• BERANDA
  • BERITA
  • DI LAMPUNG, NESTLE SEBAR 18 JUTA BIBIT UNGGULAN ROBUSTA

DI LAMPUNG, NESTLE SEBAR 18 JUTA BIBIT UNGGULAN ROBUSTA

Terbuat dari 100 persen biji robusta Lampung pilihan. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Dengan menggandeng Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Nasional yang berbasis di Jember, PT Nestle Indonesia merencanakan bakal membagi 18 juta tanaman bibit unggul kopi robusta kepada para petani kopi di Lampung, hingga tahun 2020.

Untuk tahap pertama, bibit yang didistribusikan dalam kerangka Nescafe Plan itu, tercatat sebanyak 400 ribu yang diterima para petani kopi di Temanggus, Lampung.

Menurut Arshad Chaudry, Presiden Direktur Nestle Indonesia, Nescafe Plan digelar semata-mata untuk mendukung peremajaan tanaman kopi robusta di Lampung.

Ditambahkan, Nestle Indonesia menyiapkan dana senilai US$ 12 juta guna mengimplementasikan program tersebut.

Berdasarkan catatan Berita-Bisnis, Nestle Indonesia telah menghadirkan pabrik kopi di Panjang, Lampung, sejak tahun 1994. Pabrik yang memproduksi kopi instan dengan brand Nescafe tersebut tercatat mampu menyerap 16 ribu ton kopi robusta senilai Rp 200 miliar, hingga akhir tahun lalu.

Dari jumlah 16 ribu ton itu, sebanyak 12 ribu ton dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kopi Nescafe. Sedangkan sisanya diekspor ke Jepang dan kawasan Eropa.

Untuk tahun ini, Nestle Indonesia berniat menambah daya serap pabriknya menjadi 18 ribu ton yang sepenuhnya dipasok oleh para petani kopi di Lampung.

Di pentas bisnis kopi instan di Indonesia, Nestle Indonesia yang merupakan anak usaha Nestle SA yang berkantor pusat di Vevey, Swiss, melansir brand Nescafe yang terdiri dari beragam item, antara lain, kopi hitam instan Nescafe Classic yang disebut terbuat dari 100 persen biji robusta Lampung pilihan.

Selain itu, Nestle Indonesia juga menjajakan Nescafe 3 in 1, Nescafe Kopi Susu Tubruk, Nescafe Mochaccino, Nescafe Capuccino, Nescafe Gold, Nescafe Ice, Nescafe Menu, dan Coffee-Mate.

Di sisi lain, via pabrik Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur, Nestle Indonesia juga memproduksi produk susu, seperti Dancow, Bear Brand, dan Nestle Dancow Ideal. Sedangkan dari pabriknya yang terletak di Cikupa, Banten, Nestle Indonesia menghadirkan produk kembang gula dengan merek Fox’s dan Polo. (BB/as/Luki)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

DERMASTER INDONESIA GELAR EKSPANSI
BERITA

DERMASTER INDONESIA GELAR EKSPANSI

(Berita-Bisnis) - Tak dapat dimungkiri, tren perawatan kecantikan di pasar domestik sejatinya masih tetap memperlihatkan grafik yang meningkat, sampai sekarang....
GARUDA MATARAM MOTOR RILIS DUA VW BARU
BERITA

GARUDA MATARAM MOTOR RILIS DUA VW BARU

(Berita-Bisnis) - Demi mengejar target penjualan sebanyak 1.798 unit pada tahun ini, PT Garuda Mataram Motor secara resmi merilis dua...
MENJELANG PUASA DAN LEBARAN, NISSAN MOTOR INDONESIA SEDIAKAN DISKON
BERITA

MENJELANG PUASA DAN LEBARAN, NISSAN MOTOR INDONESIA SEDIAKAN DISKON

(Berita-Bisnis) - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan musim Lebaran 2012, PT Nissan Motor Indonesia resmi menyelenggarakan program layanan...
AIR MINUM CHEERS BIDIK ASIA TIMUR DAN TIMUR TENGAH
BERITA

AIR MINUM CHEERS BIDIK ASIA TIMUR DAN TIMUR TENGAH

(Berita-Bisnis) - Setelah sukses mengekspor air minum dalam kemasan (AMDK) Cheers ke Malaysia, Australia, dan Timor Leste, PT Atlantic Biruraya...
MANAGEMENT BY REWARD
KOLOM

MANAGEMENT BY REWARD

(Berita-Bisnis) - Tulisan saya tentang Management by Fear (MBF) banyak mendapat komentar. Ini adalah salah satu komentar yang diterima: "setuju...
DUTA INTIDAYA KEREK JUMLAH GERAI WATSONS
BERITA

DUTA INTIDAYA KEREK JUMLAH GERAI WATSONS

(Berita-Bisnis) - Bagi peritel, termasuk peritel produk kesehatan dan kecantikan seperti PT Duta Intidaya Tbk yang menaungi gerai bertajuk Watsons...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia