PABRIK BARU FURUKAWA PERKETAT PERSAINGAN BISNIS AKI

Memiliki kapasitas produksi lebih dari 1 juta unit aki per tahun. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Sulit untuk disangkal, mulai tahun ini, aroma persaingan di pentas bisnis baterai otomotif (aki) bakal semakin ketat.

Pasalnya, pabrik aki milik PT Furukawa Indomobil Battery Manufacturing yang terletak di kawasan industri Bukit Indah, Purwakarta, telah resmi beroperasi hari ini.

Dan, asal tahu saja, pabrik yang menelan dana investasi sebesar Rp 600 miliar itu memiliki kapasitas lebih dari 1 juta unit aki per tahun.

Kata Shunji Ishizaki, Presiden Direktur Furukawa Indomobil Battery Manufacturing, bila tak ada halangan, aki buatan pabriknya bakal mulai dipasarkan medio April mendatang.

Dijelaskan pula, aki hasil produksi Furukawa Indomobil Battery Manufacturing Bukit Indah adalah tipe lead-acid battery yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Lebih dari itu, aki tadi juga diklaim sudah dilengkapi dengan teknologi Anti-Explode Vent Plug yang mampu menjamin keselamatan penggunanya.

Dalam catatan Berita-Bisnis, kehadiran Furukawa Indomobil Battery Manufacturing Bukit Indah seluas 6,6 hektar sesungguhnya tak lepas dari usaha The Furukawa Battery Co. Ltd. yang bermarkas di Yokohama, Jepang, dan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk untuk menggarap potensi bisnis aki di pasar domestik.

Maklumlah, hingga saat ini, permintaan terhadap beragam produk komponen otomotif -termasuk aki- di Indonesia masih merupakan salah satu yang tertinggi di kawasan Asia.

Itu pula sebabnya, via anak usahanya PT Central Sole Agency, Indomobil Sukses International bersama The Furukawa Battery Co. Ltd. lantas membentuk perusahaan patungan dengan nama Furukawa Indomobil Battery Manufacturing.

Di perusahaan baru ini, The Furukawa Battery Co. Ltd. menguasai 51 persen saham. Adapun sisanya digenggam oleh Indomobil Sukses International.

Perlu diketahui juga, dalam hal pemasarannya yang mengandalkan kurang lebih 8 ribu gerai yang bernaung di dalam jaringan penjualan Indomobil Sukses International, aki keluaran Furukawa Indomobil Battery Manufacturing Bukit Indah itu bakal ditangani oleh PT Furukawa Indomobil Battery Sales.

Bersamaan dengan itu, aki buatan Furukawa Indomobil Battery Manufacturing Bukit Indah pun diproyeksikan akan digunakan pada berbagai kendaraan yang dirakit serta didistribusikan oleh Indomobil Sukses International.

Di pasar domestik, aki Furukawa selama ini didatangkan dari Siam Furukawa Co. Ltd. Thailand dan bersaing dengan beberapa merek, seperti GS Astra dan Incoe yang dijajakan oleh PT Astra Otoparts Tbk serta Yuasa yang ditawarkan PT Yuasa Battery Indonesia. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

BISNIS APOTEK, DARI RAKSASA HINGGA PEMULA
DATA BISNIS

BISNIS APOTEK, DARI RAKSASA HINGGA PEMULA

(BeritaBisnis) - Seandainya anda dihadapkan dengan pertanyaan, apotek manakah yang buka selama 24 jam? Bisa jadi gampang menjawabnya. Pasalnya, di...
GUDANG GARAM OPERASIKAN SURYA AIR SEJAK TAHUN LALU
BERITA

GUDANG GARAM OPERASIKAN SURYA AIR SEJAK TAHUN LALU

(Berita-Bisnis) - Selain untuk menunjang mobilitas bisnis sendiri, meningkatnya permintaan dari pihak ketiga untuk memanfaatkan jasa angkutan helikopter menjadi alasan...
NIRVANA BUKA CITIMALL KEDUA DI SUMATERA SELATAN
BERITA

NIRVANA BUKA CITIMALL KEDUA DI SUMATERA SELATAN

(Berita-Bisnis) - Provinsi Sumatera Selatan sepertinya merupakan wilayah pemasaran yang menjanjikan dalam radar bisnis PT Nirvana Wastu Pratama, pengelola pusat...
SHARP PERKENALKAN PLASMACLUSTER HAIRDRYER
BERITA

SHARP PERKENALKAN PLASMACLUSTER HAIRDRYER

(Berita-Bisnis) - Dengan mengusung teknologi plasmacluster yang mampu menghasilkan ion positif dan ion negarif yang memungkinkan rambut menjadi lembab dan...
ASTRA CREDIT COMPANY BUKA KANTOR KE-70 DI BANDAR JAYA
BERITA

ASTRA CREDIT COMPANY BUKA KANTOR KE-70 DI BANDAR JAYA

(Berita-Bisnis) - Kendati kondisi ekonomi pada tahun depan diprediksi bakal jauh lebih stabil, toh Astra Credit Company -anak usaha Astra...
SERAH TERIMA SUMATRA36 SURABAYA BAKAL DILAKUKAN AWAL 2014
BERITA

SERAH TERIMA SUMATRA36 SURABAYA BAKAL DILAKUKAN AWAL 2014

(Berita-Bisnis) - Seiring tingginya permintaan masyarakat Surabaya terhadap unit apartemen, baik untuk hunian maupun sebagai sarana investasi, PT Intiland Development...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia