TEMBAKAU PTPN X RAMBAH CHINA

Memproyeksikan total ekspor tembakau cerutu bakal mencapai 1.685 ton. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Menyusul kesuksesan ekspor tembakau cerutu sebanyak kurang lebih 634 ton ke kawasan Eropa dan Amerika Serikat selama semester pertama tahun ini, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X (Persero) pun berencana memperluas lahan pembudidayaan tembakau cerutunya menjadi 1.325 hektar.

Di sisi lain, hal itu juga dilakukan berkaitan dengan ekspansi yang membidik pasar di China.

Menurut M. Cholidi, Sekretaris Perusahaan PTPN X, realisasi perluasan lahan tersebut bakal dilaksanakan hingga akhir tahun nanti.

Ditambahkan, nilai ekspor 634 ton tembakau cerutu ke Eropa dan Amerika Serikat mencapai Rp 97,29 miliar yang bersumber dari pembudidayaan komoditas tembakau seluas 1.296 hektar yang terletak di Jember dan Bojonegoro (Jawa Timur) dan di Klaten, Jawa Tengah.

PTPN X menegaskan, ekspor di atas dilakukan sendiri dan langsung menuju ke perusahaan cerutu di kawasan Eropa tanpa melalui Balai Lelang Bremen, Jerman. Dan, total ekspor tersebut lebih tinggi dari target semula yang dipatok pada angka 439,24 ton.

Adapun hingga akhir medio Desember mendatang, PTPN X memproyeksikan total ekspor tembakau cerutu bakal mencapai 1.685 ton dengan nilai pendapatan sebanyak Rp 296,464 miliar.

Seperti diketahui, selain memproduksi tembakau, PTPN X yang berbasis di Surabaya, sesungguhnya dikenal luas sebagai badan usaha milik negara yang mengelola 11 pabrik gula yang berlokasi di Jawa Timur.

Per akhir tahun lalu, PTPN X berhasil merealisasikan produksi gula sebanyak 494 ribu dan sepanjang tahun ini diprediksi bakal mampu meningkatkan hasil produksi gulanya menjadi 500 ribu ton.

Masih di saat yang sama, PTPN X sukses membukukan pendapatan sebesar Rp 2,1 triliun. Dari jumlah tersebut, kontribusi tembakau diketahui menempati posisi kedua setelah gula. Sampai tutup tahun nanti, PTPN X berupaya meraih pendapatan sebanyak Rp 2,5 triliun. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

BUILDING MANAGEMENT CONFERENCE
EVENT

BUILDING MANAGEMENT CONFERENCE

KIAT MENGELOLA GEDUNG YANG EFEKTIF UNTUK KEAMANAN, KEBERSIHAN DAN KENYAMANANBy PT INTIPESAN PARIWARA (lebih…)
PTPN VIII BUKA WALINI CAFE DI LOTTE MART GANDARIA CITY
BERITA

PTPN VIII BUKA WALINI CAFE DI LOTTE MART GANDARIA CITY

(Berita-Bisnis) - Apresiasi tinggi tampaknya pantas untuk diberikan kepada PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII, BUMN sektor perkebunan yang berbasis di...
TINGKATKAN TABUNGAN, BANK EKONOMI LANSIR ENTENG UNTUNG EKONOMI
BERITA

TINGKATKAN TABUNGAN, BANK EKONOMI LANSIR ENTENG UNTUNG EKONOMI

(Berita-Bisnis) - Melanjutkan kesuksesan program Double Cash yang dilangsungkan tahun lalu, PT Bank Ekonomi Raharja Tbk (Bank Ekonomi) kembali menggelar...
SELURUH UNIT SAVERIA BSD CITY HABIS TERJUAL
BERITA

SELURUH UNIT SAVERIA BSD CITY HABIS TERJUAL

(Berita-Bisnis) - Tak lama lagi, Sinar Mas Land -melalui anak usahanya PT Bumi Serpong Damai Tbk.- akan melansir secara resmi...
BEST WESTERN GELAR SOFT OPENING BEST WESTERN KINDAI HOTEL BANJARMASIN
BERITA

BEST WESTERN GELAR SOFT OPENING BEST WESTERN KINDAI HOTEL BANJARMASIN

(Berita-Bisnis) - Seusai membuka Best Western Kamala Jimbaran yang berada di bilangan Jalan Raya Uluwatu, Jimbaran, Bali, pada medio Desember...
LEWAT DREAM BIG CHALLENGE, 3M DORONG PENJUALAN POST-IT
BERITA

LEWAT DREAM BIG CHALLENGE, 3M DORONG PENJUALAN POST-IT

(Berita-Bisnis) - Dalam rangka memelihara brand awareness Post-it di benak kaum muda yang menjadi target pasarnya sekaligus untuk mendorong penjualan...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia