SHELL OPERASIKAN PABRIK BARU DI MARUNDA

Diproyeksikan dapat memenuhi kurang lebih 13 persen kebutuhan terhadap produk pelumas di pasar domestik. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Disebut sebagai pabrik pelumasnya yang ke-6 yang hadir di kawasan Asia Tenggara, Royal Dutch Shell plc. (Shell) -via PT Shell Indonesia- hari ini resmi mengoperasikan pabrik barunya yang terletak di Kawasan Industri dan Pergudangan Marunda Center, Bekasi.

Dan, asal tahu saja, pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 75 ribu meter persegi itu, memiliki kapasitas produksi sebanyak 136 juta liter atau 120 ribu ton pelumas per tahun.

Lantas, jika kapasitas produksi tadi dikoversikan dengan jumlah total penggantian oli sepeda motor maupun kendaraan roda empat, maka kapasitas produksi tersebut setara penggantian lebih dari 460 ribu unit oli sepeda motor dan 90 ribu unit oli mobil per hari.

Kata Darwin Silalahi, Presiden Direktur dan Country Chairman Shell Indonesia, pabrik anyar ini merupakan pabrik pelumas terbesar yang dioperasikan oleh perusahaan minyak internasional di Indonesia, sampai saat ini.

Ditambahkan pula, pabrik yang sama diproyeksikan dapat memenuhi kurang lebih 13 persen kebutuhan terhadap produk pelumas di pasar domestik.

Shell Indonesia menginformasikan, pabrik yang menelan dana investasi hingga Rp 1,7 triliun tersebut, bakal memproduksi beberapa produk pelumas yang mengusung merek Shell, seperti Shell Helix (kendaraan penumpang), Shell Advance (sepeda motor), Shell Rimula (mesin kelas berat), serta Shell Spirax yang dikenal luas sebagai oli transmisi.

Berita-Bisnis mencatat, hingga sekarang, lebih dari 20 pabrik pelumas (lube oil blending plant) beroperasi di Indonesia dengan total kapasitas produksi mencapai 1,8 juta kiloliter per tahun.

Adapun nilai bisnisnya sendiri diperkirakan sudah berada di kisaran Rp 7 triliun setiap tahunnya.

Dengan demikian, kehadiran pabrik pelumas Shell di Marunda Center dengan sendirinya bakal semakin meramaikan persaingan di ranah bisnis pelumas di Indonesia. (BB/as/Luki)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

THE MARKETING STRATEGY OF 2012
EVENT

THE MARKETING STRATEGY OF 2012

By INTIPESAN PARIWARA (lebih…)
GARUDA INDONESIA TRAVEL FAIR 2012 RESMI DIBUKA
BERITA

GARUDA INDONESIA TRAVEL FAIR 2012 RESMI DIBUKA

(Berita-Bisnis) - Bekerjasama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. kembali menggelar Garuda Indonesia...
NATASHA SKIN CLINIC CENTER RAIH ISO 9001:2015
BERITA

NATASHA SKIN CLINIC CENTER RAIH ISO 9001:2015

(Berita-Bisnis) - Sulit dimungkiri, dua bulan terakhir merupakan masa-masa yang menggembirakan bagi manajemen PT Pesona Natasha Gemilang. (lebih…)
SELURUH UNIT SAVERIA BSD CITY HABIS TERJUAL
BERITA

SELURUH UNIT SAVERIA BSD CITY HABIS TERJUAL

(Berita-Bisnis) - Tak lama lagi, Sinar Mas Land -melalui anak usahanya PT Bumi Serpong Damai Tbk.- akan melansir secara resmi...
PRUDENTIAL RESMIKAN PRUsales ACADEMY
BERITA

PRUDENTIAL RESMIKAN PRUsales ACADEMY

(Berita-Bisnis) - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) sadar penuh bahwa kinerja bisnisnya tak lepas dari kehandalan jaringan agen asuransi....
TRANS BURGER BUKA GERAI KE-50 WENDY’S
BERITA

TRANS BURGER BUKA GERAI KE-50 WENDY’S

(Berita-Bisnis) - Sejak mengambilalih lisensi waralaba gerai Wendy's yang berasal dari Ohio, Amerika Serikat, dari pemegang hak waralaba sebelumnya di...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia