• BERANDA
  • BERITA
  • DORONG USAHA BERKELANJUTAN, TUNAS RIDEAN KEREK CAR RENTAL

DORONG USAHA BERKELANJUTAN, TUNAS RIDEAN KEREK CAR RENTAL

Optimistis segmen car rental akan mampu tumbuh 20 persen pada 2015. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Jamaknya turbulensi bisnis yang kerap tidak selaras dengan business plan, para pelaku usaha pun dituntut untuk kreatif. Paling tidak, berupaya menghadirkan rencana yang realistis untuk mempertahankan pertumbuhan usaha yang berkelanjutan.

Dalam hal ini, PT Tunas Ridean Tbk -yang bergerak di bidang penjualan beragam merek kendaraan roda empat, car rental, dan pembiayaan kendaraan- tampaknya bisa dijadikan contoh.

Selama tiga bulan pertama 2015, grafik penjualan mobil merek Toyota, BMW, Daihatsu, Peugeot, Honda Motor, dan Isuzu, di berbagai gerai Tunas Ridean diketahui merosot hingga 19 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Ujung-ujungnya, pendapatan secara grup (Tunas Group) pun ikut melemah menjadi hanya Rp 2,5 triliun.

Alhasil, guna memecah kebuntuan tadi, Tunas Ridean lantas mengambil sikap untuk memacu lini bisnis penyewaan kendaraannya hingga akhir tahun nanti.

Kata Tenny Febyana Halim, Direktur Tunas Ridean, potensi bisnis car rental yang diperkirakan bakal semakin berkembang selama tahun ini, menjadi alasan bagi pihaknya untuk fokus di segmen tersebut.

Ditambahkan pula, untuk itu, Tunas Ridean akan menambah unit kendaraan roda empat yang akan disewakan dari 7,461 unit per akhir 2014 menjadi 8,873 unit per akhir tahun nanti.

Di saat yang sama, Tunas Ridean juga telah menyiapkan agenda pembukaan delapan kantor cabang baru, yang terdiri dari satu kantor cabang untuk kendaraan roda empat serta tujuh kantor cabang untuk kendaraan roda dua.

Tunas Ridean menginformasikan, kantor cabang anyar kendaraan roda empat itu kelak berupa gerai BMW yang berlokasi di Balikpapan. Sementara untuk kendaraan roda dua, bakal dibuka, antara lain, di Lampung, Sulawesi Selatan serta di Bangka Belitung.

Dan, bila semuanya berjalan mulus, Tunas Ridean sendiri optimistis segmen car rental akan mampu tumbuh 20 persen pada 2015 alias mampu memberikan kontribusi yang jauh lebih signifikan tinimbang andil yang ditorehkan sepanjang 2014.

Asal tahu saja, sepanjang tahun lalu, lini bisnis penyewaan kendaraan sukses memberikan sumbangan sebanyak Rp 482 miliar terhadap total pendapatan Tunas Ridean yang sebesar Rp 11,02 triliun.

Dalam catatan Berita-Bisnis, kinerja Tunas Ridean di segmen car rental ditopang juga oleh kehadiran anak usahanya yang bernama PT Mandiri Tunas Finance. (BB/as/Luki)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

RS PREMIER BINTARO RILIS TEKNIK MEDIS BARU
BERITA

RS PREMIER BINTARO RILIS TEKNIK MEDIS BARU

(Berita-Bisnis) - Ketatnya persaingan di bisnis rumah sakit belakangan ini sejatinya membuahkan atmosfer yang menggembirakan bagi konsumen. Hal mana tercermin...
HADIRKAN EMPAT VARIAN RASA, NUTRISARI W’DANK MELUNCUR
BERITA

HADIRKAN EMPAT VARIAN RASA, NUTRISARI W’DANK MELUNCUR

(Berita-Bisnis) - Diklaim mengadopsi minuman tradisional khas Indonesia, PT Nutrifood Indonesia resmi memperkenalkan produk baru bernama Nutrisari W'dank. (lebih…)
LEWAT ENJOY TANPA NGILU, GSK DORONG PENJUALAN SENSODYNE
BERITA

LEWAT ENJOY TANPA NGILU, GSK DORONG PENJUALAN SENSODYNE

(Berita-Bisnis) - Bagi GlaxoSmithKline (GSK) Oral Healthcare, kesuksesan program Sensodyne Challenge yang digelar beberapa waktu lalu, tampaknya tidak cukup untuk...
BIDIK PEREMPUAN MUDA, KERASTASE CRISTALLISTE DARI L’OREAL MELUNCUR
BERITA

BIDIK PEREMPUAN MUDA, KERASTASE CRISTALLISTE DARI L’OREAL MELUNCUR

(Berita-Bisnis) - Disebut sebagai kunci rahasia untuk rambut berkilau bagai kristal dan ringan bercahaya, PT L’Oréal Indonesia memperkenalkan produk baru...
GANDENG MONDIAL RISJAD, LOTTERIA BAKAL HADIR DI INDONESIA
BERITA

GANDENG MONDIAL RISJAD, LOTTERIA BAKAL HADIR DI INDONESIA

(Berita-Bisnis) - Dengan menggandeng PT Mondial Risjad Fastama Indonesia, Lotteria -anak usaha Lotte Group yang bergerak di bidang sajian fast...
ZULU ALPHA PAPA RAIH PENGHARGAAN INTERNASIONAL
BERITA

ZULU ALPHA PAPA RAIH PENGHARGAAN INTERNASIONAL

(Berita-Bisnis) - Usaha yang bisa tumbuh -baik dalam kondisi normal maupun saat turbulensi- tentulah merupakan harapan dari para pebisnis manapun....

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia