RCTI KUASAI IKLAN SENILAI Rp 2,03 TRILIUN

Mengukur volume seluruh iklan televisi dan banderol harganya sesuai dengan yang dipublikasikan. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Dengan menggunakan aplikasi AdsTensity, PT Sigi Kaca Pariwara baru saja mengumumkan bahwa stasiun televisi swasta RCTI berada di peringkat pertama pengumpulan pendapatan yang berasal dari iklan televisi selama kuartal pertama tahun ini.

Dan, asal tahu saja, total pendapatan kotor tersebut diperkirakan mencapai kurang lebih Rp 2,03 triliun.

Kata Sapto Anggoro, Direktur Sigi Kaca Pariwara, seluruh pendapatan itu setara 14,85 persen dari total pendapatan kotor iklan televisi senilai Rp 13,5 triliun yang dinikmati oleh 13 stasiun televisi terestrial (memakai frekuensi publik) sepanjang tiga bulan pertama 2015.

Ditambahkan, dari riset yang sama, SCTV berhasil menempati posisi kedua dengan porsi sebesar 14,71 persen. Setelah itu, menyusul MNC TV (11,69 persen), ANTV (11,09 persen) serta Indosiar sebesar 10,21 persen.

Sigi Kaca Pariwara mengatakan, AdsTensity adalah aplikasi yang mampu membaca pergerakan iklan secara kuantitatif di seluruh televisi, baik di terestrial, digital, maupun streaming.

Dan, dalam operasionalnya, AdsTensity mengukur volume seluruh iklan televisi dan banderol harganya sesuai dengan yang dipublikasikan (publish rate).

Dengan demikian, monitoring yang dilakukan AdsTensity hanya mencakup nilai bruto alias meniadakan harga diskon yang disepakati kemudian antara pemilik merek dan pemilik stasiun televisi.

Di samping itu, penelusuran AdsTensity juga tidak mencakup iklan televisi yang ditayangkan dalam bentuk running text, super imposse maupun blocking time (slot).

Sigi Kaca Pariwara juga menginformasikan, Adstensity melakukan perekaman seluruh iklan televisi tadi di 13 stasiun televisi utama (tidak termasuk stasiun televisi daerah dan digital), yakni di RCTI, SCTV, Indosiar, MNC TV, TransTV, Trans7, Global TV, MetroTV, TVOne, ANTV, KompasTV, TV Net serta di TVRI, yang merupakan penguasa sekitar 70 persen sampai 80 persen pasar iklan televisi nasional.

Patut diketahui, Sigi Kaca Pariwara -anak usaha PT Binokular Media Utama- beroperasi sejak lima tahun silam serta fokus terhadap layanan data riset iklan komersial.

Adapun sepanjang tahun lalu, PT Media Nusantara Citra Tbk yang mengendalikan RCTI, MNC TV, dan Global TV, tercatat berhasil mencetak pendapatan usaha sebanyak Rp 6,67 triliun, yang sebagian besar alias lebih dari 80 persen bersumber dari iklan.

Lantas, di saat yang sama, laba bersih Media Nusantara Citra mencapai Rp 1,76 triliun atau tumbuh 4,14 persen bila dibandingkan dengan laba bersih yang diperoleh pada 2013 yang sebesar Rp 1,69 triliun. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

THE GREEN GANDENG OCBC NISP
BERITA

THE GREEN GANDENG OCBC NISP

(Berita-Bisnis) - Dalam rangka menghadirkan beragam pilihan jenis pembiayaan bagi calon konsumen, PT Duta Paramindo Sejahtera -pengembang apartemen The Green...
SAMPAI AKHIR 2012, MICHELINDO BAKAL BUKA 10 GERAI BONCHON CHICKEN
BERITA

SAMPAI AKHIR 2012, MICHELINDO BAKAL BUKA 10 GERAI BONCHON CHICKEN

(Berita-Bisnis) - Demi memenuhi keinginan pelanggannya, PT Michelindo Food International -pengelola gerai resto cepat saji BonChon Chicken- akan mengoperasikan gerai...
DENGAN ESSENTIALS, USANA RAMAIKAN BISNIS PENJUALAN LANGSUNG DI INDONESIA
BERITA

DENGAN ESSENTIALS, USANA RAMAIKAN BISNIS PENJUALAN LANGSUNG DI INDONESIA

(Berita-Bisnis) - Lima tahun silam, Euromonitor International pernah merilis data tentang nilai bisnis penjualan langsung (direct selling) di pasar domestik....
RANGKUL CAFFE BENE, NIPPON INDOSARI CORPORINDO JAJAKAN SARI ROTI DI KOREA SELATAN
BERITA

RANGKUL CAFFE BENE, NIPPON INDOSARI CORPORINDO JAJAKAN SARI ROTI DI KOREA SELATAN

(Berita-Bisnis) - Tak lama lagi, jaringan pemasaran global produk kue merek Sari Roti kreasi PT Nippon Indosari Corpindo Tbk, dipastikan...
VOUCER PULSA LAMBUNGKAN LABA BERSIH TIPHONE HINGGA Rp 138,6 MILIAR
BERITA

VOUCER PULSA LAMBUNGKAN LABA BERSIH TIPHONE HINGGA Rp 138,6 MILIAR

(Berita-Bisnis) - Medio Juli dan Agustus lalu, grafik penjualan voucer pulsa dan kartu perdana Telkomsel di PT Teleshindo Shop meningkat...
DEPO BANGUNAN KE-8 BEROPERASI DI BEKASI
BERITA

DEPO BANGUNAN KE-8 BEROPERASI DI BEKASI

(Berita-Bisnis) - Dalam radar bisnis PT Caturkarda Depo Bangunan, Bekasi dan sekitarnya tampaknya merupakan area komersil yang menjanjikan bagi perkembangan...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia