• BERANDA
  • BERITA
  • PABRIK BARU INDOFOOD BEROPERASI, PERSAINGAN BISNIS MINUMAN RINGAN SEMAKIN KETAT

PABRIK BARU INDOFOOD BEROPERASI, PERSAINGAN BISNIS MINUMAN RINGAN SEMAKIN KETAT

Berambisi mendulang fulus sebanyak Rp 5 triliun dari lini bisnis minuman hingga 2017. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Aroma persaingan di ranah bisnis minuman ringan non-alkohol di pasar domestik, tak pelak lagi bakal semakin ketat dalam waktu dekat ini.

Pasalnya, pada hari ini, PT Asahi Indofood Beverage Makmur –joint venture PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dan Asahi Group Holdings Ltd. Jepang- telah resmi mengoperasikan pabrik barunya yang berlokasi di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat.

Dan, asal tahu saja, pabrik senilai Rp 700 miliar ini memiliki kapasitas produksi sebanyak 974 ribu botol minuman ringan berbasis teh per hari.

Kata Axton Salim, Direktur Indofood CBP Sukses Makmur, kehadiran pabrik seluas kurang lebih 5,9 hektar tersebut dipastikan akan mampu memperkuat lini bisnis minuman pihaknya, khususnya minuman ringan berbasis teh.

Ditambahkan, selain merilis minuman ringan berbasis teh seperti Ichi Ocha, pabrik yang sama juga diproyeksikan menghasilkan mi instan, biskuit, nutrisi maupun produk penyedap makanan (kecap, saus sambal, saus tomat, kaldu dan bumbu instan, aneka rasa sirup).

Perlu diketahui, sejak lima tahun terakhir, bisnis minuman ringan non-alkohol mengalami pertumbuhan yang signifikan dengan penjualan lebih dari Rp 100 triliun.

Alhasil, guna memanfaatkan peluang tersebut, Indofood CBP Sukses Makmur dan Asahi Group Holdings Ltd. Jepang pun sepakat untuk menggarapnya sekaligus menghadirkan dua entitas bisnis baru, yakni Asahi Indofood Beverage Makmur yang bertanggung jawab untuk urusan produksi serta PT Indofood Asahi Sukses Beverage yang bergerak di lini bisnis pemasaran dan distribusi.

Khusus di Asahi Indofood Beverage Makmur, Indofood CBP Sukses Makmur memegang hak kepemilikan sebesar 49 persen. Sisanya berada dalam kendali Asahi Group Holdings Ltd. Jepang via Asahi Group Holdings Southeast Asia Pte. Ltd., Singapura.

Di sisi lain, pengoperasian pabrik anyar tadi juga sekaligus menjadi penanda awal bagi Indofood CBP Sukses Makmur untuk memproduksi secara langsung produk ready to drink Ichi Ocha yang sebelumnya didatangkan dari Malaysia.

Dalam catatan Berita-Bisnis, kemitraan Indofood CBP Sukses Makmur dengan Asahi Group Holdings Ltd. Jepang dimulai sejak tiga tahun silam dengan fokus utama menggarap bisnis minuman non-alkohol.

Lantas, pada tahap awal, keduanya menggelar aksi akusisi terhadap PT Prima Cahaya Indobeverages -sebelumnya dikenal dengan label PT Pepsi-Cola Indobeverages- guna memproduksi, memasarkan, dan mendistribusikan minuman non-alkohol Pepsi.

Bersamaan dengan itu, Indofood CBP Sukses Makmur dan Asahi Group Holdings Ltd. Jepang pun mengambilalih air minum dalam kemasan merek Club.

Kelak, hingga 2017, Indofood CBP Sukses Makmur berambisi mendulang fulus sebanyak Rp 5 triliun dari lini bisnis minumannya yang menjajakan berbagai produk, seperti minuman teh siap minum, minuman berkarbonasi, minuman jus buah, dan air minum dalam kemasan. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

RNI OPERASIKAN PUSAT DISTRIBUSI DI JAKARTA
BERITA

RNI OPERASIKAN PUSAT DISTRIBUSI DI JAKARTA

(Berita-Bisnis) - Dalam rangka memperkuat layanan gerai ritelnya yang bermerek Waroeng Rajawali, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) hari ini resmi...
PHILIPS HADIRKAN LIGHTING GIFT GUIDE
BERITA

PHILIPS HADIRKAN LIGHTING GIFT GUIDE

(BeritaBisnis) - Menjelang akhir tahun, Philips Indonesia memperkenalkan Lighting Gift Guide.  Pada tahap awal, promo penjualan eksklusif dilakukan terlebih dahulu...
INCAR 350 UNIT, CHAKRA JAWARA SASAR KALIMANTAN DAN PAPUA
BERITA

INCAR 350 UNIT, CHAKRA JAWARA SASAR KALIMANTAN DAN PAPUA

(Berita-Bisnis) - Selain menyasar area pemasaran Jawa dan Sumatera, PT Chakra Jawara juga mengincar Kalimantan Timur dan Papua sebagai wilayah...
ASTRA OTOPARTS BUKA SHOP&BIKE PERDANA DI CILEDUG
BERITA

ASTRA OTOPARTS BUKA SHOP&BIKE PERDANA DI CILEDUG

(Berita-Bisnis) - Menyusul kesuksesan pengembangan lebih dari 300 gerai Shop&Drive, PT Astra Otoparts Tbk mencoba menjajal peruntungan barunya lewat kehadiran...
2016, SRIWIJAYA PROPINDO UTAMA MULAI BANGUN DUA HOTEL
BERITA

2016, SRIWIJAYA PROPINDO UTAMA MULAI BANGUN DUA HOTEL

(Berita-Bisnis) - Seiring beroperasinya gerai Matahari Department Store ke-139 seluas 7,300 meter persegi di Lombok Epicentrum Mall yang berlokasi di...
GIGI SEHAT, DUA MEREK DAGANG KUASAI BISNIS PASTA GIGI
DATA BISNIS

GIGI SEHAT, DUA MEREK DAGANG KUASAI BISNIS PASTA GIGI

(BeritaBisnis) - Awal Desember 2011, terbetik kabar Martha Tilaar Group hendak mengakuisisi perusahaan yang memproduksi pasta gigi melalui anak usahanya...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia