• BERANDA
  • BERITA
  • ICHITAN GREEN TEA RAMAIKAN PERSAINGAN BISNIS MINUMAN TEH DALAM KEMASAN

ICHITAN GREEN TEA RAMAIKAN PERSAINGAN BISNIS MINUMAN TEH DALAM KEMASAN

Dalam tempo lima tahun ke depan, diproyeksikan masuk dalam jajaran 10 besar merek ternama minuman ringan di Indonesia. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Tak lama lagi, aroma persaingan di ranah bisnis minuman ringan di pasar domestik, khususnya minuman dengan basis teh hijau dalam kemasan, diperkirakan bakal semakin mengental.

Bagaimana tidak, pada pekan ini, PT Ichitan Indonesia telah resmi memperkenalkan Ichitan Green Tea yang berasal dari Thailand.

Dan, asal tahu saja, minuman teh hijau yang hadir dalam dua varian rasa itu (Green Tea Honey Lemon dan Green Tea Lychee) dijajakan seharga Rp 4,900 dalam ukuran botol 420 ml.

Lebih dari itu, dalam waktu dekat, Ichitan Green Tea bahkan dipastikan hadir di semua jaringan gerai Alfamart, Alfamidi, Lawson, dan AlfaExpress, yang mencapai lebih dari 12 ribu gerai di seluruh Indonesia.

Namun, pada tahap pertama, konsumen di Pulau Jawa tampaknya akan lebih dulu mencicipi kenikmatan Ichitan Green Tea rasa maupun Ichitan Green Tea Green Tea Honey.

Kata Tan Passakornnatee, Chairman & CEO Ichitan Group, Ichitan Green Tea diproyeksikan masuk dalam jajaran 10 besar merek ternama minuman ringan di Indonesia, dalam kurun waktu lima tahun mendatang.

Ditambahkan pula, keyakinan itu bukan tanpa alasan yang jelas. Pertama, Ichitan Group menilai, konsumen pasar domestik belakangan semakin menggandrungi minumen teh hijau. Di sisi lain, harga jual produk minuman tadi pun dianggap masih bisa dijangkau oleh konsumen.

Sementara itu, faktor ketiga yang menjadi pertimbangannya adalah tingginya permintaan terhadap produk teh dalam kemasan dari tahun ke tahun. Buktinya, hingga saat ini, teh dalam kemasan menempati posisi terbesar kedua (setelah air mineral) di pasar minuman ringan di Indonesia.

Alhasil, untuk mengantisipasi dinamika tersebut, Ichitan Group sendiri sudah menyiapkan agenda penting yaitu proses produksi Ichitan Green Tea akan digelar di Surabaya pada 2017, lewat perusahaan Original Equipment Manufacturer.

Setelah itu, pabrik baru senilai kurang lebih Rp 573 miliar, menyusul dibangun di Jakarta dengan kapasitas produksi sebesar 7 juta boks per bulan.

Ichitan Group menegaskan, bahan dasar Ichitan Green Tea merupakan daun teh yang dipetik sebelum tengah hari untuk menghindari rasa pahit dalam teh. Lalu, daun teh itu, disimpan pada suhu 25°C untuk menjaga kesegarannya.

Di samping itu, daun teh yang dipetik -dibudidayakan dengan memanfaatkan metode alami bebas kimia dan bebas pestisida- juga berumur kurang dari 4 bulan guna menjaga kualitas antioksidannya.

Berita-Bisnis mencatat, Ichitan Green Tea adalah produk perdana besutan Ichitan Group yang bermarkas di Bangkok, Thailand, yang diedarkan di Indonesia.

Dan, untuk mewujudkan ambisi itu, pada medio Agustus tahun lalu, Ichitan Group lebih dulu mendeklarasikan sebuah joint venture dengan PT Atri Pasifik, subsidiari dari Mitsubishi Corporation Jepang, yang sekaligus merupakan joint venture Mitsubishi Corporation Jepang dengan PT Sigmantara Alfindo, investment company yang berada dalam kendali Alfa Group.

Dari kerjasama tersebut, kemudian lahirlah perusahaan anyar dengan label Ichitan Indonesia, dengan komposisi saham seimbang (50 persen) antara Ichitan Group dan Atri Pasifik yang bergerak di bidang distribusi.

Patut diketahui pula, Ichitan Group berhasil mengekspor 5 juta botol minuman dalam kemasan ke 20 negara, pada tahun lalu. Adapun kapasitas produksi minuman teh kemasannya per tahun mencapai 800 juta botol. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

NET TV UDARAKAN NYANYIAN RAYA
BERITA

NET TV UDARAKAN NYANYIAN RAYA

(Berita-Bisnis) - Diklaim sebagai acara puncak dari rangkaian konser Suara Untuk Negeri yang telah dilaksanakan di empat kota sepanjang tahun...
DAFAM TAMBAH PORTOFOLIO DI BALI
BERITA

DAFAM TAMBAH PORTOFOLIO DI BALI

(Berita-Bisnis) - Delapan tahun silam, di kala usianya belum genap dua tahun, Dafam Hotel Management menorehkan sebuah prestasi yang bakal...
MUSIM MAS GROUP GELAR PASAR MURAH MINYAK GORENG
BERITA

MUSIM MAS GROUP GELAR PASAR MURAH MINYAK GORENG

(Berita-Bisnis) - Seperti tahun lalu, Musim Mas Group pun kembali menggelar pasar murah minyak goreng, sepanjang Ramadhan, tahun ini. (lebih…)
METROPOLITAN KENTJANA BANGUN TOWN HOUSE MEWAH DI BINTARO
BERITA

METROPOLITAN KENTJANA BANGUN TOWN HOUSE MEWAH DI BINTARO

(BeritaBisnis) - Tingginya kebutuhan kalangan menengah atas akan hunian mewah dan eksklusif, menjadi alasan bagi PT Metropolitan Kentjana Tbk. untuk...
GANDENG TOTAL, KAWASAKI LUNCURKAN PELUMAS PREMIUM
BERITA

GANDENG TOTAL, KAWASAKI LUNCURKAN PELUMAS PREMIUM

(Berita-Bisnis) - Guna memberikan manfaat lebih kepada pelanggannya, PT Kawasaki Motor Indonesia secara resmi meluncurkan pelumas ELF Vent Vert sintetis,...
HADIRKAN PRODUK BARU, MIDEA INDONESIA INCAR PENJUALAN Rp 200 MILIAR
BERITA

HADIRKAN PRODUK BARU, MIDEA INDONESIA INCAR PENJUALAN Rp 200 MILIAR

(BeritaBisnis) - Dengan kehadiran beberapa produk baru, PT Midea Planet Indonesia optimis akan mencapai penjualan sebanyak Rp 200 miliar pada...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia