PABRIK KEDUA TOPANG EKSPANSI BISNIS KAO INDONESIA

Menghasilkan produk deterjen, pembalut wanita serta popok bayi sekali pakai merek Merries yang selama ini masih diimpor dari Jepang. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Ambisi PT Kao Indonesia untuk mencetak angka penjualan yang lebih banyak lagi di arena bisnis popok bayi sekali pakai di pasar domestik, sepertinya bakal segera terwujud.

Terutama setelah hari ini, Kao Indonesia resmi mengoperasikan pabrik barunya yang terletak di dalam kawasan industri Karawang International Industry City, Karawang, Jawa Barat.

Pabrik senilai US$ 128 juta itu (termasuk lahan dan fasilitas baru) tercatat dibangun selama kurang lebih satu tahun delapan bulan serta akan menghasilkan produk deterjen, pembalut wanita serta popok bayi sekali pakai merek Merries yang selama ini masih diimpor dari Jepang.

Kata Michio Koike, Presiden Direktur Kao Indonesia, luas pabrik anyar ini 1,6 kali lebih besar ketimbang pabrik pertama milik Kao Indonesia yang telah beroperasi di Kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat.

Ditambahkan pula, pabrik Kao Karawang International Industry City yang berdiri di atas lahan seluas 140 ribu meter persegi tersebut bakal memiliki posisi istimewa lantaran diproyeksikan sebagai basis produksi, baik untuk pasar domestik maupun pasar kawasan Asia.

Dalam catatan Berita-Bisnis, Kao Indonesia menawarkan popok bayi sekali pakai Merries sejak dua tahun silam serta diklaim sebagai popok sekali pakai yang mempunyai beragam keunggulan. Salah satunya adalah memiliki alarm yang berfungsi sebagai pengingat waktu untuk pergantian popok.

Di sisi lain, Merries juga disebut memiliki daya serap tinggi dan sirkulasi udara yang baik yang membuat kulit bayi akan lebih terjaga dan tidak lembab.

Popok bayi sekali pakai Merries sendiri dipasarkan dalam dua tipe, yakni tape yang mengincar bayi baru lahir maupun tipe pants (celana) untuk kebutuhan anak kecil.

Patut diketahui, di pentas bisnis diapers segmen bayi dan anak, Merries berupaya mengimbangi keperkasaan Mamy Poko besutan PT Unicharm Indonesia yang pada tahun 2012 sudah menguasai hampir 70 persen pasar popok bayi di Indonesia.

Adapun di bisnis pembalut wanita, Kao Indonesia yang merilis brand Laurier tampak bersaing keras dengan lebih 15 merek produk pembalut wanita, antara lain, Softex, Charm, Hers Protect, Kotex, Honeysoft, dan Whisper. 

Sementara itu, di ranah bisnis deterjen, Attack yang ditawarkannya ‘bertempur’ dengan Wings, Ekonomi, Daia, So Klin, Ekstra Aktif, dan Cemerlang yang diproduksi oleh Wings Group maupun Rinso keluaran PT Unilever Indonesia Tbk.

Sekedar mengingatkan saja, ketika proses pembangunan pabrik Kao Karawang International Industry City sedang berlangsung, sister company-nya yang bernama PT Kao Indonesia Chemicals sejatinya juga sedang membangun pabrik kimia anyar yang memproduksi surfactants (material untuk produk toiletries) dan beragam produk kimia lainnya yang merupakan bahan baku bagi Kao Indonesia.

Itu berarti, upaya Kao Indonesia yang menginginkan operasionalisasi produksi yang efisien diperkirakan dapat tercapai karena hadirnya suplai bahan baku dari Kao Indonesia Chemicals. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

BERBEKAL RP 650 MILIAR, GRAHA LAYAR PRIMA PERKOKOH PENETRASI CGV BLITZ
BERITA

BERBEKAL RP 650 MILIAR, GRAHA LAYAR PRIMA PERKOKOH PENETRASI CGV BLITZ

(Berita-Bisnis) - Rencana PT Graha Layar Prima Tbk untuk memperkuat posisinya di arena bisnis bioskop di pasar domestik via penambahan...
JALUR NUGRAHA EKAKURIR BENAHI INFRASTRUKTUR IT DEMI KEMUDAHAN PELANGGAN
BERITA

JALUR NUGRAHA EKAKURIR BENAHI INFRASTRUKTUR IT DEMI KEMUDAHAN PELANGGAN

(Berita-Bisnis) - Tingkatkan layanan pos dan logistik bagi pelanggannya, PT Jalur Nugraha Ekakurir berniat memperbaiki infrastruktur teknologi informasi (IT) pada...
PETROPACK AGRO OPERASIKAN PABRIK BARU
BERITA

PETROPACK AGRO OPERASIKAN PABRIK BARU

(Berita-Bisnis) - Dalam rangka menggenjot kapasitas produksi ekstraksi bahan alaminya, PT Petropack Agro Industries (Petropack Agro) hari ini resmi mengoperasikan...
9 JUNI, SINAR MAS LAND TAWARKAN MAYFIELD
BERITA

9 JUNI, SINAR MAS LAND TAWARKAN MAYFIELD

(Berita-Bisnis) - Sebagai bagian dari rencana peluncuran 3 ribu unit hunian baru -sebanyak 2 ribu unit diantaranya bakal dibangun di...
TANGO, NAMA YANG DISEGANI DI BISNIS WAFER
DATA BISNIS

TANGO, NAMA YANG DISEGANI DI BISNIS WAFER

(Berita-Bisnis) - Di pusat perbelanjaan Depok Town Square, program tahunan itu kembali dikumandangkan, pada awal bulan ini. Hingga medio Agustus...
PEKAN INI, LIPPO OPERASIKAN PUN HLAING SILOAM HOSPITAL MYANMAR
BERITA

PEKAN INI, LIPPO OPERASIKAN PUN HLAING SILOAM HOSPITAL MYANMAR

(Berita-Bisnis) - Ambisi Lippo Group untuk menggelar ekspansi bisnis di pasar Asia Tenggara yang sedang berkembang, yang pernah diungkapkan oleh...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia