GELIAT BISNIS CONVENIENCE STORE & MINIMARKET

Tahun 2013, total convenience store 750 gerai. (Foto: Ist)

(BeritaBisnis) – Bisnis convenience store dan minimarket kini semakin sesak dengan kehadiran convenience store Lawson yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan.

Convenience store asal Jepang tersebut dikelola oleh PT Midi Utama Indonesia Tbk. dan didesain secara khusus sebagai tempat hang out anak-anak muda.

 

Tahun 2012, PT Midi Utama Indonesia Tbk. menargetkan bakal menghadirkan 50 gerai kafe Lawson.

Selain meluncurkan Lawson, PT Midi Utama Indonesia Tbk. (pengelola 248 minimarket Alfamidi) juga menghadirkan convenience store Alfa Express. Hingga akhir tahun 2010, PT Midi Utama Indonesia Tbk. telah mengoperasikan 161 gerai Alfa Express (96 gerai diantaranya berlokasi di Surabaya).

Sedangkan PT Indomarco Prismatama, pemilik gerai Indomaret, saat ini memiliki 5.004 gerai Indomaret di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, yang menggunakan sistem waralaba sebanyak 1.915 gerai.

PT Indomarco Prismatama mengelola Indomaret umum dan convenience store Point Indomaret. Total convenience store Point Indomaret saat ini sejumlah 41 gerai dan berlokasi di seluruh Indonesia, seperti di Stasiun Gambir dan Stasiun Senen, Jakarta. Jumlah Point Indomaret ditargetkan akan menjadi 81 gerai.

Sementara itu, PT Hero Supermarket Tbk. mengelola 129 gerai Starmart yang menyasar area perkantoran dan apartemen. PT Ramayana Lestari Sentosa sendiri memiliki 6 Orange Mart yang berlokasi seperti di Kediri dan Garut. Orange Mart diposisikan sekaligus sebagai tempat rekreasi.

Sedangkan, PT Circle K Indonesia (pengelola convenience store Circle K) telah mengoperasikan 300 gerai di enam kota besar (Batam, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali) dengan target pengembangan 50-100 outlet baru.

Berdasarkan catatan Berita-Bisnis, khusus 7-Eleven yang dikelola PT Modern PutraIndonesia baru memiliki 42 outlet yang tersebar di Jakarta. Hingga akhir tahun 2011, angka tersebut diharapkan meningkat menjadi 57 outlet.

Menurut data Nielsen Indonesia, pada tahun 2010, jumlah total convenience store di Indonesia (toko ritel yang fokus menjual produk fast moving non sembako dan memiliki konsep gerai seperti tempat hangout) sebanyak 450 gerai. Pada tahun 2013, angka tersebut diperkirakan bakal menjadi 750 gerai.

 

 

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

SECONDARY CITY MEMACU LANGKAH DAFAM
MARKETING

SECONDARY CITY MEMACU LANGKAH DAFAM

(Berita-Bisnis) - Di bawah terik matahari Sabtu 7 Juli lalu, di lampu merah Jl. Pemuda, Semarang, karyawan Hotel Dafam Semarang...
MUDAHKAN KONSUMEN, PHILIPS INDONESIA BUKA PHILIPS KENARI STORE
BERITA

MUDAHKAN KONSUMEN, PHILIPS INDONESIA BUKA PHILIPS KENARI STORE

(Berita-Bisnis) - Guna memberikan pengalaman langsung kepada konsumennya tentang produk pencahayaan rumah, PT Philips Indonesia kembali menghadirkan gerai lighting branded...
PHILIPS INDONESIA BUKA GERAI DI HOME CENTRA MEDAN
BERITA

PHILIPS INDONESIA BUKA GERAI DI HOME CENTRA MEDAN

(Berita-Bisnis) - Setelah memperluas gerai Philip Store di Surabaya pada awal medio September 2012, PT Philips Indonesia kembali melanjutkan ekspansi...
BALANCED SCORECARD WORKSHOP
EVENT

BALANCED SCORECARD WORKSHOP

Delivered by Dr. PAUL WALSH & SUWARDI LUIS Dr. PAUL WALSH - Program Director Australian Graduate School of Management SUWARDI...
DENGAN Rp 100 RIBU, BISA TRANSAKSI SAHAM DI SAMUEL SEKURITAS
BERITA

DENGAN Rp 100 RIBU, BISA TRANSAKSI SAHAM DI SAMUEL SEKURITAS

(Berita-Bisnis) - Dari tanggal 19 Januari sampai 18 April 2013, PT Samuel Sekuritas Indonesia menggelar program promo Samuel Trading Active...
KEREK LAYANAN DATA, TELKOMSEL GELAR WALK WITH SIMPATI
BERITA

KEREK LAYANAN DATA, TELKOMSEL GELAR WALK WITH SIMPATI

(Berita-Bisnis) - Pemetaan dan analisa perilaku sekitar 52 juta pelanggan kartu simPATI yang dilakukan oleh PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) tampaknya...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia