TEMBAKAU PTPN X RAMBAH CHINA

Memproyeksikan total ekspor tembakau cerutu bakal mencapai 1.685 ton. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Menyusul kesuksesan ekspor tembakau cerutu sebanyak kurang lebih 634 ton ke kawasan Eropa dan Amerika Serikat selama semester pertama tahun ini, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X (Persero) pun berencana memperluas lahan pembudidayaan tembakau cerutunya menjadi 1.325 hektar.

Di sisi lain, hal itu juga dilakukan berkaitan dengan ekspansi yang membidik pasar di China.

Menurut M. Cholidi, Sekretaris Perusahaan PTPN X, realisasi perluasan lahan tersebut bakal dilaksanakan hingga akhir tahun nanti.

Ditambahkan, nilai ekspor 634 ton tembakau cerutu ke Eropa dan Amerika Serikat mencapai Rp 97,29 miliar yang bersumber dari pembudidayaan komoditas tembakau seluas 1.296 hektar yang terletak di Jember dan Bojonegoro (Jawa Timur) dan di Klaten, Jawa Tengah.

PTPN X menegaskan, ekspor di atas dilakukan sendiri dan langsung menuju ke perusahaan cerutu di kawasan Eropa tanpa melalui Balai Lelang Bremen, Jerman. Dan, total ekspor tersebut lebih tinggi dari target semula yang dipatok pada angka 439,24 ton.

Adapun hingga akhir medio Desember mendatang, PTPN X memproyeksikan total ekspor tembakau cerutu bakal mencapai 1.685 ton dengan nilai pendapatan sebanyak Rp 296,464 miliar.

Seperti diketahui, selain memproduksi tembakau, PTPN X yang berbasis di Surabaya, sesungguhnya dikenal luas sebagai badan usaha milik negara yang mengelola 11 pabrik gula yang berlokasi di Jawa Timur.

Per akhir tahun lalu, PTPN X berhasil merealisasikan produksi gula sebanyak 494 ribu dan sepanjang tahun ini diprediksi bakal mampu meningkatkan hasil produksi gulanya menjadi 500 ribu ton.

Masih di saat yang sama, PTPN X sukses membukukan pendapatan sebesar Rp 2,1 triliun. Dari jumlah tersebut, kontribusi tembakau diketahui menempati posisi kedua setelah gula. Sampai tutup tahun nanti, PTPN X berupaya meraih pendapatan sebanyak Rp 2,5 triliun. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

BLISS GROUP KEMBANGKAN BLISS VILLAGE AMBON
BERITA

BLISS GROUP KEMBANGKAN BLISS VILLAGE AMBON

(Berita-Bisnis) - Kiprah Bliss Group Inc. di pentas bisnis properti di Ambon tampaknya semakin kokoh dengan rencana pengembangan tahap ketiga...
GENJOT CLEAR, UNILEVER GELAR KAMPANYE DAN GANDENG BRAND AMBASSADOR BARU
BERITA

GENJOT CLEAR, UNILEVER GELAR KAMPANYE DAN GANDENG BRAND AMBASSADOR BARU

(Berita-Bisnis) - Dalam rangka memacu penjualan produk sampo Clear Ice Cool Menthol, PT Unilever Indonesia Tbk melangsungkan kampanye Clear Cool...
SETAHUN LAGI, CHANDRA ASRI OPERASIKAN PABRIK BUTADIENE PERTAMA DI INDONESIA
BERITA

SETAHUN LAGI, CHANDRA ASRI OPERASIKAN PABRIK BUTADIENE PERTAMA DI INDONESIA

(Berita-Bisnis) - Pada tahun 2013, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. akan memulai pengoperasian pabrik butadiene pertama di Indonesia. Pabrik butadiene...
PARKSON KEDUA DIBUKA DI LIPPO MAL PURI
BERITA

PARKSON KEDUA DIBUKA DI LIPPO MAL PURI

(Berita-Bisnis) - Ambisi Parkson Retail Asia Limited untuk meramaikan pentas bisnis department store di Indonesia tampaknya tidak main-main. (lebih…)
SOYJOY HADIRKAN DOKTER DIABETES
BERITA

SOYJOY HADIRKAN DOKTER DIABETES

(Berita-Bisnis) - Komitmen PT Amerta Indah Otsuka untuk lebih mengedepankan manfaat nutrisi yang dikandung oleh Soyjoy, snack besutannya, sepertinya tidak...
TAUZIA HOTEL MANAGEMENT OPERASIKAN HOTEL HARRIS BATAM CENTER
BERITA

TAUZIA HOTEL MANAGEMENT OPERASIKAN HOTEL HARRIS BATAM CENTER

(BeritaBisnis) - Setelah sukses mengelola Harris Resort Waterfront Batam, Tauzia Hotel Management kembali menambah jaringannya dengan mengoperasikan Harris Hotel Batam...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia