PABRIK BARU GOZCO BEROPERASI OKTOBER 2015

Menguasai lahan perkebunan kelapa sawit seluas 68 ribu hektar. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Pelan tapi pasti, PT Gozco Plantations Tbk mulai memperkokoh posisinya sebagai produsen minyak sawit mentah yang patut disegani.

Pasalnya, jika tak ada halangan, proses pembangunan pabrik baru Gozco Plantations berkapasitas 45 metrik ton per jam yang terletak di Muara Enim, Sumatera Selatan, diperkirakan bakal rampung pada medio Oktober tahun depan.

Dengan demikian, total kapasitas produksi minyak sawit mentah Gozco Plantations di Sumatera Selatan, nantinya menjadi 135 metrik ton per jam. Maklumlah, saat ini, di wilayah yang sama, Gozco Plantations sudah memiliki pabrik serupa dengan kapasitas 90 metrik ton per jam.

Kata Yongki Tedja, Direktur Gozco Plantations, pengoperasian pabrik anyar tadi dengan sendirinya bakal mendongkrak pendapatan pihaknya pada tahun berikutnya.

Asal tahu saja, Gozco Plantations sejatinya juga mempunyai pabrik sejenis yang berlokasi di Kalimantan Tengah dengan kapasitas 45 metrik ton per jam.

Alhasil, seiring pengoperasian pabrik baru tadi yang menelan dana investasi sekitar Rp 30 miliar, maka kelak total kapasitas produksi minyak sawit mentah Gozco Plantations diperkirakan mencapai 180 metrik ton per jam.

Di sisi lain, sebagaimana jamaknya para produsen minyak sawit mentah, Gozco Plantations pun tercatat memiliki lahan kelapa sawit di wilayah berdirinya pabrik pengolahan kepala sawit.

Buktinya, sampai saat ini, Gozco Plantations diketahui menguasai lahan perkebunan kelapa sawit seluas 68 ribu hektar, baik di Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Barat.

Dan, dari jumlah tersebut, yang telah tertanam seluas 42 ribu hektar, dengan komposisi 26.359 hektar di Sumatera Selatan, 7.394 hektar di Kalimantan Tengah, dan sekitar 7 ribu hektar di Kalimantan Barat.

Gozco Plantations menginformasikan, hingga kuartal ketiga tahun ini, penjualannya tercatat sebanyak Rp 365 miliar atau naik sebesar 38 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 265 miliar.

Dan, dalam kondisi itu, penjualan crude palm oil (CPO) menjadi kontributor utama dengan andil senilai Rp 321 miliar. Sedangkan kontribusi palm kernel sebesar Rp 36 miliar dan sisanya disumbang oleh penjualan tandan buah segar.

Sementara itu, masih di periode yang sama yang berakhir pada September 2014, laba bersih yang berhasil dikumpulkan oleh Gozco Plantations mencapai Rp 26,7 miliar. Perolehan ini setara kenaikan sebesar 69 persen tinimbang periode yang sama tahun lalu. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

FOOD BEVERAGES INDONESIA KINI OPERASIKAN 140 GERAI CHATIME
BERITA

FOOD BEVERAGES INDONESIA KINI OPERASIKAN 140 GERAI CHATIME

(Berita-Bisnis) - Dibanding pelaku usaha lainnya di ranah bisnis buble tea di pasar domestik, perjalanan PT Foods Beverages Indonesia -master...
LIPPO OPERASIKAN SILOAM HOSPITALS KUPANG
BERITA

LIPPO OPERASIKAN SILOAM HOSPITALS KUPANG

(Berita-Bisnis) - Ambisi Lippo Group untuk menghadirkan 50 Siloam Hospitals dalam tempo lima tahun ke depan, tampaknya bukan pepesan kosong....
PERBESAR BISNIS HAIRSPA, LOREAL KENALKAN HAIRSPA DX
BERITA

PERBESAR BISNIS HAIRSPA, LOREAL KENALKAN HAIRSPA DX

(Berita-Bisnis) - Kendati dinilai sudah matang, toh pasar produk perawatan non pria yang pada tahun lalu mampu mencetak angka hingga...
MR. D.I.Y. OPERASIKAN 51 GERAI DI PASAR DOMESTIK
BERITA

MR. D.I.Y. OPERASIKAN 51 GERAI DI PASAR DOMESTIK

(Berita-Bisnis) - Medio September tahun lalu sejatinya merupakan awal perjalanan penting bagi MR. D.I.Y. (Trading) Sdn Bhd Malaysia di arena...
INTIWHIZ OPERASIKAN WHIZ PRIME HASANUDDIN MAKASSAR
BERITA

INTIWHIZ OPERASIKAN WHIZ PRIME HASANUDDIN MAKASSAR

(Berita-Bisnis) - Ambisi PT Intiwhiz International -populer dengan label Intiwhiz Hospitality Management- untuk memperkokoh penetrasinya di ranah bisnis hospitality di...
DANAPERSADARAYA TAWARKAN HELM NHK GODZILLA
BERITA

DANAPERSADARAYA TAWARKAN HELM NHK GODZILLA

(Berita-Bisnis) - Kejelian membaca kebutuhan konsumen tercermin jelas dalam produk helm baru berlabel NHK Godzilla yang dirilis PT Danapersadaraya Motor...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia