RCTI KUASAI IKLAN SENILAI Rp 2,03 TRILIUN

Mengukur volume seluruh iklan televisi dan banderol harganya sesuai dengan yang dipublikasikan. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Dengan menggunakan aplikasi AdsTensity, PT Sigi Kaca Pariwara baru saja mengumumkan bahwa stasiun televisi swasta RCTI berada di peringkat pertama pengumpulan pendapatan yang berasal dari iklan televisi selama kuartal pertama tahun ini.

Dan, asal tahu saja, total pendapatan kotor tersebut diperkirakan mencapai kurang lebih Rp 2,03 triliun.

Kata Sapto Anggoro, Direktur Sigi Kaca Pariwara, seluruh pendapatan itu setara 14,85 persen dari total pendapatan kotor iklan televisi senilai Rp 13,5 triliun yang dinikmati oleh 13 stasiun televisi terestrial (memakai frekuensi publik) sepanjang tiga bulan pertama 2015.

Ditambahkan, dari riset yang sama, SCTV berhasil menempati posisi kedua dengan porsi sebesar 14,71 persen. Setelah itu, menyusul MNC TV (11,69 persen), ANTV (11,09 persen) serta Indosiar sebesar 10,21 persen.

Sigi Kaca Pariwara mengatakan, AdsTensity adalah aplikasi yang mampu membaca pergerakan iklan secara kuantitatif di seluruh televisi, baik di terestrial, digital, maupun streaming.

Dan, dalam operasionalnya, AdsTensity mengukur volume seluruh iklan televisi dan banderol harganya sesuai dengan yang dipublikasikan (publish rate).

Dengan demikian, monitoring yang dilakukan AdsTensity hanya mencakup nilai bruto alias meniadakan harga diskon yang disepakati kemudian antara pemilik merek dan pemilik stasiun televisi.

Di samping itu, penelusuran AdsTensity juga tidak mencakup iklan televisi yang ditayangkan dalam bentuk running text, super imposse maupun blocking time (slot).

Sigi Kaca Pariwara juga menginformasikan, Adstensity melakukan perekaman seluruh iklan televisi tadi di 13 stasiun televisi utama (tidak termasuk stasiun televisi daerah dan digital), yakni di RCTI, SCTV, Indosiar, MNC TV, TransTV, Trans7, Global TV, MetroTV, TVOne, ANTV, KompasTV, TV Net serta di TVRI, yang merupakan penguasa sekitar 70 persen sampai 80 persen pasar iklan televisi nasional.

Patut diketahui, Sigi Kaca Pariwara -anak usaha PT Binokular Media Utama- beroperasi sejak lima tahun silam serta fokus terhadap layanan data riset iklan komersial.

Adapun sepanjang tahun lalu, PT Media Nusantara Citra Tbk yang mengendalikan RCTI, MNC TV, dan Global TV, tercatat berhasil mencetak pendapatan usaha sebanyak Rp 6,67 triliun, yang sebagian besar alias lebih dari 80 persen bersumber dari iklan.

Lantas, di saat yang sama, laba bersih Media Nusantara Citra mencapai Rp 1,76 triliun atau tumbuh 4,14 persen bila dibandingkan dengan laba bersih yang diperoleh pada 2013 yang sebesar Rp 1,69 triliun. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

GERAI KEDUA HYPERMART DI BALI DIBUKA
BERITA

GERAI KEDUA HYPERMART DI BALI DIBUKA

(Berita-Bisnis) - Dalam rangka memperkuat jaringan bisnisnya di wilayah Indonesia Timur, PT Matahari Putra Prima Tbk kembali mengoperasikan gerai Hypermart...
BERSAMA WESTERN DAN CELCOM, XL HADIRKAN XL TUNAI INTERNATIONAL REMITTANCE
BERITA

BERSAMA WESTERN DAN CELCOM, XL HADIRKAN XL TUNAI INTERNATIONAL REMITTANCE

(Berita-Bisnis) - Dengan menggandeng Western Union dan Celcom Axiata (Air Cash), PT XL Axiata Tbk meluncurkan jasa layanan terbaru berupa...
TAPSUL HATCH TRENDS DIPERCAYA TOYOTA
BERITA

TAPSUL HATCH TRENDS DIPERCAYA TOYOTA

(Berita-Bisnis) - Dengan mengusung keunggulan teknologi Near Field Communication, PT Hatch TRENDS Satama dipercaya untuk menyediakan sarana berkomunikasi realtime melalui...
USIA EMPAT TAHUN, DAFAM HOTELS KELOLA 12 HOTEL
BERITA

USIA EMPAT TAHUN, DAFAM HOTELS KELOLA 12 HOTEL

(Berita-Bisnis) - Dalam rentang usia yang relatif muda (4 tahun), kinerja Dafam Hotels Management di pentas bisnis hospitality ternyata mampu...
LG LANSIR SUPER LED UNTUK RAIH 40 PERSEN PANGSA PASAR MONITOR
BERITA

LG LANSIR SUPER LED UNTUK RAIH 40 PERSEN PANGSA PASAR MONITOR

(Berita-Bisnis) - Tingginya permintaan konsumen terhadap monitor light emitting diode (LED) yang terjadi belakangan ini, menjadi alasan kuat bagi PT...
TELKOMVISION LANJUTKAN KERJASAMA DENGAN AGUNG PODOMORO GROUP
BERITA

TELKOMVISION LANJUTKAN KERJASAMA DENGAN AGUNG PODOMORO GROUP

(Berita-Bisnis) - Kerjasama strategis yang berlandaskan konsep business-to-business (B2B) antara PT Telkom Vision dengan Agung Podomoro Group yang telah terjalin...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia