PABRIK BARU PACU KINERJA SEKAR BUMI

Terbuka peluang yang besar untuk menggenjot penjualan udang beku ke pasar ekspor. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Kinerja PT Sekar Bumi Tbk tampaknya akan semakin cemerlang di masa mendatang. Bagaimana tidak, ada tiga faktor utama yang diperkirakan bakal mampu membantu terwujudnya performa yang jauh lebih baik.

Yang pertama adalah beroperasinya pabrik baru yang terletak di Cikupa, Tangerang, pada awal tahun depan.

Kehadiran pabrik senilai Rp 300 miliar dengan kapasitas produksi sebesar 12 ribu ton per tahun ini otomatis mendongkrak total kapasitas produksi makanan olahan beku (termasuk udang beku) Sekar Bumi menjadi 21 ribu ton per tahun.

Adapun pemicu yang kedua berupa terbukanya peluang yang besar untuk menggenjot penjualan udang beku ke pasar ekspor.

Hal ini tentu saja tak lepas dari terganggunya pasokan udang di pasar ekspor yang berasal dari Thailand lantaran merebaknya penyakit Early Mortality Syndrome yang mengancam budidaya udang di negara tersebut.

Di sisi lain, Sekar Bumi juga disebut sedang berupaya keras untuk menggaet pembeli baru dari Tiongkok karena pasokan dalam negerinya diduga tidak bisa mengimbangi permintaan pasar yang terus meningkat.

Kata Harry Lukmito, Presiden Direktur Sekar Bumi, dengan berbagai kondisi tadi, pihaknya optimistis grafik penjualan, khususnya untuk pasar ekspor, akan meningkat sebesar 50 sampai 70 persen.

Asal tahu saja, selama semester pertama tahun ini, Sekar Bumi yang berbasis di Surabaya sukses mencetak penjualan sebanyak Rp 378 miliar. Pencapaian ini naik 65 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (Rp 228 miliar).

Dan, dari perolehan tersebut, andil penjualan ekspor mendominasi dengan kisaran sebesar 90 persen dari total penjualan Sekar Bumi.

Berita-Bisnis mencatat, Sekar Bumi sejatinya juga sedang membangun pabrik anyar yang terletak di Lamongan, Jawa Timur. Pabrik ini dirancang memiliki kapasitas produksi makanan olahan beku sebesar 12 ribu ton per tahun.

Sementara itu, dalam rangka menyediakan beragam pilihan produk kepada para pelanggannya, Sekar Bumi pun tak lupa melakukan diversifikasi produk. Salah satunya adalah rencana untuk merilis produk udang berbumbu. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

INCAR Rp 1 TRILIUN, BANK DKI BUKA KANTOR CABANG DAN RILIS TABUNGAN MONAS BISNIS
BERITA

INCAR Rp 1 TRILIUN, BANK DKI BUKA KANTOR CABANG DAN RILIS TABUNGAN MONAS BISNIS

(Berita-Bisnis) - Pelan tapi pasti, ambisi PT Bank DKI (Bank Pembangunan Daerah Khusus Ibukota Jakarta/Bank DKI) untuk memperkuat posisinya di...
BLACKSTEEL MULAI BANGUN TANJUNGPINANG CITY CENTER
BERITA

BLACKSTEEL MULAI BANGUN TANJUNGPINANG CITY CENTER

(Berita-Bisnis) - Niat The Blacksteel Group untuk memperkuat posisinya di pentas bisnis properti di Indonesia, sepertinya tidak sekedar isapan jempol...
TUMBUHKAN BISNIS, EARLY LEARNING CENTRE RILIS KOLEKSI MAINAN BARU
BERITA

TUMBUHKAN BISNIS, EARLY LEARNING CENTRE RILIS KOLEKSI MAINAN BARU

(Berita-Bisnis) - Sebaiknya jangan pernah meremehkan bisnis mainan, khususnya untuk segmen anak-anak. Pasalnya, selama medio Januari 2014 hingga Februari lalu,...
BIZNET BIDIK SERIBU PELANGGAN BARU DI BALI
BERITA

BIZNET BIDIK SERIBU PELANGGAN BARU DI BALI

(Berita-Bisnis) - Maraknya kehadiran apartemen, vila, hotel, dan kawasan hunian baru di Pulau Dewata, tampaknya tak luput dari perhatian PT...
JALIN KERJA SAMA DENGAN MERPATI, BANK MEGA BIDIK Rp 20 MILIAR
BERITA

JALIN KERJA SAMA DENGAN MERPATI, BANK MEGA BIDIK Rp 20 MILIAR

(Berita-Bisnis) - Seakan tak mau kalah dengan penerbit kartu kredit yang lain, PT Bank Mega Tbk merilis program Buy One...
ORIENTARHYTHM DIGELAR DI TRANS STUDIO MAKASSAR
BERITA

ORIENTARHYTHM DIGELAR DI TRANS STUDIO MAKASSAR

(Berita-Bisnis) - Mulai dari tanggal 10 Agustus lalu sampai 18 Agustus nanti, PT Trans Kalla Makassar -pengelola Trans Studio Theme...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia