NWP RETAIL KEMBANGKAN THE PARK SEMARANG

Kelak memiliki gross floor area lebih dari 70 ribu meter persegi. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Tak dapat disangkal, keputusan PT Nirvana Development Tbk untuk merangkul perusahaan ekuitas swasta global Warburg Pincus LLC -yang kemudian melahirkan anak usaha PT Nirvana Wastu Pratama- medio April empat tahun silam, sesungguhnya merupakan langkah yang sangat strategis.

Bagaimana tidak, sejak saat itu, langkah ekspansi Nirvana Wastu Pratama -populer dengan label NWP Retail- di arena bisnis pusat perbelanjaan di pasar domestik, seolah tak terbendung.

Ambil contoh, pertengahan tahun 2016. Kala itu, lewat dua lini bisnisnya PT Nirvana Wastu Pradana dan PT Nirvana Wastu Utama, NWP Retail mengakuisisi Supermall Cianjur serta Supermall Sukabumi milik PT Griya Pesona Mentari.

Masih di tahun yang sama serta di Sumatera Selatan, NWP Retail meluncurkan dua pusat perbelanjaan anyar, yakni Citimall Baturaja dan Citimall Lahat.

Pada tahun 2017, NWP Retail kembali menggelar aksi akuisisi dengan mengambilalih kepemilikan Gorontalo Mall dan Maqna Hotel Gorontalo yang berada dalam naungan PT Primerindo Kencana.

Setelahnya, NWP Retail merilis Citimall Prabumulih yang diklaim sebagai pusat perbelanjaan modern pertama di Prabumulih, Sumatera Selatan. Tepatnya, pada Februari 2018.

Alhasil, berkat langkah-langkah ekspansi tadi, tak kurang dari 15 mal sudah berada dalam naungan NWP Retail, hingga akhir Juli tahun lalu, dengan sebaran utama di area komersil Jawa Barat, yakni Cirebon Super Block Mall, Citimall Cianjur, Citimall Sukabumi, dan Plaza Jembatan Merah Bogor.

Di saat yang sama, NWP Retail menghadirkan masing-masing tiga mal di Sumatera Selatan (Citimall Lahat, Citimall Baturaja, Citimall Prabumulih) serta di Kalimantan Tengah (Citimall Pangkalan Bun, Citimall Sampit, Citimall Kuala Kapuas).

Selebihnya, sampai pertengahan 2018, NWP Retail juga mengendalikan The Park Mall Solo (Jawa Tengah) dan Citimall Ketapang (Kalimantan Barat).

Plus, NWP Retail pun menaungi Kutabumi Junction Tangerang, Gorontalo Mall yang bersalin rupa menjadi Citimall Gorontalo, serta Palu Grand Mall (Sulawesi Tengah), seusai mengakuisisi 68 persen saham PT Palu Graha Sejahtera, pengembang Palu Grand Mall, pada awal medio Mei tahun lalu.

Ke depan, bila tak ada aral melintang, portofolio pusat perbelanjaan NWP Retail dipastikan bertambah seiring rencana peluncuran The Park Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Buktinya, seperti tertera di laman resminya, NWP Retail berniat membuka pusat ritel anyar seluas 45,700 meter persegi yang terletak di kawasan Jalan Cinangka Raya, Sawangan, itu, pada akhir 2019.

Sedangkan, pada pekan ini, NWP Retail terlebih dahulu menyelenggarakan seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) The Park Semarang, Jawa Tengah.

NWP Retail mengabarkan, mixed-use project The Park Semarang -sebagaimana tercantum di laman resminya- kelak memiliki gross floor area lebih dari 70 ribu meter persegi serta diramaikan dengan kehadiran hotel bintang empat.

Dan, lebih dari itu, grand opening pusat perbelanjaan baru tersebut pun diproyeksikan bakal dilaksanakan pada medio September 2020.

Patut diketahui, pembangunan The Park Semarang yang berada di bilangan Jalan Madukoro Raya, Semarang, tak lepas dari kerjasama yang terjalin di antara NWP Retail dengan PT Putra Wahid Land, yang dikenal luas sebagai pengembang Cibinong City Mall, Bogor.

Berita-Bisnis mencatat, selain berencana menghadirkan The Park Semarang, NWP Retail juga memiliki agenda peluncuran Citimall Bondowoso (Jawa Timur) dan Citimall Bontang, Kalimantan Timur, di masa mendatang.

Plus, berniat mengembangkan lini bisnis hospitality-nya melalui pembangunan 14 hotel anyar di berbagai lokasi utama di Indonesia, yang bakal direalisasikan lewat kolaborasi yang telah dirangkai dengan Archipelago International, pada tahun lalu. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

MITRA KOMUNIKASI RILIS CYRUS LOVE QURAN TAB 3G
BERITA

MITRA KOMUNIKASI RILIS CYRUS LOVE QURAN TAB 3G

(Berita-Bisnis) - Memanfaatkan momentum bulan Ramadhan tahun ini, PT Mitra Komunikasi Nusantara, produsen tablet Cyrus, resmi memperkenalkan Love Quran Tab...
APRIL, UNIQLO SUMMARECON MAL SERPONG DIBUKA
BERITA

APRIL, UNIQLO SUMMARECON MAL SERPONG DIBUKA

(Berita-Bisnis) - Awal April mendatang, Uniqlo dipastikan bakal membuka gerai barunya di Summarecon Mal Serpong, Tangerang. (lebih…)
PRUDENTIAL RANGKUL PREMIER HOSPITAL GROUP KE DALAM PRUMEDICAL NETWORK
BERITA

PRUDENTIAL RANGKUL PREMIER HOSPITAL GROUP KE DALAM PRUMEDICAL NETWORK

(Berita-Bisnis) - Terealisasinya layanan berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan konsumen/nasabah/pelanggan memang menjadi idaman bagi korporasi. (lebih…)
BIDIK SEGMEN BUDGET, PARADOR HOTELS RILIS MEREK STARLET HOTELS
BERITA

BIDIK SEGMEN BUDGET, PARADOR HOTELS RILIS MEREK STARLET HOTELS

(Berita-Bisnis) - Seiring merebaknya bisnis hospitality management belakangan ini, PT Paramount Propertindo pun sepertinya tak ingin ketinggalan kereta. (lebih…)
SRIBOGA USUNG MARUGAME UDON KE SURABAYA
BERITA

SRIBOGA USUNG MARUGAME UDON KE SURABAYA

(Berita-Bisnis) - Saat membuka gerai perdana Marugame Udon di Taman Anggrek Mall, Jakarta Barat, medio Februari tahun lalu, PT Sriboga...
GENJOT PENJUALAN, FAST FOOD INDONESIA RANGKUL UNGU
BERITA

GENJOT PENJUALAN, FAST FOOD INDONESIA RANGKUL UNGU

(Berita-Bisnis) - Kesuksesan strategi penjualan bundling CD artis-artis top Indonesia yang telah dilakukan sejak tahun 2006, kembali diterapkan oleh PT...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia