Berita Bisnis

PABRIK BARU FURUKAWA PERKETAT PERSAINGAN BISNIS AKI

Memiliki kapasitas produksi lebih dari 1 juta unit aki per tahun. (Foto: Ist)Memiliki kapasitas produksi lebih dari 1 juta unit aki per tahun. (Foto: Ist)(Berita-Bisnis) - Sulit untuk disangkal, mulai tahun ini, aroma persaingan di pentas bisnis baterai otomotif (aki) bakal semakin ketat.

Pasalnya, pabrik aki milik PT Furukawa Indomobil Battery Manufacturing yang terletak di kawasan industri Bukit Indah, Purwakarta, telah resmi beroperasi hari ini.

Dan, asal tahu saja, pabrik yang menelan dana investasi sebesar Rp 600 miliar itu memiliki kapasitas lebih dari 1 juta unit aki per tahun.

Kata Shunji Ishizaki, Presiden Direktur Furukawa Indomobil Battery Manufacturing, bila tak ada halangan, aki buatan pabriknya bakal mulai dipasarkan medio April mendatang.

Dijelaskan pula, aki hasil produksi Furukawa Indomobil Battery Manufacturing Bukit Indah adalah tipe lead-acid battery yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Lebih dari itu, aki tadi juga diklaim sudah dilengkapi dengan teknologi Anti-Explode Vent Plug yang mampu menjamin keselamatan penggunanya.

Dalam catatan Berita-Bisnis, kehadiran Furukawa Indomobil Battery Manufacturing Bukit Indah seluas 6,6 hektar sesungguhnya tak lepas dari usaha The Furukawa Battery Co. Ltd. yang bermarkas di Yokohama, Jepang, dan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk untuk menggarap potensi bisnis aki di pasar domestik.

Maklumlah, hingga saat ini, permintaan terhadap beragam produk komponen otomotif -termasuk aki- di Indonesia masih merupakan salah satu yang tertinggi di kawasan Asia.

Itu pula sebabnya, via anak usahanya PT Central Sole Agency, Indomobil Sukses International bersama The Furukawa Battery Co. Ltd. lantas membentuk perusahaan patungan dengan nama Furukawa Indomobil Battery Manufacturing.

Di perusahaan baru ini, The Furukawa Battery Co. Ltd. menguasai 51 persen saham. Adapun sisanya digenggam oleh Indomobil Sukses International.

Perlu diketahui juga, dalam hal pemasarannya yang mengandalkan kurang lebih 8 ribu gerai yang bernaung di dalam jaringan penjualan Indomobil Sukses International, aki keluaran Furukawa Indomobil Battery Manufacturing Bukit Indah itu bakal ditangani oleh PT Furukawa Indomobil Battery Sales.

Bersamaan dengan itu, aki buatan Furukawa Indomobil Battery Manufacturing Bukit Indah pun diproyeksikan akan digunakan pada berbagai kendaraan yang dirakit serta didistribusikan oleh Indomobil Sukses International.

Di pasar domestik, aki Furukawa selama ini didatangkan dari Siam Furukawa Co. Ltd. Thailand dan bersaing dengan beberapa merek, seperti GS Astra dan Incoe yang dijajakan oleh PT Astra Otoparts Tbk serta Yuasa yang ditawarkan PT Yuasa Battery Indonesia. (BB/as/Christov)

Berhubungan Dengan:
(Berita-Bisnis) - Kolaborasi PT Astra Otoparts Tbk dan Pirelli tyre S.p.A y
(Berita-Bisnis) - Setelah pada medio Mei lalu berhasil menggelar penarikan
(Berita-Bisnis) - Diklaim mengusung kualitas yang lebih tahan lama, Amara R