SINAR TAMBANG GELAR SOFT OPENING PABRIK SEMEN BIMA

Ditawarkan dalam dua kemasan. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Setelah menempuh proses berliku dan cukup panjang sejak tiga tahun silam, PT Sinar Tambang Arthalestari hari ini akhirnya resmi menggelar soft opening pabrik semennya yang terletak di Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah.

Dan, asal tahu saja, pembangunan pabrik yang menghasilkan semen merek Bima itu, diproyeksikan selesai seluruhnya pada Oktober mendatang.

Kata Urip Timuryono, Komisaris Sinar Tambang Arthalestari, kehadiran pabrik tersebut diharapkan mampu menopang implementasi beragam program pemerintah yang ingin menggenjot pembangunan sektor infrastruktur.

Dijelaskan pula, pihaknya memperkirakan total dana investasi yang dibutuhkan sekitar Rp 2,3 triliun.

Adapun kapasitas produksinya sendiri diproyeksikan mencapai 5 juta ton semen per tahun. Namun, jangan salah, kapasitas produksi tadi (setara 15 ribu ton per hari) ditargetkan terwujud dalam kurun waktu dua tahun ke depan.

Sedangkan pada tahap awal, Sinar Tambang Arthalestari terlebih dahulu memproduksi semen Bima sebanyak 3 ribu ton per hari. Setelah itu, kapasitasnya bakal dikerek menjadi 7 ribu hingga 8 ribu ton per hari.

Mengingat tingginya jumlah kebutuhan semen secara nasional yang diestimasikan mencapai 80 juta sampai 120 juta ton per tahun, Sinar Tambang Arthalestari pun optimis semen Bima kelak bisa menyumbang sekitar 4-5 persen dari total kebutuhan semen tersebut.

Persisnya, saat kapasitas produksi pabrik semen Bima berada di kisaran 5 juta ton per tahun pada 2017.

Patut diketahui, Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang mencerminkan kebutuhan lahan untuk penambangan bagi pabrik semen Bima berkisar antara 300 hektar hingga 900 hektar.

Dan, saat ini, Sinar Tambang Arthalestari sudah menguasai lahan seluas 360 hektar yang berada di dua kecamatan di Banyumas, yakni di Ajibarang dan Gumelar.

Berita-Bisnis mencatat, melalui pabrik itu, Sinar Tambang Arthalestari bakal memasarkan semen Bima PPC (Portland Pozzolan Cement) yang dapat digunakan untuk aplikasi konstruksi umum, seperti rumah, jalan raya, pekerjaan beton, pasangan bata dan bisa juga dipakai untuk proyek bendungan, jembatan, dermaga, bangunan irigasi maupun bangunan tepi laut.

Sinar Tambang Arthalestari -bagian dari Pan Asia Group- menawarkan semen Bima dalam dua kemasan, yaitu kemasan 40 kilogram dan kemasan 50 kilogram. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

MASSINDO TAWARKAN THERAPEDIC AGILITY
BERITA

MASSINDO TAWARKAN THERAPEDIC AGILITY

(Berita-Bisnis) - Sulit dimungkiri, dinamika pentas bisnis kasur atau spring bed di pasar domestik, sejatinya tak bisa dilepaskan dari berbagai...
KENANG SEMANGAT KARTINI, LOCK&LOCK RANGKUL VINCENTIUS PUTRI
BERITA

KENANG SEMANGAT KARTINI, LOCK&LOCK RANGKUL VINCENTIUS PUTRI

(Berita-Bisnis) - Dikemas dengan judul We Care We Share, PT Lock&Lock Indonesia baru saja menggelar event di Panti Asuhan Vincentius...
DONGKRAK PENJUALAN MORTAR, HOLCIM SASAR JAWA TIMUR
BERITA

DONGKRAK PENJUALAN MORTAR, HOLCIM SASAR JAWA TIMUR

(Berita-Bisnis) - Jamak diketahui, nama besar atau popularitas kerap memiliki andil yang tidak sedikit kepada kesuksesan penetrasi sebuah produk, tak...
DANAR HADI GELAR POP-UP MUSEUM DI GRAND INDONESIA
BERITA

DANAR HADI GELAR POP-UP MUSEUM DI GRAND INDONESIA

(Berita-Bisnis) - Dalam rangka mewujudkan komitmennya untuk terlibat aktif dalam memelihara warisan budaya batik, PT Batik Danar Hadi menghadirkan Danar...
AWAL APRIL, 3 DILER BARU TATA MOTORS DIBUKA
BERITA

AWAL APRIL, 3 DILER BARU TATA MOTORS DIBUKA

(Berita-Bisnis) - Dalam rangka memperluas jaringan pemasaran sekaligus memperkuat jaringan pelayanan purna jualnya, PT Tata Motors Distribusi Indonesia berniat membuka...
BEST WESTERN BUKA BEST WESTERN BATANG GARING PALANGKA RAYA
BERITA

BEST WESTERN BUKA BEST WESTERN BATANG GARING PALANGKA RAYA

(Berita-Bisnis) - Segendang sepenarian dengan manajemen perhotelan lainnya, Best Western Hotels & Resorts pun tak mau ketinggalan memperlebar layanan hospitality-nya...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia