• BERANDA
  • BERITA
  • PERTUMBUHAN PENJUALAN PER TOKO DONGKRAK LABA OPERASIONAL MATAHARI PUTRA PRIMA

PERTUMBUHAN PENJUALAN PER TOKO DONGKRAK LABA OPERASIONAL MATAHARI PUTRA PRIMA

Rata-rata pertumbuhan penjualan per toko tertinggi terhitung sejak tahun 2010. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Bagi peritel manapun, same store sales growth atau pertumbuhan penjualan per toko sejatinya merupakan urat nadi bagi perkembangan bisnis berkelanjutan.

Pasalnya, pertumbuhan penjualan per toko-lah yang menjadi elemen kunci yang memperlihatkan kemampuan operasionalnya dalam jangka waktu tertentu.

Bersamaan dengan itu, same store sales growth juga sekaligus bisa menjadi indikator dan landasan penting untuk pengembangan usaha di masa mendatang.

Satu hal yang tampaknya disadari betul PT Matahari Putra Prima Tbk, pemilik jaringan ritel Hypermart, Foodmart serta Boston Health & Beauty.

Buktinya, kata Noel Trinder, CEO Matahari Putra Prima, selama semester pertama tahun ini, pihaknya berhasil menorehkan kinerja rata-rata pertumbuhan penjualan per toko tertinggi terhitung sejak tahun 2010.

Ditambahkan, pada kuartal pertama tahun ini, same store sales growth Matahari Putra Prima berada di kisaran 10,2 persen. Adapun pada kuartal kedua menjadi 8,2 persen.

Sedangkan secara keseluruhan, mulai dari awal Januari sampai akhir medio Juni lalu, pertumbuhan penjualan per tokonya sebesar 9,2 persen.

Matahari Putra Prima menegaskan, same store sales growth-nya pada kuartal pertama selalu lebih tinggi ketimbang kuartal kedua sejak tiga tahun silam.

Patut diketahui pula, dengan pertumbuhan penjualan per toko sebesar 9,2 persen itu, Matahari Putra Prima mampu membukukan laba operasional sebanyak Rp 170,3 miliar atau meningkat 66,64 persen secara pro-forma (dengan dan tanpa keuntungan luar bisa Rp 85,7 miliar dan Rp 192,9 miliar yang masing-masing diperoleh dalam periode enam bulan yang berakhir pada 30 Juni 2014 dan 30 Juni 2013).

Dan, asal tahu saja, per akhir Juni lalu, Matahari Putra Prima yang merupakan lini bisnis ritel Lippo Group sudah mengoperasikan 226 gerai yang terdiri dari 101 gerai Hypermart, 30 gerai Foodmart serta 95 gerai Boston Health & Beauty.

Dalam catatan Berita-Bisnis, selama enam bulan pertama tahun ini, Matahari Putra Prima mencetak penjualan senilai Rp 6,4 triliun atau tumbuh 18 persen ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya.

Sedangkan laba bersih yang berhasil dikumpulkan pada saat yang sama (30 Juni 2014) meningkat menjadi Rp 117,5 miliar (tidak termasuk keuntungan luar biasa). (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

SARIHUSADA JAJAL ARENA MINUMAN SUSU SIAP MINUM
BERITA

SARIHUSADA JAJAL ARENA MINUMAN SUSU SIAP MINUM

(Berita-Bisnis) - Dua tahun silam, riset yang digelar oleh MARS Indonesia berhasil mengungkapkan sebuah catatan yang menggembirakan bagi para pebisnis...
LIPPO MALLS INDONESIA GELAR GRAND OPENING LIPPO PLAZA JEMBER
BERITA

LIPPO MALLS INDONESIA GELAR GRAND OPENING LIPPO PLAZA JEMBER

(Berita-Bisnis) - Tepat pada akhir medio Mei 2017, PT Lippo Malls Indonesia resmi menggelar seremoni grand opening Lippo Plaza Jember...
SEPTEMBER MENDATANG, YUASA KEMBALI BAGI HADIAH
BERITA

SEPTEMBER MENDATANG, YUASA KEMBALI BAGI HADIAH

(Berita-Bisnis) - Setelah pada medio Mei lalu berhasil menggelar penarikan kupon undian berhadiah Yuasa Battery 2014 tahap pertama, PT Yuasa...
CUSTOMER SHARING EXPERIENCES SINTESAHEALTH SEDIAKAN HADIAH RATUSAN JUTA
BERITA

CUSTOMER SHARING EXPERIENCES SINTESAHEALTH SEDIAKAN HADIAH RATUSAN JUTA

(Berita-Bisnis) - Hingga akhir tahun nanti, PT Sintesa Duta Sejahtera -pemegang brand SintesaHealth- menggelar kompetisi Customer Sharing Experiences dengan hadiah...
DENGAN DANA Rp 2 TRILIUN, AKR LAND KEMBANGKAN LAGI GRAND KAWANUA MANADO
BERITA

DENGAN DANA Rp 2 TRILIUN, AKR LAND KEMBANGKAN LAGI GRAND KAWANUA MANADO

(Berita-Bisnis) - Potensi pertumbuhan bisnis di Indonesia bagian Timur yang semakin semarak belakangan ini, dimanfaatkan juga oleh PT AKR Land...
SINAR MAS LAND LUNCURKAN ROOMS INC. HOTEL SEMARANG
BERITA

SINAR MAS LAND LUNCURKAN ROOMS INC. HOTEL SEMARANG

(Berita-Bisnis) - Persis, pada akhir pekan pertama September ini, Sinar Mas Land resmi mengoperasikan hotel anyarnya yang mengibarkan label Rooms...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia