• BERANDA
  • BERITA
  • GARAP PROYEK Rp 4 TRILIUN, JABABEKA RANGKUL PLAZA INDONESIA REALTY

GARAP PROYEK Rp 4 TRILIUN, JABABEKA RANGKUL PLAZA INDONESIA REALTY

Memberikan nuansa baru di pentas bisnis properti. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Di tengah persaingan ketat arena bisnis properti di Indonesia saat ini, strategi jitu memang dibutuhkan untuk mampu bersaing sekaligus bertumbuh. Hal inilah yang tampaknya dilakoni PT Grahabuana Cikarang.

Buktinya, guna mengembangkan kawasan bisnis terpadu seluas 16 hektar di Kota Jababeka, Cikarang, anak usaha PT Jababeka Tbk itu resmi merangkul PT Plaza Indonesia Realty Tbk.

Dan, lewat kolaborasi tersebut, kedua belah pihak kemudian berperan dan bertugas sesuai dengan kompetensi dan keahlian masing-masing. Misal, yang bertanggungjawab mengembangkan lahan seluas 4 hektar sebagai kawasan hunian adalah Grahabuana Cikarang via perusahaan patungan bernama PT Jababeka Plaza Indonesia.

Sementara itu, Plaza Indonesia Realty yang dikenal sukses mengembangkan Plaza Indonesia dan Grand Hyatt, bakal membangun pusat perbelanjaan, hotel, dan perkantoran di atas lahan seluas 12 hektar melalui perusahaan patungan berlabel PT Plaza Indonesia Jababeka.

Menurut Tanto Kurniawan, Presiden Komisaris Grahabuana Cikarang, baik Jababeka Plaza Indonesia maupun Plaza Indonesia Jababeka, merupakan dua perusahaan baru yang dibentuk untuk menggarap proyek senilai total Rp 4 triliun tersebut.

Ditambahkan, di masing-masing perusahaan itu, komposisi saham Jababeka dan Plaza Indonesia adalah 70 persen berbanding 30 persen, sesuai dengan posisi masing-masing proyek.

Artinya, di Jababeka Plaza Indonesia, Jababeka menguasai 70 persen saham dan sisanya digenggam oleh Plaza Indonesia Realty. Sebaliknya di Plaza Indonesia Jababeka. Di perusahaan ini, Plaza Indonesia Realty menjadi pemegang saham mayoritas dengan komposisi 70 persen. Adapun sisanya menjadi milik Jababeka.

Pelaksanaan groundbreaking kawasan bisnis terpadu itu sendiri akan dilakukan pada tahun 2014 dengan proyeksi proses pembangunan selama enam tahun.

Di sekitar medio Oktober tahun lalu, Jababeka tercatat merilis sebuah produk properti yang belakangan menjadi bahan pembicaraan. Persisnya, dengan menggandeng JV Longlife Holding yang berasal dari Jepang, Jababeka memperkenalkan kawasan hunian khusus bagi para lansia (retirement home) bernama D’Khayangan.

Produk properti yang diklaim sebagai pionir di Indonesia tersebut berlokasi di kawasan Medical City Jababeka dan direncanakan beroperasi pada tahun depan.

Berita-Bisnis mencatat, meski tidak serupa, D’Khayangan dan kolaborasi strategis yang ditempuh Jababeka dengan Plaza Indonesia Realty itu sejatinya memberikan nuansa baru dalam persaingan di pentas bisnis properti. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

DONGKRAK BISNIS, LAKUEMAS GANDENG SUPERINDO
BERITA

DONGKRAK BISNIS, LAKUEMAS GANDENG SUPERINDO

(Berita-Bisnis) - Kejelian pelaku usaha dalam memanfaatkan potensi dan peluang sejatinya merupakan salah satu elemen penting untuk perkembangan usaha pada...
HADIR DI GRAND INDONESIA, UNIQLO OTOMATIS ‘KUASAI’ LEBIH DARI 14 RIBU METER PERSEGI
BERITA

HADIR DI GRAND INDONESIA, UNIQLO OTOMATIS ‘KUASAI’ LEBIH DARI 14 RIBU METER PERSEGI

(Berita-Bisnis) - Terhitung sejak medio Juni 2013, saat pertama kali menghadirkan gerai Uniqlo di Lotte Shopping Avenue Store Ciputra World...
ACE HARDWARE BAKAL HADIR DI CINERE
BERITA

ACE HARDWARE BAKAL HADIR DI CINERE

(BeritaBisnis) - PT Ace Hardware Indonesia Tbk. akan membuka gerai baru di wilayah Cinere, Jakarta Selatan, dalam waktu dekat ini....
GANDENG GOBEL DAN CLUB MED, MNC LAND GARAP KAWASAN PARIWISATA TERPADU LOMBOK
BERITA

GANDENG GOBEL DAN CLUB MED, MNC LAND GARAP KAWASAN PARIWISATA TERPADU LOMBOK

(Berita-Bisnis) - Kiprah PT MNC Land Tbk di pentas bisnis properti di Indonesia tampaknya bakal semakin kinclong di masa mendatang....
PRIORITAS LAND HADIRKAN MAJESTIC POINT SERPONG MULAI DARI Rp 270 JUTA
BERITA

PRIORITAS LAND HADIRKAN MAJESTIC POINT SERPONG MULAI DARI Rp 270 JUTA

(Berita-Bisnis) - Pada Januari tahun depan, PT Prioritas Land Indonesia berniat memulai pembangunan Majestic Point Apartment Serpong yang terletak persis...
INTIWHIZ OPERASIKAN WHIZ PRIME HASANUDDIN MAKASSAR
BERITA

INTIWHIZ OPERASIKAN WHIZ PRIME HASANUDDIN MAKASSAR

(Berita-Bisnis) - Ambisi PT Intiwhiz International -populer dengan label Intiwhiz Hospitality Management- untuk memperkokoh penetrasinya di ranah bisnis hospitality di...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia