• BERANDA
  • BERITA
  • PERKUAT POSISI DI MARKETPLACE PROPERTI, RUMAH.COM AKUISISI RUMAHDIJUAL.COM

PERKUAT POSISI DI MARKETPLACE PROPERTI, RUMAH.COM AKUISISI RUMAHDIJUAL.COM

Dipastikan meraih 43 persen pangsa pasar time on site saat ini. (Foto: Ist)

(Berita-Bisnis) – Aroma persaingan di ranah bisnis marketplace properti di Indonesia tampaknya bakal semakin ketat saja di masa mendatang.

Betapa tidak, setelah pada medio Juni lalu, online venture builder bernama Rocket Internet -via Lamudi Indonesia- mengakusisi PropertyKita, PropertyGuru Group kini kembali menggelar aksi serupa.

Persisnya, melalui anak usahanya Rumah.com, PropertyGuru Group mengambilalih situs RumahDijual.com yang dimiliki Yohanes Aristianto.

Kata Wasudewan, Country General Manager Rumah.com, proses menuju kesepakatan aksi akuisisi tersebut berlangsung kurang lebih selama satu tahun.

Dijelaskan, dalam penilaian PropertyGuru Group, RumahDijual.com yang dilansir perdana pada 2010, mampu menampilkan performa yang meyakinkan. Salah satunya adalah pageviews per bulan RumahDijual.com berada di kisaran 17 juta pageviews.

Dan, lebih dari itu, dalam rentang waktu 5 tahun, terjadi peningkatan 2,6 juta pengguna RumahDijual.com setiap bulannya.

Adapun dari sisi SEO, nama RumahDijual.com juga menjadi kata kunci (keyword) yang sering digunakan oleh pengguna saat mencari informasi properti terkini, melalui search engine.

Rumah.com menegaskan, dengan bergabungnya situs tersebut, pihaknya optimis untuk menjangkau lebih dari 5,5 juta pencari properti, dengan total kunjungan lebih dari 30 juta halaman per bulan.

Di saat yang sama, gabungan Rumah.com dan RumahDijual.com dipastikan meraih 43 persen pangsa pasar time on site (total waktu yang diperoleh oleh seluruh situs properti di pasar domestik), saat ini.

Dalam catatan Berita-Bisnis, aksi akuisisi PropertyGuru Group terhadap RumahDijual.com, sesungguhnya berkaitan erat dengan kehadiran dana segar sebanyak $ 175 juta yang dikucurkan oleh konsorsium strategis tiga investor (TPG, SquarePeg Capital, Emtek Group), pada medio Juni lalu.

Sementara itu, pendanaan akusisi yang dilakukan oleh Rocket Internet kepada PropertyKita, bersumber dari Asia Pacific Internet Group, Holtzbrinck Ventures, dan Tengelmann Ventures, yang disepakati pada Februari 2015.

Asal tahu saja, ketiga investor itu diketahui menggelontorkan dana sebesar 16 juta Euro atau setara US$ 18 juta, guna menyokong ambisi Rocket Internet untuk memperluas operasionalnya di kawasan Asia maupun Amerika Latin. (BB/as/Christov)

Bagikan :
Iklan Bawah

Baca Juga

LG LUNCURKAN PONSEL FASHION LG PRADA 3.0
BERITA

LG LUNCURKAN PONSEL FASHION LG PRADA 3.0

(Berita-Bisnis) - Menyusul LG Prada 1.0 dan LG Prada 2.0, LG Electronics Indonesia hari ini meluncurkan telepon seluler (ponsel) LG...
DIGITAL MARKETING & SOCIAL MEDIA CONFERENCE 2013
EVENT

DIGITAL MARKETING & SOCIAL MEDIA CONFERENCE 2013

MEASURING DIGITAL MARKETING & SOCIAL MEDIA TO DRIVE SALES AND LOYALTYBy MAJALAH MARKETING (lebih…)
GERAI KETIGA MARIO MINARDI DIBUKA DI BANDUNG
BERITA

GERAI KETIGA MARIO MINARDI DIBUKA DI BANDUNG

(Berita-Bisnis) - Disebut untuk menjawab tingginya minat konsumen di Kota Kembang terhadap produk sepatu merek Mario Minardi, PT Mario Minardi...
GLOBAL SUCCESS CHAIN INCAR 40 PERSEN BISNIS MINYAK KAYU PUTIH
BERITA

GLOBAL SUCCESS CHAIN INCAR 40 PERSEN BISNIS MINYAK KAYU PUTIH

(Berita-Bisnis) - Dalam rangka mewujudkan misi corporate social responsibility-nya, PT Global Success Chain memberikan bantuan pasca banjir terhadap masyarakat di...
PACU PENJUALAN, ALFAMART HADIRKAN HELLO KITTY SHOPPING VILLAGE
BERITA

PACU PENJUALAN, ALFAMART HADIRKAN HELLO KITTY SHOPPING VILLAGE

(Berita-Bisnis) - Bercermin dari kesuksesan program pengumpulan charm Hello Kitty pada tahun lalu, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk -pemilik jaringan...
LEXUS AKAN BUKA GERAI BARU DI JAKARTA SELATAN
BERITA

LEXUS AKAN BUKA GERAI BARU DI JAKARTA SELATAN

(Berita-Bisnis) - Demi memberikan kemudahan sekaligus kenyamanan bagi para pelanggannya, Lexus Indonesia berniat membuka gerai baru di kawasan Jakarta Selatan,...

Berita-Bisnis.com hadir untuk menyemarakkan dinamika dunia bisnis Indonesia.

Dinamika Dunia Bisnis Indonesia