• BERANDA
  • BERITA
  • TINGKATKAN PELAYANAN ARUS MUDIK, KOMO MILIK JASA MARGA HADIR

TINGKATKAN PELAYANAN ARUS MUDIK, KOMO MILIK JASA MARGA HADIR

Mengantisipasi gangguan arus mudik di ruas jalan tol. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali menyiapkan dua unit kendaraan multi purpose truck yang berfungsi membantu evakuasi kendaraan yang mengalami kecelakaan di sepanjang ruas tol. Khususnya untuk mengantisipasi gangguan arus mudik di ruas jalan tol.

Kendaraan multi purpose truck berkapasitas mesin 14 ribu cc dan sepanjang 13 meter itu diklaim memiliki daya angkat hingga 15 ton serta memiliki kode panggilan radio “Komo”.

Menurut Adityawarman, Direktur Utama Jasa Marga, mobil serba guna tersebut juga dilengkapi dengan kemampuan untuk memadamkan api apabila diperlukan.

Di sisi lain, dengan tujuan yang sama, Jasa Marga tak lupa menyiapkan 248 kendaraan operasional yang stand by 24 jam yang terdiri dari ambulans (22 unit), derek (101 unit), patroli jalan raya (55 unit), kendaraan layanan jalan tol (55 unit), dan kendaraan rescue sebanyak 13 unit.

Jasa Marga menjelaskan, selama arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini berlangsung, aktivitas di gerbang tol Jasa Marga diperkirakan akan meningkat hingga 119 persen, dari 14 ribu mobil menjadi 32 ribu mobil per hari.

Dan, di saat yang sama, terutama untuk ruas tol Jakarta-Cikampek, total pendapatan ditaksir bakal melonjak menjadi Rp 4 miliar hingga Rp 5 miliar per hari. Adapun total pendapatan per hari, diproyeksikan mencapai Rp 16 miliar dari seluruh jalan tol yang dikelola.

Seperti diketahui, di segmen usaha jalan tol, Jasa Marga mengelola 13 hak pengusahaan (konsesi) jalan tol. Sedangkan di segmen usaha non tol, melalui anak usahanya PT Sarana Margabhakti Utama, Jasa Marga mengembangkan rest area, penyewaan lahan dan utilitas serta pemasangan iklan.

Sepanjang tahun lalu, Jasa Marga sukses mengumpulkan pendapatan tol sebesar Rp 5,58 triliun atau tumbuh 15,25 persen ketimbang realisasi pendapatan tahun 2011 (Rp 4,84 triliun). Total pendapatan tersebut bersumber dari volume transaksi kendaraan yang mencapai 1,2 miliar unit kendaraan.

Pada saat yang sama, laba bersih yang diperoleh mencapai Rp 1,60 triliun alias meningkat 33,92 persen dibandingkan dengan pencapaian laba bersih tahun 2011 (Rp 1,2 triliun). Untuk tahun ini, Jasa Marga berambisi meraih pendapatan sebanyak Rp 6 triliun. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

APRIL 2003, ASTON KELOLA 333 KAMAR BARU
BERITA

APRIL 2003, ASTON KELOLA 333 KAMAR BARU

(Berita-Bisnis) - Pada April 2013, operator manajemen hotel Aston International akan mendapat tambahan pengelolaan 333 kamar baru seiring dengan rencana...
CITILINK TAMBAH RUTE BARU PADA TAHUN 2012
BERITA

CITILINK TAMBAH RUTE BARU PADA TAHUN 2012

(BeritaBisnis) - Seiring dengan peningkatan jumlah penumpang, Citilink berencana menambah rute penerbangan domestik pada tahun 2012.Rute yang akan ditambah itu...
SANTIKA BUKA AMARIS HOTEL PASAR BARU
BERITA

SANTIKA BUKA AMARIS HOTEL PASAR BARU

(Berita-Bisnis) - Seusai membuka Amaris Hotel Cilegon pada minggu terakhir medio Oktober lalu, PT Grahawita Santika (Santika Indonesia Hotels &...
ALAM SUTERA MULAI PEMBANGUNAN KOTA AYODHIA
BERITA

ALAM SUTERA MULAI PEMBANGUNAN KOTA AYODHIA

(Berita-Bisnis) - Hari ini, PT Alam Sutera Realty Tbk resmi menggelar seremoni groundbreaking Kota Ayodhia yang berlokasi di kawasan Jl....
SINAR MAS LAND SUKSES TAWARKAN LAVANYA DAN AMMARILA
BERITA

SINAR MAS LAND SUKSES TAWARKAN LAVANYA DAN AMMARILA

(Berita-Bisnis) - Berbekal konsep produk yang matang, Sinar Mas Land sukses menjual klaster Lavanya dan Ammarila yang dibangun di dalam...
MULAI APRIL 2018, SAHID KELOLA SAHID T-MORE KUPANG
BERITA

MULAI APRIL 2018, SAHID KELOLA SAHID T-MORE KUPANG

(Berita-Bisnis) - Reputasi PT Sahid International Hotel Management and Consultant -populer dengan label Sahid Hotels & Resorts- di pentas bisnis...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia