjiwa muda serta pemberani. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Tak jauh beda dengan segmen pasar lain, aroma persaingan yang merebak di ranah bisnis minuman energi sejatinya sangat menyengat. Maklumlah, perputaran uangnya memang sangat menggiurkan, yaitu diperkirakan mencapai Rp 2,5 triliun per tahun.

Di sisi lain, perilaku konsumennya juga terhitung sangat sensitif terhadap inovasi produk, pricing strategy maupun beragam aktifitas pemasaran yang digelar kemudian seiring kehadiran produk yang ditawarkan.

Alhasil, agar bisa tetap eksis sekaligus bisa menorehkan pertumbuhan bisnis berkelanjutan, produsen pun kerap melansir varian anyar.

Yang terbaru, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (Sido Muncul) resmi melansir varian Kuku Bima Energi Bir yang diposisikan sebagai minuman energi bagi konsumen yang berjiwa muda serta pemberani.

Kata Irwan Hidayat, Direktur Utama Sido Muncul, varian baru ini terbuat dari bahan-bahan yang halal dengan rasa bir (menggunakan malt) tanpa alkohol.

Ditambahkan pula, Kuku Bima Energi Bir yang ditawarkan dalam bentuk sachet tersebut otomatis melengkapi berbagai varian yang telah hadir sebelumnya, seperti original (merah), anggur (ungu), jeruk (orange), jambu (hijau), susu soda (merah jambu), kopi (hitam), nanas (kuning), dan mangga (hijau muda).

Berita-Bisnis mencatat, pada pertengahan tahun lalu, Sido Muncul sesungguhnya telah menjajakan dua varian anyar di bawah merek yang sama, yakni Kuku Bima Energi Colamill dan Kuku Bima Vitamin C.

Patut juga diketahui, tahun 2004 adalah tahun perdana brand Kuku Bima berkiprah di pentas bisnis minuman energi di pasar domestik. Setelah itu, Sido Muncul rajin merilis beragam varian Kuku Bima yang terbukti memperoleh respon positif dari konsumen.

Kendati demikian, toh tidak semua varian yang diperkenalkan dapat diserap pasar dengan baik. Ambil contoh, Teh Madu. Varian yang diluncurkan tujuh tahun silam ini ternyata berumur pendek lantaran produksinya berhenti pada tahun 2009.

Adapun sampai medio Juli tahun lalu, Sido Muncul tercatat sudah memproduksi kurang lebih 1,2 miliar unit Kuku Bima. Dan, pada saat yang sama, Kuku Bima menjadi andalan penjualan Sido Muncul dengan kontribusi mencapai 43,28 persen.

Selama kuartal pertama tahun ini, Sido Muncul yang menjual lima produk utama (jamu herbal, minuman energi, permen dan minuman, minuman kesehatan plus produk lainnya) menorehkan penjualan senilai Rp 520,02 miliar.

Sementara target pendapatan yang ingin diraih sepanjang tahun ini dipatok pada angka Rp 2,8 triliun dengan perolehan laba bersih yang diproyeksikan mencapai Rp 450 miliar.

Dengan demikian, Kuku Bima Energi Bir merupakan salah satu produk baru yang diharapkan dapat menopang ambisi Sido Muncul untuk mencetak pendapatan Rp 2,8 triliun tadi. (BB/as/Luki)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

AKHIR TAHUN NANTI, WARINGIN HOSPITALITY KELOLA HOTEL 88 BANJARMASIN
BERITA

AKHIR TAHUN NANTI, WARINGIN HOSPITALITY KELOLA HOTEL 88 BANJARMASIN

(Berita-Bisnis) - Bila tak ada halangan, manajemen perhotelan Waringin Hospitality yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur, dipastikan bakal menambah portofolionya...
PRIAMANAYA GELAR BELANJA GROSIR DOUBLE UNTUNG DI BLOK B TANAH ABANG
BERITA

PRIAMANAYA GELAR BELANJA GROSIR DOUBLE UNTUNG DI BLOK B TANAH ABANG

(Berita-Bisnis) - Program promo bertajuk Belanja Grosir Gratis Tiket besutan PT Priamanaya Djan International (Priamanaya Group) -pengelola pusat grosir Blok...
RAYAKAN ULANG TAHUN, L’OREAL INDONESIA GELAR CITIZEN DAY
BERITA

RAYAKAN ULANG TAHUN, L’OREAL INDONESIA GELAR CITIZEN DAY

(Berita-Bisnis) - Dalam rangka merayakan kiprah L'Oreal di pentas bisnis cosmetics and beauty global selama 104 tahun, PT L'Oreal Indonesia...
SAHID KELOLA HOTEL BESUTAN TRIMITA PROPERTINDO DI SERPONG
BERITA

SAHID KELOLA HOTEL BESUTAN TRIMITA PROPERTINDO DI SERPONG

(Berita-Bisnis) - Bila semuanya berjalan lancar, pada pekan ini, PT Trimitra Propertindo bakal menggelar seremoni peletakan baru pertama (groundbreaking) Hotel...
JAGA HUBUNGAN BAIK, KUNCI KEBERHASILAN FRISIAN FLAG
BERITA

JAGA HUBUNGAN BAIK, KUNCI KEBERHASILAN FRISIAN FLAG

(BeritaBisnis) - Menjaga hubungan baik dengan mitra demi konsistensi pasokan bahan baku adalah salah satu kunci keberhasilan PT Frisian Flag...
GANDENG ACCOR, ANGKASA PURA HOTELS OPERASIKAN HOTEL IBIS SURABAYA & MAKASSAR AIRPORT NOVEMBER INI
BERITA

GANDENG ACCOR, ANGKASA PURA HOTELS OPERASIKAN HOTEL IBIS SURABAYA & MAKASSAR AIRPORT NOVEMBER INI

(Berita-Bisnis) - Bila semuanya berjalan sesuai dengan rencana, maka pada medio November tahun ini, Hotel Ibis Budget Angkasa Pura Hotel...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia