• BERANDA
  • BERITA
  • LEWAT AKUISISI, MINOR INTERNATIONAL PERDALAM PENETRASI

LEWAT AKUISISI, MINOR INTERNATIONAL PERDALAM PENETRASI

Memperluas layanannya di pasar Eropa. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Guna mencapai kinerja yang meyakinkan, sah-sah saja bagi pelaku usaha -termasuk di ranah bisnis hospitality– untuk menempuh strategi pertumbuhan anorganik.

Selain dapat menggenjot pendapatan, strategi itu juga memungkinkan pebisnis untuk memperluas asetnya, sekaligus bisa merambah pasar yang baru dengan cepat.

Sebuah kondisi yang tampaknya dicermati dengan seksama oleh AccorHotels. Buktinya, manajemen perhotelan global yang berasal dari Perancis ini, telah resmi mengambilalih Movenpick Hotels & Resorts, baru-baru ini.

Dan, oleh AccorHotels sendiri, seperti dikutip www.travelweekly.com, aksi akuisisi tersebut diyakini bakal semakin melambungkan merek AccorHotels dan Movenpick Hotels & Resorts di pasar Eropa.

Tak terkecuali, akselerasi kedua brand itu di pasar-pasar berkembang, seperti Timur Tengah, Afrika, dan Asia Pasifik, diperkirakan bakal semakin melaju di masa mendatang.

AccorHotels juga optismis, bergabungnya Movenpick Hotels & Resorts dipastikan memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan pendapatannya sejak dari tahun pertama.

Adapun yang terbaru, aksi sejenis ternyata dilakoni juga oleh Minor International PCL (Minor International) yang bermarkas di Thailand.

Buktinya, manajemen perhotelan yang merilis merek Anantara, AVANI, Oaks, Tivoli, dan Elewana, ini melansir sebuah pengumuman penting bagi pertumbuhan usahanya di kemudian hari, yakni mengakuisisi 30 juta lembar saham NH Hotel Group/NH Hotel Group SA.

Kata CEO Minor Hotels, Dillip Rajakarier, sebagaimana dikutip www.hotelbusiness.com, investasi senilai $225 juta tersebut merupakan tonggak penting bagi pihaknya untuk berkiprah lebih jauh di pasar Eropa.

Dijelaskan pula, investasi tadi setara 8,6 persen saham kepemilikan Minor International di manajemen perhotelan yang berbasis di Madrid, Spanyol, tersebut.

Dan, lebih dari itu, aksi akuisisi ini pun sejatinya tak lepas dari status NH Hotel Group, yang saat ini dikenal luas sebagai jaringan hotel terbesar ke-6 di pasar Eropa, lewat pengelolaan 382 hotel dan resor berkapasitas 59,350 kamar yang tersebar di 30 negara, baik di Eropa, Amerika, maupun di kawasan Afrika.

Plus, dalam pengamatan Minor International sendiri, penetrasi NH Hotel Group diperkirakan bakal semakin menguat di masa mendatang, terutama di empat klaster utama, yaitu di Spanyol, Benelux, Central Europe, dan Italia.

Termasuk, kemampuan NH Hotel Group meningkatkan efisiensi operasionalnya dalam beberapa tahun terakhir, menjadi pertimbangan penting bagi Minor International untuk merangkul operator hotel global yang merilis merek nh COLLECTION Hotels, NH Hotels, nhow Hotels, dan Hesperia Resorts itu.

Patut juga diketahui, dengan mengusung misi serupa, NH Hotel Group pun sesungguhnya telah mengakuisisi Tivoli Hotels & Resorts, dua tahun silam.

Dan, asal tahu saja, manajemen yang bermarkas di Lisbon, Portugal, ini digandeng guna memperlebar layanan Minor International di Portugal dan Brasil.

Berita-Bisnis mencatat, rekam jejak Minor International di pasar domestik, dimulai dengan mengoperasikan Anantara Seminyak Bali Resort & Spa yang dikembangkan PT Seminyak Suite Development.

Setelah itu, Minor International memperoleh kepercayaan dari Tiara Resorts Group (PT Saraswati Griya Lestari Tbk) untuk mengelola Anantara Bali Uluwatu Resort & Spa, resor mewah yang berdiri di atas lahan seluas 1,7 hektar dan terletak di bilangan Jalan Pemutih, Labuan Sait, Uluwatu, Kuta Selatan, Badung, Bali.

Selain menghadirkan Anantara Bali Uluwatu Resort & Spa, Tiara Resorts Group sendiri sampai saat ini sudah melansir Best Western Kuta Beach, Saraswati Borobudur Boutique Hotel, The Westin Resort & Spa Ubud, dan The Sarasvati a Luxury Collection Resort Seminyak.

Lantas, jika tak ada halangan, Minor International berencana mengelola Anantara Ubud Bali, buah kerjasamanya dengan PT Wijaya Karya Realty, yang disepakati pada medio Februari 2016.

Portofolio baru ini direncanakan memuat 70 kamar dengan beragam fasilitas serta diproyeksikan beroperasi pada tahun depan. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

JARING NASABAH BARU, CITIBANK GELAR UNDIAN BERHADIAH
BERITA

JARING NASABAH BARU, CITIBANK GELAR UNDIAN BERHADIAH

(Berita-Bisnis) - Bisa dipastikan, persaingan bisnis kartu kredit bakal semakin ketat di masa mendatang, seiring aksi Citibank Indonesia yang menyediakan...
SONY PERKENALKAN WALKMAN TAHAN AIR
BERITA

SONY PERKENALKAN WALKMAN TAHAN AIR

(Berita-Bisnis) - Dengan desain kompak, ringan, dan tahan air, PT Sony Indonesia memperkenalkan Walkman Sport MP3 Player (NWZ-sW270) yang diarahkan...
COFFEE TOFFEE GELAR KAMPANYE CTaCT
BERITA

COFFEE TOFFEE GELAR KAMPANYE CTaCT

(Berita-Bisnis) - Diklaim sebagai wujud kepedulian terhadap upaya penyelamatan bumi lewat pengurangan pemakaian paper cup, PT Coffee Toffee Indonesia resmi...
SAAT INI, 57 STUDIO NUSANTARA SEJAHTERA RAYA BEROPERASI DI 13 TRANSMART DAN TSM
BERITA

SAAT INI, 57 STUDIO NUSANTARA SEJAHTERA RAYA BEROPERASI DI 13 TRANSMART DAN TSM

(Berita-Bisnis) - Medio Juni, dua tahun silam, PT Nusantara Sejahtera Raya -pengelola gerai bioskop Cinema 21/Cinema XXI, The Premiere, IMAX-...
LEWAT 31 SUDIRMAN SUITES, THE PARADISE GROUP HADIR DI MAKASSAR
BERITA

LEWAT 31 SUDIRMAN SUITES, THE PARADISE GROUP HADIR DI MAKASSAR

(Berita-Bisnis) - Sejak memulai jejaknya di pentas bisnis properti pada tahun 2002, PT Indonesian Paradise Property Tbk sejatinya memiliki 'gaya'...
ULANG KESUKSESAN BAN TERDAHULU, BRIDGESTONE LUNCURKAN BAN DUELER M/T 674
BERITA

ULANG KESUKSESAN BAN TERDAHULU, BRIDGESTONE LUNCURKAN BAN DUELER M/T 674

(Berita-Bisnis) - Dengan mengedepankan beragam keunggulan yang dimiliki, PT Bridgestone Tire Indonesia resmi meluncurkan ban baru Mud Terrain Dueler M/T...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia