SHELL OPERASIKAN PABRIK BARU DI MARUNDA

Diproyeksikan dapat memenuhi kurang lebih 13 persen kebutuhan terhadap produk pelumas di pasar domestik. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Disebut sebagai pabrik pelumasnya yang ke-6 yang hadir di kawasan Asia Tenggara, Royal Dutch Shell plc. (Shell) -via PT Shell Indonesia- hari ini resmi mengoperasikan pabrik barunya yang terletak di Kawasan Industri dan Pergudangan Marunda Center, Bekasi.

Dan, asal tahu saja, pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 75 ribu meter persegi itu, memiliki kapasitas produksi sebanyak 136 juta liter atau 120 ribu ton pelumas per tahun.

Lantas, jika kapasitas produksi tadi dikoversikan dengan jumlah total penggantian oli sepeda motor maupun kendaraan roda empat, maka kapasitas produksi tersebut setara penggantian lebih dari 460 ribu unit oli sepeda motor dan 90 ribu unit oli mobil per hari.

Kata Darwin Silalahi, Presiden Direktur dan Country Chairman Shell Indonesia, pabrik anyar ini merupakan pabrik pelumas terbesar yang dioperasikan oleh perusahaan minyak internasional di Indonesia, sampai saat ini.

Ditambahkan pula, pabrik yang sama diproyeksikan dapat memenuhi kurang lebih 13 persen kebutuhan terhadap produk pelumas di pasar domestik.

Shell Indonesia menginformasikan, pabrik yang menelan dana investasi hingga Rp 1,7 triliun tersebut, bakal memproduksi beberapa produk pelumas yang mengusung merek Shell, seperti Shell Helix (kendaraan penumpang), Shell Advance (sepeda motor), Shell Rimula (mesin kelas berat), serta Shell Spirax yang dikenal luas sebagai oli transmisi.

Berita-Bisnis mencatat, hingga sekarang, lebih dari 20 pabrik pelumas (lube oil blending plant) beroperasi di Indonesia dengan total kapasitas produksi mencapai 1,8 juta kiloliter per tahun.

Adapun nilai bisnisnya sendiri diperkirakan sudah berada di kisaran Rp 7 triliun setiap tahunnya.

Dengan demikian, kehadiran pabrik pelumas Shell di Marunda Center dengan sendirinya bakal semakin meramaikan persaingan di ranah bisnis pelumas di Indonesia. (BB/as/Luki)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

PLAZA INDONESIA BANGUN ALTERRA RESIDENCES CIPUTAT
BERITA

PLAZA INDONESIA BANGUN ALTERRA RESIDENCES CIPUTAT

(Berita-Bisnis) - Dijanjikan bakal menerapkan desain layaknya resort serta akan dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti lagoon swimming pool dan courtyard...
EKA HOSPITAL LUNCURKAN e-MC
BERITA

EKA HOSPITAL LUNCURKAN e-MC

(BeritaBisnis) - Bekerja sama dengan Mayo Clinic dari Amerika Serikat, Eka Hospital meluncurkan electronic medical consult (e-MC). Melalui program tersebut,...
AGUNG PODOMORO TUTUP ATAP BALSA PODOMORO GOLF VIEW
BERITA

AGUNG PODOMORO TUTUP ATAP BALSA PODOMORO GOLF VIEW

(Berita-Bisnis) - Ambisi PT Agung Podomoro Land Tbk untuk menghadirkan kawasan baru di Cimanggis, Depok, lewat proyek bertajuk Podomoro Golf...
JAWAB KEBUTUHAN PASAR, TAUZIA RILIS SITUS ANYAR MAISON AURELIA SANUR BALI – BY PREFENRENCE HOTELS
BERITA

JAWAB KEBUTUHAN PASAR, TAUZIA RILIS SITUS ANYAR MAISON AURELIA SANUR BALI – BY PREFENRENCE HOTELS

(Berita-Bisnis) - Jamak disadari, kendati layananan yang berkualitas adalah salah satu kata kunci untuk memenangkan persaingan, toh dalam prakteknya, penerapan...
LEXUS AKAN BUKA GERAI BARU DI JAKARTA SELATAN
BERITA

LEXUS AKAN BUKA GERAI BARU DI JAKARTA SELATAN

(Berita-Bisnis) - Demi memberikan kemudahan sekaligus kenyamanan bagi para pelanggannya, Lexus Indonesia berniat membuka gerai baru di kawasan Jakarta Selatan,...
HILO GREEN AMBASSADOR, UPAYA NUTRIFOOD PERDALAM PENETRASI
BERITA

HILO GREEN AMBASSADOR, UPAYA NUTRIFOOD PERDALAM PENETRASI

(Berita-Bisnis) - HiLo Green Ambassador yang digelar untuk ketiga kalinya pada tahun ini, telah berakhir. (lebih…)

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia