2014, DAIHATSU PRODUKSI 4 JUTA UNIT

Daihatsu Xenia dan Avanza merupakan kontributor utama. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Seiring meningkatnya permintaan dari tahun ke tahun, maka pada pertengahan tahun depan, hasil produksi PT Astra Daihatsu Motor diperkirakan bakal menembus 4 juta unit.

Pasalnya, sejak produksi perdana pada tahun 1978 hingga saat ini, Astra Daihatsu Motor telah berhasil mencatatkan produksi melampaui 3 juta unit. Keseluruhan produk tersebut -Daihatsu Xenia, Avanza, Daihatsu Terios, Toyota Rush, Sirion, Gran Max, Luxio, Toyota Town Ace–Lite Ace- dipasok untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor ke berbagai negara.

Menurut Sudirman M.R., Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor, dengan pencapaian tersebut, Astra Daihatsu Motor menjadi perusahaan perakitan mobil pertama dengan produksi terbanyak di Indonesia.

Ditambahkan, Daihatsu Xenia dan Avanza merupakan kontributor utama pencapaian total produksi tersebut, dengan andil kurang lebih sebanyak 1,5 juta unit.

Dan, lebih dari itu, guna menopang kinerja tadi, Astra Daihatsu Motor bekerja sama dengan 165 perusahaan pemasok komponen lapis pertama (first tier) dan 850 perusahaan lapis kedua (second tier) yang melibatkan sekitar 700 ribu tenaga kerja.

Selama kuartal pertama tahun ini, Astra Daihatsu Motor sukses melego 42.197 unit atau meningkat 5,5 persen ketimbang periode yang sama tahun 2011 (40.009 unit).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 7.141 unit (45,2 persen) merupakan andil All New Xenia yang dipasarkan di kelas low multipurpose vehicle. Posisi kedua diisi oleh Gran Max dengan penjualan sebanyak 4.967 unit (31,4 persen).

Adapun Daihatsu Terios, tercatat mampu memberikan kontribusi sebesar 15,7 persen alias sebanyak 2.486 unit. Setelah itu, menyusul All New Sirion (650 unit) dan Luxio dengan penjualan 544 unit.

Hasil penjualan retail selama tiga bulan pertama tahun 2013 itu otomatis membuat Astra Daihatsu Motor sebagai penguasa kedua pentas bisnis otomotif di Indonesia, dengan market share sebanyak 14,2 persen. (BB/as/Luki)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

SUBARU MENCARI DEALER BARU
BERITA

SUBARU MENCARI DEALER BARU

(Berita-Bisnis) - Penjualan Subaru tahun lalu yang mencapai 252 unit membuat PT TC Subaru optimis angka tersebut akan bertambah sepanjang...
GREEN CITY PEKANBARU KELUARAN BASKO GRUP DIMINATI
BERITA

GREEN CITY PEKANBARU KELUARAN BASKO GRUP DIMINATI

(BeritaBisnis) - Penjualan superblok Green City Pekanbaru memperlihatkan grafik yang cukup menjanjikan. Sejak groundbreaking yang dilakukan awal Oktober 2011, lebih...
LEWAT RENAISSANCE BALI ULUWATU RESORT & SPA, RENAISSANCE HOTELS HADIR DI INDONESIA
BERITA

LEWAT RENAISSANCE BALI ULUWATU RESORT & SPA, RENAISSANCE HOTELS HADIR DI INDONESIA

(Berita-Bisnis) - Ambisi Renaissance Hotels, bagian dari Marriott International Inc., untuk terus mengembangkan layanannya ke berbagai belahan dunia, sejatinya berlangsung...
INCAR 1,2 JUTA GOONERS, TELKOMSEL KENALKAN SIMPATI STATER PACK ARSENAL
BERITA

INCAR 1,2 JUTA GOONERS, TELKOMSEL KENALKAN SIMPATI STATER PACK ARSENAL

(Berita-Bisnis) - Hampir dapat dipastikan, sebuah program kemitraan dengan salah satu klub sepak bola ternama di dunia yang memiliki komunitas...
ERAJAYA GROUP HADIRKAN ERAFONE MEGASTORE DI MEDAN
BERITA

ERAJAYA GROUP HADIRKAN ERAFONE MEGASTORE DI MEDAN

(Berita-Bisnis) - Setelah mengoperasikan gerai Erafone Megastore di Jakarta, Solo, dan Makassar, PT Erafone Artha Retalindo -anak usaha PT Erajaya...
GARUDA INDONESIA TUNJUK ADATC SALES SEBAGAI AGEN DI BRUNEI
BERITA

GARUDA INDONESIA TUNJUK ADATC SALES SEBAGAI AGEN DI BRUNEI

(Berita-Bisnis) - Selain agresif mengembangkan corporate sales program dan perluasan jaringan fasilitas online payment dengan para mitra bisnisnya, PT Garuda...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia