BANGUN AWARENESS VIA CO-BRANDING

Menyiapkan poin untuk membangun awareness. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Program kerjasama antar merek dagang atau yang biasa dikenal dengan istilah co-branding sesungguhnya sudah banyak diaplikasikan di banyak perusahaan. Pasalnya, bentuk kerjasama semacam ini terbukti sukses memberikan manfaat positif di antara pihak.

Ada simbiosis mutualisme diantara keduanya, saling menguntungkan. Dan, celah ini telah dilirik oleh PT Suzuki Indomobil Sales.

Buktinya, setelah menjadi main sponsor untuk event olahraga besar AFF Suzuki Cup di akhir 2010 lalu, Suzuki Indomobil Sales kemudian menggelar co-branding dengan Majalah FHM, Blitzmegaplex, Rolling Stone Café, plus mengadakan gathering dengan Hard Rock Café. Semuanya dilakukan setahun lalu dan memberikan hasil yang sangat menggembirakan.

Kini, masih dalam kerangka yang sama, Suzuki Indomobil Sales menggandeng mitra baru: resto siap saji McDonald’s.

Memang, bagi Suzuki Indomobil Sales, kegiatan promosi tidak harus melulu menyoal otomotif. Ada kesan membosankan jika kegiatan marketing dan promosi hanya terpaku pada sektor bisnis yang digeluti.

Di sisi lain, Suzuki Indomobil Sales pun tidak ingin menggelar aktifitas promosi produk yang biasa-biasa saja. Targetnya, di dalam setiap kegiatan yang dilakukan, mesti ada poin yang terselip yang ke depannya mampu membangun awareness masyarakat.

Menggiring konsumen  masuk ke dalam resto. (Foto: Ist)Itu sebabnya, pada awal 2012 ini, bersama resto siap saji McDonald’s, Suzuki Indomobil Sales melaksanakan kerjasama co-branding yang agaknya belum pernah dilakukan kompetitornya.

Misal, jika pelanggan McDonald’s memesan delivery order via telepon ke 14045, para pelanggan akan selalu mendapat pertanyaan dari petugas, apakah mereka termasuk pengguna Suzuki atau bukan. Kalau ya, pelanggan akan diberikan satu french fries gratis plus satu poin undian.

Lalu, apabila ada pelanggan McDonald’s yang melakukan pemesanan melalui jalur drive thru serta mengendarai mobil Suzuki tipe apa pun, dipastikan bakal menerima satu tambahan kentang gratis ala McDonald’s berikut satu poin undian.

Menurut Darmawan Edi Tjahyono, General Manager Marketing 4W Suzuki Indomobil Sales, program co-branding itu dilangsungkan mulai dari tanggal 1 Januari lalu hingga 30 April nanti.

Selama rentang waktu tersebut, dalam tempo dua bulan sekali, Suzuki Indomobil Sales menyediakan hadiah yang cukup menggiurkan. Contohnya, dalam 2 bulan pertama, pelanggan McDonald’s yang beruntung akan mendapatkan grand prize 1 buah APV MX.

Sedangkan hadiah lain berupa 10 voucher McDonald’s senilai Rp 1 juta per voucher-nya serta 50 voucher McDonald’s senilai Rp 100 ribu.

Sementara itu, untuk 2 bulan berikutnya di periode Maret-April, pelanggan yang beruntung akan diberi grand prize 1 buah Suzuki Splash plus 5 unit motor Suzuki dan voucher belanja McDonald’s.

Kata Darmawan Edi Tjahyono, dengan co-branding tersebut diharapkan pengguna Suzuki bisa merasakan benefit yang dapat diperoleh dari merek mobil Suzuki. Adapun bagi Suzuki Indomobil Sales sendiri, via kerjasama tersebut, diperbolehkan untuk memajang mobil Suzuki di halaman parkir bangunan McDonald’s – bukan berada di dalam kawasan mal.

Menargetkan penjualan hingga 90 ribu unit. (Foto: Ist)Lantas, apa keuntungan yang bisa dipetik oleh McDonald’s? Suzuki Indomobil Sales berusaha menggiring konsumen masuk ke dalam restoran. Sambil menikmati jajanan McDonald’s, konsumen dimungkinkan melakukan aktivasi mobil yang akan mereka beli.

Terciptanya kerjasama di atas sejatinya berkaitan erat dengan kesamaan target market yang dibidik Suzuki Indomobil Sales maupun oleh McDonald’s sendiri.

Lebih dari itu, co-branding juga memberikan keleluasaan bagi Suzuki Indomobil Sales untuk meningkatkan penjualan Suzuki APV yang sejak awal telah diposisikan sebagai mobil untuk keluarga.

Singkat kata, selain ingin meraih penjualan yang lebih besar, awareness terhadap Suzuki pun diproyeksikan bakal semakin membesar dan meluas di benak konsumen via program kerjasama itu.

Asal tahu saja, Suzuki Indomobil Sales berencana mendekati angka penjualan 90 ribu unit mobil sepanjang tahun ini. (BB/Christov)

 

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

BLINK GARAP DESAIN INTERIOR SIX SENSES BALI
BERITA

BLINK GARAP DESAIN INTERIOR SIX SENSES BALI

(Berita-Bisnis) - Kepiawaian Blink Design Group di ranah bisnis desain interior, sesungguhnya tak perlu diragukan lagi. (lebih…)
GENJOT PEMBIAYAAN, ASTRA SEDAYA RAIH PINJAMAN 670 JUTA DOLAR
BERITA

GENJOT PEMBIAYAAN, ASTRA SEDAYA RAIH PINJAMAN 670 JUTA DOLAR

(Berita-Bisnis) - Kendati selama tahun lalu sukses menorehkan laba bersih hingga Rp 1,01 triliun, PT Astra Sedaya Finance -populer dengan...
LJ HOOKER BERNIAT TAMBAH 30 KANTOR BARU
BERITA

LJ HOOKER BERNIAT TAMBAH 30 KANTOR BARU

(BeritaBisnis) - Dalam rangka mengincar pasar primer maupun secondary bisnis properti di kawasan selatan Jakarta yang belakangan semakin bergairah, LJ...
DONGKRAK PENJUALAN, FORD TAMBAH DILER
BERITA

DONGKRAK PENJUALAN, FORD TAMBAH DILER

(Berita-Bisnis) - Di diler Ford Nusantara Bekasi, PT Ford Motor Indonesia secara seremonial meresmikan empat diler baru sekaligus yang berlokasi...
PERMINTAAN TERHADAP LIPPO THAMRIN LEBIH DARI 200 PERSEN
BERITA

PERMINTAAN TERHADAP LIPPO THAMRIN LEBIH DARI 200 PERSEN

(Berita-Bisnis) - Ambisi PT Lippo Karawaci Tbk yang menargetkan penjualan menara kantor Lippo Thamrin mencapai 70 persen pada fase pertama,...
DAFAM DIPERCAYA KELOLA KONDOTEL 7KUTA
BERITA

DAFAM DIPERCAYA KELOLA KONDOTEL 7KUTA

(Berita-Bisnis) - Berbekal kepercayaan yang diberikan oleh PT Catur Buana Mitra, manajemen perhotelan Dafam Hotels Management akan mengoperasikan kondotel bintang...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia