PABRIK KELIMA SEMEN TONASA RESMI BEROPERASI

Kapasitas produksi otomatis bertambah menjadi kurang lebih 7 juta ton per tahun. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Ambisi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk untuk tampil sebagai pebisnis semen terkemuka tampaknya bukan sekedar pepesan kosong.

Buktinya, di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan, Semen Indonesia baru saja mengoperasikan pabrik semen baru Tonasa V berkapasitas 3 juta ton per tahun dan power plant 2 x 35 MW yang berada dalam naungan PT Semen Tonasa, anak usaha Semen Indonesia.

Kata Dwi Soetjipto, Direktur Utama Semen Indonesia, dengan kehadiran pabrik anyar senilai Rp 3,5 triliun itu, kapasitas produksi Semen Tonasa pun otomatis bertambah menjadi kurang lebih 7 juta ton per tahun.

Di sisi lain, Semen Tonasa juga disebut sedang berancang-ancang membangun lagi tiga unit pengantongan semen (packing plant) yang berlokasi di Maluku Utara, Jayapura, dan Gorontalo, guna mendukung efesiensi logistik pengiriman semen ke luar Sulawesi Selatan.

Sampai saat ini, Semen Tonasa tercatat sudah mengoperasikan 8 unit packing plant (Biringkassi, Makassar, Palu, Bitung, Banjarmasin, Samarinda, Ambon, Celukan Bawang Bali) plus dua unit yang sedang dalam tahap pembangunan (Mamuju, Konawe). Adapun kapasitas seluruh packing plant itu sebesar 5,1 juta ton per tahun.

Selama medio Januari hingga Desember tahun lalu, Semen Tonasa sukses menjual 5,53 juta ton semen atau tumbuh 20,7 persen jika dibandingkan dengan pencapaian tahun sebelumnya (4,58 juta ton).

Dalam kondisi itu pula, pangsa pasar Semen Tonasa secara nasional terhitung 9 persen. Sementara bila bercermin dari situasi penjualan di area komersil Indonesia bagian Timur, market share Semen Tonasa diketahui sudah berada di kisaran 40 persen.

Semen Indonesia sendiri yakin keberadaan pabrik semen Tonasa V tadi bakal mampu menopang penetrasinya di bisnis semen secara nasional. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

BERSAMA PIRELLI, ASTRA OTOPARTS BANGUN PABRIK BAN SEPEDA MOTOR
BERITA

BERSAMA PIRELLI, ASTRA OTOPARTS BANGUN PABRIK BAN SEPEDA MOTOR

(BeritaBisnis) - Tahun 2012, PT Astra Otoparts Tbk. akan membangun pabrik baru dengan nilai investasi sekitar Rp 800 miliar. Pabrik...
MESTIKA DHARMA BUKA CABANG DI JAMBI
BERITA

MESTIKA DHARMA BUKA CABANG DI JAMBI

(Berita-Bisnis) - Dalam rangka memanfaatkan perkembangan ekonomi yang terus meningkat setiap tahunnya plus menggali potensi bisnis ritel banking dan UKM...
RILIS JUVEDERM, ALLERGAN INC. GARAP BISNIS KECANTIKAN INDONESIA
BERITA

RILIS JUVEDERM, ALLERGAN INC. GARAP BISNIS KECANTIKAN INDONESIA

(Berita-Bisnis) - Kombinasi jumlah penduduk sebanyak kurang lebih 245 juta jiwa dengan semakin merebaknya kesadaran akan kecantikan plus berkembangnya daya...
TINGKATKAN LOYALITAS UKM, DANAMON KEMBALI HADIRKAN SOLUSI ASURANSI BARU
BERITA

TINGKATKAN LOYALITAS UKM, DANAMON KEMBALI HADIRKAN SOLUSI ASURANSI BARU

(Berita-Bisnis) - Memang, diperlukan kecerdikan sekaligus totalitas layanan terhadap customer untuk menopang bisnis yang berkelanjutan, termasuk di sektor perbankan. (lebih…)
AD REALTY LUNCURKAN KONDOTEL NOVEMBER MENDATANG
BERITA

AD REALTY LUNCURKAN KONDOTEL NOVEMBER MENDATANG

(Berita-Bisnis) - Bila tak ada halangan, pada medio November mendatang, PT Ade Pede (AD) Realty bakal meluncurkan proyek kondotel yang...
INCAR Rp 300 MILIAR, MNC SECURITIES SASAR MAHASISWA
BERITA

INCAR Rp 300 MILIAR, MNC SECURITIES SASAR MAHASISWA

(Berita-Bisnis) - Guna meraih target sebanyak 30 ribu nasabah dan transaksi harian sebesar Rp 300 miliar selama tahun ini, PT...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia