SHELL OPERASIKAN PABRIK BARU DI MARUNDA

Diproyeksikan dapat memenuhi kurang lebih 13 persen kebutuhan terhadap produk pelumas di pasar domestik. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Disebut sebagai pabrik pelumasnya yang ke-6 yang hadir di kawasan Asia Tenggara, Royal Dutch Shell plc. (Shell) -via PT Shell Indonesia- hari ini resmi mengoperasikan pabrik barunya yang terletak di Kawasan Industri dan Pergudangan Marunda Center, Bekasi.

Dan, asal tahu saja, pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 75 ribu meter persegi itu, memiliki kapasitas produksi sebanyak 136 juta liter atau 120 ribu ton pelumas per tahun.

Lantas, jika kapasitas produksi tadi dikoversikan dengan jumlah total penggantian oli sepeda motor maupun kendaraan roda empat, maka kapasitas produksi tersebut setara penggantian lebih dari 460 ribu unit oli sepeda motor dan 90 ribu unit oli mobil per hari.

Kata Darwin Silalahi, Presiden Direktur dan Country Chairman Shell Indonesia, pabrik anyar ini merupakan pabrik pelumas terbesar yang dioperasikan oleh perusahaan minyak internasional di Indonesia, sampai saat ini.

Ditambahkan pula, pabrik yang sama diproyeksikan dapat memenuhi kurang lebih 13 persen kebutuhan terhadap produk pelumas di pasar domestik.

Shell Indonesia menginformasikan, pabrik yang menelan dana investasi hingga Rp 1,7 triliun tersebut, bakal memproduksi beberapa produk pelumas yang mengusung merek Shell, seperti Shell Helix (kendaraan penumpang), Shell Advance (sepeda motor), Shell Rimula (mesin kelas berat), serta Shell Spirax yang dikenal luas sebagai oli transmisi.

Berita-Bisnis mencatat, hingga sekarang, lebih dari 20 pabrik pelumas (lube oil blending plant) beroperasi di Indonesia dengan total kapasitas produksi mencapai 1,8 juta kiloliter per tahun.

Adapun nilai bisnisnya sendiri diperkirakan sudah berada di kisaran Rp 7 triliun setiap tahunnya.

Dengan demikian, kehadiran pabrik pelumas Shell di Marunda Center dengan sendirinya bakal semakin meramaikan persaingan di ranah bisnis pelumas di Indonesia. (BB/as/Luki)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

INCAR MUSIM LIBURAN, INDOSAT TAWARKAN PROMO INTERNET MURAH
BERITA

INCAR MUSIM LIBURAN, INDOSAT TAWARKAN PROMO INTERNET MURAH

(Berita-Bisnis) - Guna memaksimalkan potensi bisnis yang bersumber dari segmen usia muda ketika musim liburan sekolah tiba, PT Indosat Tbk....
HIGHLY PRODUCTIVE SUPERVISOR-LEADER
EVENT

HIGHLY PRODUCTIVE SUPERVISOR-LEADER

By X-Skill Seminar (lebih…)
TANGKAP PELUANG PAPERLESS, CANON LUNCURKAN PRODUK BARU DOCUMENT READER
BERITA

TANGKAP PELUANG PAPERLESS, CANON LUNCURKAN PRODUK BARU DOCUMENT READER

(BeritaBisnis) - Kecenderungan pemakaian kertas yang semakin berkurang di masa mendatang plus alasan kepraktisan, diperkirakan akan menambah jumlah pengguna document...
PACU BISNIS, LOGITECH RILIS 5 SPEAKER ANYAR
BERITA

PACU BISNIS, LOGITECH RILIS 5 SPEAKER ANYAR

(Berita-Bisnis) - Sebagai bagian dari rencana peluncuran total 30 speaker (pengeras suara) anyar yang akan digelar sepanjang tahun ini, Logitech...
LABA TIPHONE CAPAI Rp 203,9 MILIAR
BERITA

LABA TIPHONE CAPAI Rp 203,9 MILIAR

(Berita-Bisnis) - Akuisisi terhadap beberapa distributor smartphone yang dilaksanakan selama tahun ini tampaknya mampu memberikan hasil yang menggembirakan bagi kinerja...
SARIWANGI GELAR KAMPANYE 15 MENIT SEHARI
BERITA

SARIWANGI GELAR KAMPANYE 15 MENIT SEHARI

(Berita-Bisnis) - Adalah hasil telesurvey terhadap 200 responden di Jakarta, Bandung, dan Surabaya, yang mengindikasikan bahwa kebiasaan bertemu keluarga Indonesia...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia