• BERANDA
  • BERITA
  • DONGKRAK PENJUALAN KUKU BIMA, SIDO MUNCUL LANSIR ENERGI BIR

DONGKRAK PENJUALAN KUKU BIMA, SIDO MUNCUL LANSIR ENERGI BIR

Menyasar konsumen yang berjiwa muda serta pemberani. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Tak jauh beda dengan segmen pasar lain, aroma persaingan yang merebak di ranah bisnis minuman energi sejatinya sangat menyengat. Maklumlah, perputaran uangnya memang sangat menggiurkan, yaitu diperkirakan mencapai Rp 2,5 triliun per tahun.

Di sisi lain, perilaku konsumennya juga terhitung sangat sensitif terhadap inovasi produk, pricing strategy maupun beragam aktifitas pemasaran yang digelar kemudian seiring kehadiran produk yang ditawarkan.

Alhasil, agar bisa tetap eksis sekaligus bisa menorehkan pertumbuhan bisnis berkelanjutan, produsen pun kerap melansir varian anyar.

Yang terbaru, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (Sido Muncul) resmi melansir varian Kuku Bima Energi Bir yang diposisikan sebagai minuman energi bagi konsumen yang berjiwa muda serta pemberani.

Kata Irwan Hidayat, Direktur Utama Sido Muncul, varian baru ini terbuat dari bahan-bahan yang halal dengan rasa bir (menggunakan malt) tanpa alkohol.

Ditambahkan pula, Kuku Bima Energi Bir yang ditawarkan dalam bentuk sachet tersebut otomatis melengkapi berbagai varian yang telah hadir sebelumnya, seperti original (merah), anggur (ungu), jeruk (orange), jambu (hijau), susu soda (merah jambu), kopi (hitam), nanas (kuning), dan mangga (hijau muda).

Berita-Bisnis mencatat, pada pertengahan tahun lalu, Sido Muncul sesungguhnya telah menjajakan dua varian anyar di bawah merek yang sama, yakni Kuku Bima Energi Colamill dan Kuku Bima Vitamin C.

Patut juga diketahui, tahun 2004 adalah tahun perdana brand Kuku Bima berkiprah di pentas bisnis minuman energi di pasar domestik. Setelah itu, Sido Muncul rajin merilis beragam varian Kuku Bima yang terbukti memperoleh respon positif dari konsumen.

Kendati demikian, toh tidak semua varian yang diperkenalkan dapat diserap pasar dengan baik. Ambil contoh, Teh Madu. Varian yang diluncurkan tujuh tahun silam ini ternyata berumur pendek lantaran produksinya berhenti pada tahun 2009.

Adapun sampai medio Juli tahun lalu, Sido Muncul tercatat sudah memproduksi kurang lebih 1,2 miliar unit Kuku Bima. Dan, pada saat yang sama, Kuku Bima menjadi andalan penjualan Sido Muncul dengan kontribusi mencapai 43,28 persen.

Selama kuartal pertama tahun ini, Sido Muncul yang menjual lima produk utama (jamu herbal, minuman energi, permen dan minuman, minuman kesehatan plus produk lainnya) menorehkan penjualan senilai Rp 520,02 miliar.

Sementara target pendapatan yang ingin diraih sepanjang tahun ini dipatok pada angka Rp 2,8 triliun dengan perolehan laba bersih yang diproyeksikan mencapai Rp 450 miliar.

Dengan demikian, Kuku Bima Energi Bir merupakan salah satu produk baru yang diharapkan dapat menopang ambisi Sido Muncul untuk mencetak pendapatan Rp 2,8 triliun tadi. (BB/as/Luki)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

TATA MOTORS RAMAIKAN BISNIS OTOMOTIF
BERITA

TATA MOTORS RAMAIKAN BISNIS OTOMOTIF

(Berita-Bisnis) - Hari ini, Tata Motors -perusahaan otomotif global asal India- resmi menyatakan niatnya untuk meramaikan bisnis otomotif di Indonesia,...
MAP ACTIVE TAWARKAN JERSEY ARSENAL FC
BERITA

MAP ACTIVE TAWARKAN JERSEY ARSENAL FC

(Berita-Bisnis) - Jumlah fans Arsenal Football Club (FC) di Indonesia yang diperkirakan lebih dari 1 juta, tentulah sebuah potensi besar...
TRANSAKSI DI MCDONALD’S BISA PAKAI KARTU BRI
BERITA

TRANSAKSI DI MCDONALD’S BISA PAKAI KARTU BRI

(Berita-Bisnis) - Upaya PT Rekso Nasional Food -pengelola gerai McDonald’s Indonesia- untuk memberikan kemudahan pembayaran saat bertransaksi bagi para pelanggannya...
ALLEIRA PERKENALKAN KOLEKSI ESCAPADE
BERITA

ALLEIRA PERKENALKAN KOLEKSI ESCAPADE

(Berita-Bisnis) - Setelah melansir koleksi Batik on Denim pada medio Juli 2012, Alleira Batik kembali memperkenalkan koleksi terbarunya bertema Escapade...
INDONESIA DIGITAL MARKETING CONFERENCE 2015
EVENT

INDONESIA DIGITAL MARKETING CONFERENCE 2015

PERTEMUAN TAHUNAN STAKEHOLDERS EKOSISTEM INDUSTRI DIGITAL MARKETING INDONESIABy MIX INTERACTIVE (lebih…)
PROTON BUKA SHOWROOM BARU DI TANJUNG DUREN
BERITA

PROTON BUKA SHOWROOM BARU DI TANJUNG DUREN

(Berita-Bisnis) - Agar dapat mengakomodir konsumen yang lebih banyak lagi, PT Proton Edar Indonesia memindahkan showroom lama dari kawasan Slipi...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia