• BERANDA
  • BERITA
  • PABRIK COKELAT KALLA GROUP DIPASTIKAN BEROPERASI MEI MENDATANG

PABRIK COKELAT KALLA GROUP DIPASTIKAN BEROPERASI MEI MENDATANG

Kapasitasnya diproyeksikan meningkat menjadi 70 ribu ton per tahun. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Setelah melalui proses yang cukup lama, Kalla Group akhirnya memastikan pabrik pengolahan biji cokelat barunya yang terletak di kawasan Jl. Poros Bandara, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, bakal resmi beroperasi pada akhir Mei 2014.

Dan, pabrik dengan investasi mencapai kurang lebih Rp 350 miliar itu dipastikan mampu mengolah 35 ribu ton biji cokelat per tahun yang menghasilkan bubuk cokelat, cokelat cair, dan butter.

Bersamaan dengan itu, pabrik yang dioperasikan PT Kalla Kakao Industri ini juga memiliki gudang penyimpanan bahan baku dengan daya tampung sebanyak 1.500 ton biji kakao.

Kata Imelda Jusuf Kalla, Direktur Keuangan Kalla Group, seluruh mesin Kalla Kakao Industri khusus didatangkan dari Jerman dan sudah memenuhi standar internasional.

Ditambahkan, pihaknya akan berkonsentrasi untuk memasarkan bubuk cokelat, cokelat cair serta butter tadi ke pasar ekspor. Untuk itu, beberapa negara telah menjadi sasaran, seperti Tiongkok, Australia, India, kawasan Timur Tengah, dan kawasan Eropa.

Kalla Group menginformasikan, sekitar 80 persen bahan baku berasal dari petani cokelat yang berada di Sulawesi Tenggara. Adapun sisanya bersumber dari Sulawesi Selatan dan daerah lain.

Kalla Group juga menegaskan bahwa pabrik Kalla Kakao Industri merupakan pabrik pengolahan cokelat pertama yang beroperasi di Sulawesi Tenggara.

Kelak, dalam tempo tiga tahun mendatang, kapasitas pabrik itu diproyeksikan meningkat menjadi 70 ribu ton per tahun.

Berita-Bisnis mencatat, seiring tingginya permintaan terhadap beragam produk olahan cokelat yang berlangsung belakangan ini, tak sedikit pelaku bisnis yang kemudian menggagas pendirian pabrik baru di pasar domestik.

Ambil contoh, Barry Callebaut AG -produsen terbesar cokelat sekaligus pemasok Nestle SA- yang saat ini diketahui sedang membangun pabrik sejenis di Sulawesi Selatan.

Sementara di Gresik, Jawa Timur, Cargill Inc. -via PT Cargill Indonesia- bakal mengucurkan dana hingga US$ 100 juta untuk membangun pabrik pertamanya di kawasan Asia dengan kapasitas produksi sebanyak 70 ribu ton per tahun.

Pabrik yang diproyeksikan mulai beroperasi pada pertengahan tahun ini dirancang mengolah biji kakao menjadi produk liquor, butter, dan bubuk cokelat.

Adapun di Surabaya, JB Cocoa Sdn. Bhd. dari Malaysia membangun pabrik bubur cokelat berkapasitas 30 ribu ton per tahun.

Hingga akhir tahun lalu, menurut data Asosiasi Industri Kakao Indonesia, tak kurang dari 14 pabrik pengolahan kakao telah beroperasi di Indonesia. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

DUTA ANGGADA HADIRKAN HILTON GARDEN INN BALI
BERITA

DUTA ANGGADA HADIRKAN HILTON GARDEN INN BALI

(Berita-Bisnis) - Lama tak terdengar kabarnya, PT Duta Anggada Realty Tbk membuat gebrakan di pentas bisnis hotel di Indonesia melalui...
INCAR BISNIS TAMBANG, SUCOFINDO HADIRKAN LABORATORIUM DI SAMARINDA
BERITA

INCAR BISNIS TAMBANG, SUCOFINDO HADIRKAN LABORATORIUM DI SAMARINDA

(Berita-Bisnis) - Dinamika bisnis batubara dan mineral terpadu sektor hulu yang berkembang menjadi alasan bagi PT Sucofindo (Persero) untuk menghadirkan...
PRINTER INKJET MONOKROM EPSON DILUNCURKAN
BERITA

PRINTER INKJET MONOKROM EPSON DILUNCURKAN

(BeritaBisnis) - Medio November - Desember 2011, di Indonesia, Epson Indonesia mulai menjual printer tipe inkjet monokrom yang pertama di...
SEPTEMBER INI, SIAM CEMENT GROUP MULAI BANGUN PABRIK SEMEN DI SUKABUMI
BERITA

SEPTEMBER INI, SIAM CEMENT GROUP MULAI BANGUN PABRIK SEMEN DI SUKABUMI

(Berita-Bisnis) - Bila tak ada halangan, pada tanggal 27 September mendatang, PT Semen Jawa bakal memulai pembangunan pabrik semen pertamanya...
20 SALES CLOSING TECHNIQUES WITH NLP
EVENT

20 SALES CLOSING TECHNIQUES WITH NLP

By BALE SERVICES TRAINING (lebih…)
WARDAH COSMETICS LANSIR DUA MASKARA BARU
BERITA

WARDAH COSMETICS LANSIR DUA MASKARA BARU

(Berita-Bisnis) - Dibanderol dengan harga sekitar Rp 62 ribu, PT Paragon Technology & Innovation -pemilik produk perawatan wajah dan tata...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia