• BERANDA
  • BERITA
  • PERKUAT POSISI DI MARKETPLACE PROPERTI, RUMAH.COM AKUISISI RUMAHDIJUAL.COM

PERKUAT POSISI DI MARKETPLACE PROPERTI, RUMAH.COM AKUISISI RUMAHDIJUAL.COM

Dipastikan meraih 43 persen pangsa pasar time on site saat ini. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Aroma persaingan di ranah bisnis marketplace properti di Indonesia tampaknya bakal semakin ketat saja di masa mendatang.

Betapa tidak, setelah pada medio Juni lalu, online venture builder bernama Rocket Internet -via Lamudi Indonesia- mengakusisi PropertyKita, PropertyGuru Group kini kembali menggelar aksi serupa.

Persisnya, melalui anak usahanya Rumah.com, PropertyGuru Group mengambilalih situs RumahDijual.com yang dimiliki Yohanes Aristianto.

Kata Wasudewan, Country General Manager Rumah.com, proses menuju kesepakatan aksi akuisisi tersebut berlangsung kurang lebih selama satu tahun.

Dijelaskan, dalam penilaian PropertyGuru Group, RumahDijual.com yang dilansir perdana pada 2010, mampu menampilkan performa yang meyakinkan. Salah satunya adalah pageviews per bulan RumahDijual.com berada di kisaran 17 juta pageviews.

Dan, lebih dari itu, dalam rentang waktu 5 tahun, terjadi peningkatan 2,6 juta pengguna RumahDijual.com setiap bulannya.

Adapun dari sisi SEO, nama RumahDijual.com juga menjadi kata kunci (keyword) yang sering digunakan oleh pengguna saat mencari informasi properti terkini, melalui search engine.

Rumah.com menegaskan, dengan bergabungnya situs tersebut, pihaknya optimis untuk menjangkau lebih dari 5,5 juta pencari properti, dengan total kunjungan lebih dari 30 juta halaman per bulan.

Di saat yang sama, gabungan Rumah.com dan RumahDijual.com dipastikan meraih 43 persen pangsa pasar time on site (total waktu yang diperoleh oleh seluruh situs properti di pasar domestik), saat ini.

Dalam catatan Berita-Bisnis, aksi akuisisi PropertyGuru Group terhadap RumahDijual.com, sesungguhnya berkaitan erat dengan kehadiran dana segar sebanyak $ 175 juta yang dikucurkan oleh konsorsium strategis tiga investor (TPG, SquarePeg Capital, Emtek Group), pada medio Juni lalu.

Sementara itu, pendanaan akusisi yang dilakukan oleh Rocket Internet kepada PropertyKita, bersumber dari Asia Pacific Internet Group, Holtzbrinck Ventures, dan Tengelmann Ventures, yang disepakati pada Februari 2015.

Asal tahu saja, ketiga investor itu diketahui menggelontorkan dana sebesar 16 juta Euro atau setara US$ 18 juta, guna menyokong ambisi Rocket Internet untuk memperluas operasionalnya di kawasan Asia maupun Amerika Latin. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

SEMINAR SOCIAL MEDIA MARKETING IN 2012
EVENT

SEMINAR SOCIAL MEDIA MARKETING IN 2012

By Majalah MIX (lebih…)
KEJAR OMSET Rp 1 TRILIUN, TELKOMVISION GANDENG CIMB NIAGA
BERITA

KEJAR OMSET Rp 1 TRILIUN, TELKOMVISION GANDENG CIMB NIAGA

(BeritaBisnis) - Untuk menembus target pendapatan Rp 1 triliun dari bisnis TV berbayar pada tahun 2012, Telkomvision mengeluarkan berbagai jurus....
THE BODY SHOP LANSIR BINGKISAN CANTIK RAMADHAN
BERITA

THE BODY SHOP LANSIR BINGKISAN CANTIK RAMADHAN

(Berita-Bisnis) - Bercermin dari kondisi tahun lalu yang ditandai dengan tingginya permintaan terhadap bingkisan lebaran kreasi The Body Shop, PT...
RUMAH SAKIT PONDOK INDAH LANSIR LAYANAN KHUSUS KESEHATAN OLAHRAGA
BERITA

RUMAH SAKIT PONDOK INDAH LANSIR LAYANAN KHUSUS KESEHATAN OLAHRAGA

(Berita-Bisnis) - Diklaim merupakan layanan khusus kesehatan olahraga yang komprehensif, Rumah Sakit Pondok Indah Group resmi melansir Jakarta Knee &...
INDOSAT BERAMBISI JUAL 10 RIBU INDOSAT SUPERGADGET DI INDOCOMTECH 2012
BERITA

INDOSAT BERAMBISI JUAL 10 RIBU INDOSAT SUPERGADGET DI INDOCOMTECH 2012

(Berita-Bisnis) - Target pengunjung pameran Indocomtech 2012 yang diproyeksikan mencapai 284 ribu orang hingga tanggal 4 November mendatang, tentulah merupakan...
TANOTO FOUNDATION BUKA PUSAT INFORMASI KEHUTANAN DI IPB
BERITA

TANOTO FOUNDATION BUKA PUSAT INFORMASI KEHUTANAN DI IPB

(Berita-Bisnis) - Beranjak dari keinginan untuk menyediakan sebuah wahana informasi dan riset data tentang pengolahan hutan, pembuatan kebijakan maupun perkembangan...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia