• BERANDA
  • BERITA
  • PERTUMBUHAN PENJUALAN PER TOKO DONGKRAK LABA OPERASIONAL MATAHARI PUTRA PRIMA

PERTUMBUHAN PENJUALAN PER TOKO DONGKRAK LABA OPERASIONAL MATAHARI PUTRA PRIMA

Rata-rata pertumbuhan penjualan per toko tertinggi terhitung sejak tahun 2010. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Bagi peritel manapun, same store sales growth atau pertumbuhan penjualan per toko sejatinya merupakan urat nadi bagi perkembangan bisnis berkelanjutan.

Pasalnya, pertumbuhan penjualan per toko-lah yang menjadi elemen kunci yang memperlihatkan kemampuan operasionalnya dalam jangka waktu tertentu.

Bersamaan dengan itu, same store sales growth juga sekaligus bisa menjadi indikator dan landasan penting untuk pengembangan usaha di masa mendatang.

Satu hal yang tampaknya disadari betul PT Matahari Putra Prima Tbk, pemilik jaringan ritel Hypermart, Foodmart serta Boston Health & Beauty.

Buktinya, kata Noel Trinder, CEO Matahari Putra Prima, selama semester pertama tahun ini, pihaknya berhasil menorehkan kinerja rata-rata pertumbuhan penjualan per toko tertinggi terhitung sejak tahun 2010.

Ditambahkan, pada kuartal pertama tahun ini, same store sales growth Matahari Putra Prima berada di kisaran 10,2 persen. Adapun pada kuartal kedua menjadi 8,2 persen.

Sedangkan secara keseluruhan, mulai dari awal Januari sampai akhir medio Juni lalu, pertumbuhan penjualan per tokonya sebesar 9,2 persen.

Matahari Putra Prima menegaskan, same store sales growth-nya pada kuartal pertama selalu lebih tinggi ketimbang kuartal kedua sejak tiga tahun silam.

Patut diketahui pula, dengan pertumbuhan penjualan per toko sebesar 9,2 persen itu, Matahari Putra Prima mampu membukukan laba operasional sebanyak Rp 170,3 miliar atau meningkat 66,64 persen secara pro-forma (dengan dan tanpa keuntungan luar bisa Rp 85,7 miliar dan Rp 192,9 miliar yang masing-masing diperoleh dalam periode enam bulan yang berakhir pada 30 Juni 2014 dan 30 Juni 2013).

Dan, asal tahu saja, per akhir Juni lalu, Matahari Putra Prima yang merupakan lini bisnis ritel Lippo Group sudah mengoperasikan 226 gerai yang terdiri dari 101 gerai Hypermart, 30 gerai Foodmart serta 95 gerai Boston Health & Beauty.

Dalam catatan Berita-Bisnis, selama enam bulan pertama tahun ini, Matahari Putra Prima mencetak penjualan senilai Rp 6,4 triliun atau tumbuh 18 persen ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya.

Sedangkan laba bersih yang berhasil dikumpulkan pada saat yang sama (30 Juni 2014) meningkat menjadi Rp 117,5 miliar (tidak termasuk keuntungan luar biasa). (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

WIKA LANSIR TAMANSARI AMARTHA YOGYAKARTA
BERITA

WIKA LANSIR TAMANSARI AMARTHA YOGYAKARTA

(Berita-Bisnis) - Diklaim untuk memenuhi semakin tingginya permintaan terhadap hunian vertikal di Daerah Istimewa Yogyakarta, PT Wijaya Karya Realty (Wika...
BALANCED SCORECARD FOR FINANCE INDUSTRY
EVENT

BALANCED SCORECARD FOR FINANCE INDUSTRY

By GML Performance Consulting (lebih…)
ICON MALL GRESIK BEROPERASI AKHIR TAHUN
BERITA

ICON MALL GRESIK BEROPERASI AKHIR TAHUN

(Berita-Bisnis) - Jika tak ada aral melintang, pusat perbelanjaan baru yang dibangun oleh PT Raya Bumi Nusantara Permai di Gresik,...
GERAI KE-4 TOBY’S ESTATE HADIR DI GRAND INDONESIA
BERITA

GERAI KE-4 TOBY’S ESTATE HADIR DI GRAND INDONESIA

(Berita-Bisnis) - Sejak mengoperasikan gerai perdana Toby's Estate di PIK Avenue, Jakarta Utara, medio Desember dua tahun silam, PT Normi...
MANFAATKAN APLIKASI APPLE, OSIM KENALKAN KURSI PIJAT BARU
BERITA

MANFAATKAN APLIKASI APPLE, OSIM KENALKAN KURSI PIJAT BARU

(Berita-Bisnis) - Dengan memanfaatkan aplikasi Apple, PT Optimal Semangat Inti Makmur -populer dengan label Osim Indonesia- mulai menawarkan massage chair...
RUMAH123.COM KEMBALI GELAR KUIS SENILAI Rp 600 JUTA
BERITA

RUMAH123.COM KEMBALI GELAR KUIS SENILAI Rp 600 JUTA

(Berita-Bisnis) - Dari tanggal 11 Juni sampai 3 September mendatang, situs Rumah123.com -yang bernaung dalam jaringan portal properti asal Malaysia...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia