GARAP PELUANG, PANASONIC RILIS BATERAI BEBAS TIMBAL

Merupakan baterai pertama yang ramah lingkungan. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Diklaim sebagai baterai yang bebas dari timbal, PT Panasonic Gobel Indonesia -lewat unit usaha baterainya PT Panasonic Gobel Energy Indonesia- resmi memperkenalkan produk barunya berupa baterai AAA, khusus untuk remote control.

Di sisi lain, produk yang sama juga disebut telah menggunakan konstruksi metal jacket yang berfungsi meminimalisir kebocoran. Dengan demikian, baterai AAA merek Panasonic (kelas battery solutions) aman sekaligus dapat bertahan lama.

Kata Rika Novita, Product Manager Battery Panasonic Gobel Indonesia, baterai AAA Panasonic remote control yang dibanderol seharga Rp 10 ribu/pack (isi empat baterai) itu merupakan baterai manganese pertama yang ramah lingkungan.

Ditambahkan pula, lewat produk tadi, Panasonic Gobel Energy Indonesia juga terhitung sebagai perusahaan baterai pertama di Indonesia yang mengembangkan inovasi baterai tanpa zat timbal.

Adapun jauh sebelumnya, persisnya sejak 1991 dan 1998, baterai lain keluaran Panasonic Gobel Energy Indonesia (di luar baterai AAA remote control) sudah bebas dari kandungan merkuri dan kadmiun.

Panasonic Gobel Indonesia menginformasikan, hingga saat ini, Panasonic Gobel Energy Indonesia mengoperasikan pabrik baterai yang terletak di Kawasan Industri Gobel, Cikarang, Bekasi, dengan kapasitas produksi mencapai 1,3 miliar pieces per tahun.

Dan, asal tahu saja, pabrik tersebut menghasilkan baterai jenis mangan dalam beberapa ukuran, seperti D, C serta AA. Sementara baterai ukuran AAA yang khusus untuk remote control, baru diproduksi sejak tahun lalu.

Maklumlah, hal ini tak lepas dari perhitungan Panasonic Gobel Indonesia sendiri, yang memperkirakan bahwa permintaan terhadap produk baterai AAA khusus remote control akan membengkak, seiring berkembangnya pasar televisi di Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini.

Paling tidak, kebutuhan akan produk baterai tersebut bisa mencapai tiga miliar unit per tahun, dengan asumsi setiap unit televisi menggunakan dua baterai AAA selama satu tahun.

Panasonic Gobel Indonesia optimis, dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, baterai AAA remote control itu -bebas zat timbal, kandungan merkuri dan kadmiun- bakal mampu meningkatkan kontribusinya terhadap grafik penjualan baterai secara total menjadi 30 persen, sepanjang tahun ini.

Patut diketahui juga, menyusul perkenalan baterai AAA Panasonic remote control, Panasonic Gobel Energy Indonesia pun menambah fasilitas produksi baru di pabrik yang berlokasi di Kawasan Industri Gobel.

Berita-Bisnis mencatat, sampai saat ini, sekitar 85 persen baterai hasil produksi Panasonic Gobel Energy Indonesia disediakan untuk kebutuhan ekspor ke 58 negara di lima benua. Sementara sisanya dijajakan di pasar domestik. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

COMMIT BESUTAN COMMONWEALTH LIFE LARIS MANIS
BERITA

COMMIT BESUTAN COMMONWEALTH LIFE LARIS MANIS

(Berita-Bisnis) - Strategi PT Commonwealth Life yang menawarkan produk asuransi dengan premi senilai Rp 10 ribu dengan masa pertanggungan selama...
ZURI HOTEL MANAGEMENT LUNCURKAN ZURI EXPRESS HOTEL JIMBARAN
BERITA

ZURI HOTEL MANAGEMENT LUNCURKAN ZURI EXPRESS HOTEL JIMBARAN

(Berita-Bisnis) - Seperti yang telah direncanakan, Zuri Hotel Management akhirnya resmi menambah portofolionya di Bali. Persisnya, pada pekan terakhir April...
KYRIAD GELAR SOFT OPENING KYRIAD MURAYA HOTEL ACEH
BERITA

KYRIAD GELAR SOFT OPENING KYRIAD MURAYA HOTEL ACEH

(Berita-Bisnis) - Seperti yang telah direncanakan, manajemen perhotelan Kyriad Hotel Indonesia akhirnya resmi menambah portofolionya di ranah bisnis hospitality di...
DONGKRAK TABUNGAN, DANAMON INCAR MAHASISWA
BERITA

DONGKRAK TABUNGAN, DANAMON INCAR MAHASISWA

(Berita-Bisnis) - Guna menyasar nasabah baru dari segmen mahasiswa, PT Bank Danamon Indonesia Tbk menggelar Danamon Lebih Goes to Campus...
HOTEL NEO HADIR DI SEMARANG
BERITA

HOTEL NEO HADIR DI SEMARANG

(Berita-Bisnis) - Setelah menghadirkan dua Hotel NEO di Jakarta dan satu di Legian, Bali, manajemen perhotelan Archipelago International resmi mengoperasikan...
INCAR 70 RIBU UNIT, HONDA BANGUN PABRIK Rp 3,1 TRILIUN
BERITA

INCAR 70 RIBU UNIT, HONDA BANGUN PABRIK Rp 3,1 TRILIUN

(Berita-Bisnis) - Dalam agenda bisnis Honda, Indonesia ditempatkan sebagai salah satu wilayah pemasaran yang sangat prospektif. Itu sebabnya, melalui PT...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia