• BERANDA
  • BERITA
  • GARAP PROYEK Rp 4 TRILIUN, JABABEKA RANGKUL PLAZA INDONESIA REALTY

GARAP PROYEK Rp 4 TRILIUN, JABABEKA RANGKUL PLAZA INDONESIA REALTY

Memberikan nuansa baru di pentas bisnis properti. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Di tengah persaingan ketat arena bisnis properti di Indonesia saat ini, strategi jitu memang dibutuhkan untuk mampu bersaing sekaligus bertumbuh. Hal inilah yang tampaknya dilakoni PT Grahabuana Cikarang.

Buktinya, guna mengembangkan kawasan bisnis terpadu seluas 16 hektar di Kota Jababeka, Cikarang, anak usaha PT Jababeka Tbk itu resmi merangkul PT Plaza Indonesia Realty Tbk.

Dan, lewat kolaborasi tersebut, kedua belah pihak kemudian berperan dan bertugas sesuai dengan kompetensi dan keahlian masing-masing. Misal, yang bertanggungjawab mengembangkan lahan seluas 4 hektar sebagai kawasan hunian adalah Grahabuana Cikarang via perusahaan patungan bernama PT Jababeka Plaza Indonesia.

Sementara itu, Plaza Indonesia Realty yang dikenal sukses mengembangkan Plaza Indonesia dan Grand Hyatt, bakal membangun pusat perbelanjaan, hotel, dan perkantoran di atas lahan seluas 12 hektar melalui perusahaan patungan berlabel PT Plaza Indonesia Jababeka.

Menurut Tanto Kurniawan, Presiden Komisaris Grahabuana Cikarang, baik Jababeka Plaza Indonesia maupun Plaza Indonesia Jababeka, merupakan dua perusahaan baru yang dibentuk untuk menggarap proyek senilai total Rp 4 triliun tersebut.

Ditambahkan, di masing-masing perusahaan itu, komposisi saham Jababeka dan Plaza Indonesia adalah 70 persen berbanding 30 persen, sesuai dengan posisi masing-masing proyek.

Artinya, di Jababeka Plaza Indonesia, Jababeka menguasai 70 persen saham dan sisanya digenggam oleh Plaza Indonesia Realty. Sebaliknya di Plaza Indonesia Jababeka. Di perusahaan ini, Plaza Indonesia Realty menjadi pemegang saham mayoritas dengan komposisi 70 persen. Adapun sisanya menjadi milik Jababeka.

Pelaksanaan groundbreaking kawasan bisnis terpadu itu sendiri akan dilakukan pada tahun 2014 dengan proyeksi proses pembangunan selama enam tahun.

Di sekitar medio Oktober tahun lalu, Jababeka tercatat merilis sebuah produk properti yang belakangan menjadi bahan pembicaraan. Persisnya, dengan menggandeng JV Longlife Holding yang berasal dari Jepang, Jababeka memperkenalkan kawasan hunian khusus bagi para lansia (retirement home) bernama D’Khayangan.

Produk properti yang diklaim sebagai pionir di Indonesia tersebut berlokasi di kawasan Medical City Jababeka dan direncanakan beroperasi pada tahun depan.

Berita-Bisnis mencatat, meski tidak serupa, D’Khayangan dan kolaborasi strategis yang ditempuh Jababeka dengan Plaza Indonesia Realty itu sejatinya memberikan nuansa baru dalam persaingan di pentas bisnis properti. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

MARRIOTT BAKAL KELOLA JW MARRIOTT THE DHARMAWANGSA JAKARTA
BERITA

MARRIOTT BAKAL KELOLA JW MARRIOTT THE DHARMAWANGSA JAKARTA

(Berita-Bisnis) - Di lamannya, khususnya pada fitur lowongan pekerjaan, Marriott International Inc. telah resmi menawarkan sebuah posisi yang sangat atraktif...
TUMBUHKAN PENJUALAN, PHARMATON BERIKAN APRESIASI KEPADA KARYAWAN APOTIK
BERITA

TUMBUHKAN PENJUALAN, PHARMATON BERIKAN APRESIASI KEPADA KARYAWAN APOTIK

(Berita-Bisnis) - Dalam rangka memperkokoh penetrasinya di pentas bisnis multivitamin di Indonesia, PT Boehringer Ingelheim Indonesia punya cara sendiri, yakni...
PSYCHOLOGY AT WORK
EVENT

PSYCHOLOGY AT WORK

STRATEGI MENGEMBANGKAN KARAKTER KARYAWAN UNTUK MENCAPAI PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAANBy INTI PESAN (lebih…)
MULTIPLY INDONESIA SELENGGARAKAN FESTIVAL BELANJA ONLINE TERBESAR
BERITA

MULTIPLY INDONESIA SELENGGARAKAN FESTIVAL BELANJA ONLINE TERBESAR

(Berita-Bisnis) - Selama 14 hari, mulai dari tanggal 25 Mei hingga tanggal 8 Juni 2012 nanti, PT Multiply Indonesia akan...
2nd INDONESIA PROMOTION SUMMIT 2012
EVENT

2nd INDONESIA PROMOTION SUMMIT 2012

by PT INTIPESAN PARIWARA (lebih…)
HENKEL LANSIR SYOSS
BERITA

HENKEL LANSIR SYOSS

(Berita-Bisnis) - Dengan mengusung kandungan pro-cellium kertan yang diklaim mampu membuat rambut bisa sehat dan kuat, PT Henkel Indonesien resmi...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia