VALVOLINE HADIR KEMBALI

Mengembangkan pasar terlebih dahulu di wilayah komersial Pulau Jawa dan Sumatera. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Bermodalkan dukungan enam distributor yang baru, PT Valvoline Indonesia resmi menawarkan pelumas premium bermerek Valvoline yang menyasar segmen otomotif maupun industri.

Namun, pada tahap pertama, Valvoline Indonesia berniat fokus ke segmen otomotif. Bersamaan dengan itu, Valvoline Indonesia juga berencana mengembangkan pasarnya terlebih dahulu di wilayah komersial Pulau Jawa dan Sumatera.

Menurut Henry Bustani, General Manager Valvoline Indonesia, kedua wilayah pemasaran tersebut merupakan daerah dengan produk otomotif yang masif.

Ditambahkan, enam distributor baru tersebut adalah PT Surya Alam Semesta (wilayah Jakarta), PT Mitra Multi Perwira sebagai distributor komersial dan industri wilayah Jakarta, dan CV PP Jayatama berfungsi sebagai distributor otomotif di wilayah Jawa Barat.

Di samping itu, ada juga CV Trijaya Omega Perkasa sebagai distributor otomotif di Sumatera Utara, PT Altrak 1978 (bisnis partner pelumas Valvoline Cummins), dan PT Margodadi Putra Mandiri sebagai distributor otomotif di Jawa Tengah.

Valvoline Indonesia paham persaingan bisnis pelumas di Indonesia saat ini terbilang sangat ketat. Untuk itu, Valvoline Indonesia yang menyiapkan 24 jenis produk pelumas roda empat (niaga, roda dua, industri, maritim, mining) hanya menargetkan 5 persen pangsa pasar bisnis pelumas dalam kurun waktu sepuluh tahun ke depan.

Dalam rentang waktu yang sama pula, Valvoline Indonesia berharap wilayah pemasaran Pulau Sumatera bisa memberikan kontribusi sebesar 10 persen terhadap total pendapatan. Adapun wilayah komersial Pulau Jawa ditargetkan sebanyak 3 persen.

Khusus untuk kendaraan penumpang, Valvoline Indonesia menawarkan dua jenis pelumas, yakni sintetis SynPower SAE 10W30 dan semi sintetis DuraBlend (SAE 5W40 dan SAE 5W30) dengan kisaran harga Rp 70 ribu per liter hingga Rp 80 ribu per liter. Sementara untuk roda dua, tersedia pelumas semi sintetis Champ 4T Synth dengan harga sekitar Rp 38 ribu per liter.

Valvoline Indonesia sendiri merupakan lengan bisnis Ashland Inc. yang bermarkas di Amerika Serikat dan dibentuk berlandaskan kerja sama dengan  PT Hercules Chemical Indonesia.

Sebelumnya, pelumas Valvoline -merek oli tertua di dunia- telah hadir di Indonesia. Akan tetapi, karena kinerja distributor tunggal yang melempem, brand Valvoline pun seolah lenyap di tengah keriuhan pasar pelumas (otomotif dan industri) di Indonesia yang mencapai kurang lebih 700 juta liter per tahun. (BB/as/Luki)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

TANGKI AIR PENGUIN RAIH TOP BRAND 2018
BERITA

TANGKI AIR PENGUIN RAIH TOP BRAND 2018

(Berita-Bisnis) - Sulit untuk disangkal, optimisme sejatinya sedang membuncah saat ini di jajaran manajemen PT Penguin Indonesia. (lebih…)
FAJAR MITRA INDAH PERLUAS JARINGAN FAMILYMART
BERITA

FAJAR MITRA INDAH PERLUAS JARINGAN FAMILYMART

(Berita-Bisnis) - Sulit untuk dibantah, langkah ekspansi PT Fajar Mitra Indah -pemegang lisensi tunggal gerai FamilyMart di Indonesia- lumayan bergemuruh,...
FOODMART PRIMO HADIR DI LIPPO MALL PURI
BERITA

FOODMART PRIMO HADIR DI LIPPO MALL PURI

(Berita-Bisnis) - Ambisi PT Matahari Putra Prima Tbk menjadi multi-format modern retailer yang terkemuka di pasar domestik, sepertinya tak akan...
INTILAND BENAHI TALAGA BESTARI
BERITA

INTILAND BENAHI TALAGA BESTARI

(Berita-Bisnis) - Kendati sibuk menggelar ekspansi di berbagai lokasi di seluruh Indonesia, toh PT Intiland Development Tbk tidak melupakan Talaga...
THE CRYSTAL ON THE BAY NUSA DUA SELESAI AWAL 2014
BERITA

THE CRYSTAL ON THE BAY NUSA DUA SELESAI AWAL 2014

(Berita-Bisnis) - Dengan menggandeng PT Pulau Intan Bajakonstruksi sebagai kontraktor, PT Crystal Land Development resmi membangun hotel The Crystal on...
KONSEP COMPACT MEMBUAT MATAHARI SEMAKIN BERSINAR
MARKETING

KONSEP COMPACT MEMBUAT MATAHARI SEMAKIN BERSINAR

(Berita-Bisnis) - Awal Juli silam, Matahari Food Business -lengan bisnis PT Matahari Putra Prima Tbk.- resmi menjejakkan "kakinya" di bumi...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia