• BERANDA
  • BERITA
  • BERSAMA BRI, TELKOM JADIKAN NOMOR TELEPON SEBAGAI NOMOR REKENING

BERSAMA BRI, TELKOM JADIKAN NOMOR TELEPON SEBAGAI NOMOR REKENING

Berusaha mengimplementasikan layanan T-Bank kepada 100 ribu electronic delivery financial agent yang tergabung dalam IndiFinance Telkom. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Pada tahap pertama, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) resmi menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) untuk menyediakan layanan transaksi keuangan bernama T-Bank.

Kelak, Telkom berencana memperluas kemitraan tersebut dengan para provider telekomunikasi lainnya.

Menurut Muhammad Awaluddin, Direktur Enterprise and Wholesale Telkom, layanan T-Bank memungkinkan penggunanya untuk menikmati layanan perbankan tanpa perlu menjadi nasabah bank atau pun tanpa perlu pergi ke bank untuk melakukan transaksi.

Ditambahkan, cara penggunaan layanan tersebut sangat gampang. Melalui telepon seluler (ponsel) biasa yang didukung aplikasi Unstructured Supplementary Service Data alias layanan bintang pagar, pengguna cukup menekan *212#, kemudian menekan call, maka akan muncul menu seperti registrasi, info saldo, pesan kode akses (untuk pengambilan di agen atau di ATM Bank BRI), transfer antar nomor ponsel, dan beragam informasi lainnya.

Telkom menginformasikan, saldo maksimal untuk rekening T-bank yang teregistrasi melalui ponsel sebesar Rp 1 juta. Sementara itu, untuk ponsel yang teregistrasi melalui agen sebesar Rp 5 juta.

Dan, untuk saat ini, nomor ponsel yang bisa didaftarkan sebagai rekening T-Bank adalah nomor ponsel Telkomsel.

Berdasarkan catatan Berita-Bisnis, layanan T-Bank adalah wujud dari realisasi program Financial Inclusion yang merupakan salah satu kebijakan pemerintah dan Bank Indonesia untuk menyediakan akses jasa keuangan yang mudah dan murah bagi unbankable people.

Sedangkan Financial Inclusion sendiri merupakan sistem penyediaan transaksi keuangan e-Money Server Based yang menggunakan nomor ponsel sebagai nomor rekening sekaligus perluasan layanan tanpa ke bank dengan menggunakan konsep keagenan.

Adapun jenis layanan Financial Inclusion mencakup e-money, payments, purchasing, funding, dan lending.

Khusus dalam kerangka kerja sama Telkom dan BRI, agen yang terlibat adalah nasabah individual Kupedes BRI, mitra payment point BRI, dan Plasa Telkom.

Selain berupaya merangkul provider telekomunikasi lainnya, Telkom juga berusaha mengimplementasikan layanan T-Bank tersebut kepada kurang lebih 100 ribu electronic delivery financial agent yang tergabung dalam program Indonesia Digital Finance (IndiFinance) Telkom. (BB/as/Luki)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

DOKU MYSHORTCART: JAMIN TRAKSAKSI ONLINE MUDAH DAN AMAN
BERITA

DOKU MYSHORTCART: JAMIN TRAKSAKSI ONLINE MUDAH DAN AMAN

(Berita-Bisnis) - Diklaim bermanfaat bagi segmen korporasi, small medium busines bahkan perorangan, PT Nusa Satu Inti Artha resmi memperkenalkan layanan...
MATAHARI DEPARTMENT STORE BUKA GERAI KE-136
BERITA

MATAHARI DEPARTMENT STORE BUKA GERAI KE-136

(Berita-Bisnis) - Besarnya peluang bisnis ritel serta bertambahnya jumlah kelas menengah di wilayah pemasaran Yogyakarta belakangan ini, sepertinya tak luput...
DYANDRA GELAR PAMERAN OTOMOTIF MAKASSAR
BERITA

DYANDRA GELAR PAMERAN OTOMOTIF MAKASSAR

(Berita-Bisnis) - Bila tak ada halangan maka mulai dari tanggal 28 November mendatang hingga tanggal 2 Desember 2012, PT Dyandra...
PERTAMA KALINYA, VINILON RAIH TOP BRAND AWARD
BERITA

PERTAMA KALINYA, VINILON RAIH TOP BRAND AWARD

(Berita-Bisnis) - Kerja keras di bidang marketing dan branding yang dilakoni oleh PT Rusli Vinilon Sakti selama 2 tahun terakhir,...
GANDENG TRIKOMSEL, SAMSUNG BUKA EXPERIENTIAL SHOP PLAZA INDONESIA
BERITA

GANDENG TRIKOMSEL, SAMSUNG BUKA EXPERIENTIAL SHOP PLAZA INDONESIA

(Berita-Bisnis) - Guna memperlebar jaringan pelayanannya, hari ini, PT Samsung Electronics Indonesia resmi mengoperasikan gerai Samsung Experiential Shop di pusat...
GANDENG LANGHAM, MUGIE BALI INDAH LUNCURKAN THE LANGHAM BALI RESORT
BERITA

GANDENG LANGHAM, MUGIE BALI INDAH LUNCURKAN THE LANGHAM BALI RESORT

(Berita-Bisnis) - Siapapun mafhum, sampai saat ini, Bali masih menjadi salah satu pilihan utama bagi pelancong saat berwisata. Itu pula...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia