• BERANDA
  • BERITA
  • OPERASIKAN SMARTCLUB MATARAM, MATAHARI PUTRA PRIMA PACU KONTRIBUSI PASAR GROSIR

OPERASIKAN SMARTCLUB MATARAM, MATAHARI PUTRA PRIMA PACU KONTRIBUSI PASAR GROSIR

Menyasar segmen Horeka, pedagang, penyedia layanan, maupun perkantoran. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Sepanjang tahun lalu, sebagaimana tercermin dalam annual report-nya, PT Matahari Putra Prima Tbk sejatinya sedang berupaya keras merealisasikan misinya menjadi peritel multi-format nomor satu di pasar domestik.

Lantas, dalam operasionalnya, misi itu dielaborasi ke dalam lima langkah strategis bertajuk Lima Pilar Pertumbuhan, yang mencakup penciptaan format ritel baru, percepatan pengembangan jaringan gerai, kehadiran manajemen ritel yang berkelanjutan, renovasi, serta pembukaan channel anyar.

Adapun wahana yang dipakai untuk mewujudkannya adalah lini bisnis ritelnya dengan label MPPA Retail Group yang menaungi Hypermart, Foodmart, Foodmart Primo, Boston Health & Beauty, FMX (Foodmart Xpress convenience store), dan divisi grosir (B2B dan SmartClub).

Kelak, jika misi tadi berjalan mulus, Matahari Putra Prima pun yakin posisinya sebagai peritel multi-format nomor satu di Indonesia, bakal semakin kokoh.

Di saat yang sama, peritel yang merupakan bagian dari Lippo Group ini, juga optimistis akan mampu meraih pertumbuhan sekaligus mencetak pendapatan yang berkelanjutan di masa depan.

Dengan demikian, bukan hal aneh, jika MPPA Retail Group tampak giat membuka berbagai gerai anyar sepanjang tahun lalu.

Buktinya, dari Januari hingga medio Desember 2015, MPPA Retail Group sudah mengoperasikan 33 gerai baru yang terdiri dari 9 Boston Health & Beauty, 7 Hypermart, 2 Foodmart, 14 FMX, serta 1 SmartClub yang menyasar segmen hotel-restoran-katering (Horeka), pedagang, penyedia layanan, maupun perkantoran.

Dan, khusus untuk SmartClub, gerai perdananya seluas (area bruto) 8.309 meter persegi telah dibuka di Metropolis Town Square, Tangerang, pada pertengahan Desember 2015.

Belakangan, persisnya pekan terakhir Mei 2016, MPPA Retail Group kembali menghadirkan SmarClub ke-2 seluas 8.130 meter persegi di Mall GTC Makassar, Tanjung Bunga, Makassar.

Sementara yang terbaru, dengan memanfaatkan area yang dulunya dikenal sebagai lokasi Hypermart Central Plaza Mataram, MPPA Retail Group resmi mengoperasikan SmartClub Mataram yang berada di bilangan Jl. A. A. Gde Ngurah Cakranegara, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Kata Director of Wholesale Operations Matahari Putra Prima, Emi Nuel, kehadiran gerai SmartClub anyar itu erat kaitannya dengan kondisi ekonomi dan juga peluang pasar di wilayah setempat.

Dijelaskan pula, dengan berbagai penawaran dan layanan yang berkualitas, pihaknya yakin SmartClub Mataram -gerai ke-3 SmartClub sampai saat ini- akan mampu mencetak omset sebesar Rp 15 miliar per bulan, mulai awal 2017.

Berita-Bisnis mencatat, langkah MPPA Retail Group untuk menggarap pasar grosir (wholesale), tampaknya tidak akan berhenti begitu saja.

Maklumlah, seperti tercantum dalam laporan tahunan 2015, hingga akhir medio Desember lalu, sekitar 16 persen bisnis Matahari Putra Prima disebut berasal dari pendapatan B2B.

Dan, ke depan, kontribusi tersebut akan dipacu semaksimal mungkin. Makanya, dalam rangka mencetak pendapatan yang berkelanjutan di masa depan, MPPA Retail Group sendiri masih berniat menghadirkan lagi 3 sampai 4 gerai baru SmartClub.

Namun, tentu saja, pembukaan gerai anyar SmartClub di kota baru atau di kota dengan tingkat penetrasi minim itu, diklaim terlebih dahulu melalui studi kelayakan yang terukur agar target arus kas positif pada tahun pertama dengan tingkat pengembalian modal dalam jangka waktu lima tahun, bisa tercapai. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

JUNI 2013, GRAND CLARION GROUP BUKA GRAND QUALITY HOTEL MAKASSAR
BERITA

JUNI 2013, GRAND CLARION GROUP BUKA GRAND QUALITY HOTEL MAKASSAR

(Berita-Bisnis) - Bila semuanya berjalan sesuai dengan rencana maka pada medio Juni tahun depan, Grand Clarion Group bakal mulai mengoperasikan...
ACCORHOTELS BUKA iBIS BUDGET CIREBON
BERITA

ACCORHOTELS BUKA iBIS BUDGET CIREBON

(Berita-Bisnis) - Hingga saat ini, jumlah hotel di pasar domestik yang mengusung merek ibis budget (premium-budget), memang masih 'sedikit' jika...
INTILAND BUKA HOTEL DAN GARAP PROYEK BARU DI CENGKARENG
BERITA

INTILAND BUKA HOTEL DAN GARAP PROYEK BARU DI CENGKARENG

(BeritaBisnis) - Medio November dan Desember 2011, PT Intiland Development Tbk. akan membuka dua hotel baru yang berada dalam jaringan...
SMARTFREN TELECOM GELAR EDUKASI PASAR DI 14 KOTA
BERITA

SMARTFREN TELECOM GELAR EDUKASI PASAR DI 14 KOTA

(Berita-Bisnis) - Selama 6 bulan pertama tahun ini, PT Smartfren Telecom Tbk. bakal melaksanakan program edukasi pasar di 14 kota,...
MAHADYA BUKA CARIBOU COFFEE KETIGA DI CITOS
BERITA

MAHADYA BUKA CARIBOU COFFEE KETIGA DI CITOS

(Berita-Bisnis) - Rencana PT Mega Mahadana Hadiya alias Mahadya Group untuk segera mengembangbiakkan jumlah gerai kopi berlabel Caribou Coffee, yang...
JOYMAIN SCI & TECH CHINA MULAI JAJAL PASAR INDONESIA
BERITA

JOYMAIN SCI & TECH CHINA MULAI JAJAL PASAR INDONESIA

(Berita-Bisnis) - Setelah meraih sukses di berbagai negara lewat sistem penjualan multi level marketing produk alat kesehatan berbasis eco-energy, Joymain...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia